Hide Menu

Terapkan 4 Cara Mengembalikan Wangi Parfum Ini Jika Aromanya Tiba-Tiba Menghilang!

Jangan Khawatir Jika Parfum Anda Aromanya Menghilang! Berikut Cara Mengembalikan Wangi Parfum yang Hanya Ada di Jelita!

Artikel Cara Mengembalikan Wangi Parfum ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Mengembalikan Wangi Parfum 2024
© istockphoto.com/lazarevicphotoworkshop

Apakah Parfum Bisa Kadaluarsa?

Apakah Parfum Bisa Kadaluarsa?
istockphoto.com/Split

Halo Jelitagenk, kali ini, tim Jelita akan mengajak Anda untuk mengeksplor topik parfume atau minyak wangi. Tentu Jelitagenk sudah tidak asing lagi dengan produk yang satu ini. Bagaimana tidak, pasalnya, minyak wangi adalah salah satu produk yang harus dipunyai oleh semua orang, entah itu pria ataupun wanita.

Menariknya lagi, parfum mempunyai umur simpan dan ternyata bisa kadaluarsa juga, lho. Apakah Jelitagenk sekalian sudah mengetahui fakta tersebut?

Apabila Anda belum mengetahuinya dan merasa clueless, maka Jelitagenk tidak perlu khawatir. Tim Jelita telah merangkum ciri-ciri parfum kadaluarsa, seperti:

  • Timbulnya Kerak di Sudut Botol Parfum

Untuk mengetahui ciri-ciri yang satu ini, Anda harus memerhatikan ujung dispenser parfum. Apabila Anda menemukan kerak atau kristal di bagian sudut semprotan parfum, maka dapat dipastikan jika parfum tersebut sudah kadaluarsa. Selain itu, aromanya akan berubah menjadi tengik dan menyengat sehingga tidak menyenangkan lagi ketika dipakai. 

  • Kulit Anda Menjadi Iritasi Ketika Terkena Cairan Parfum

Ciri lainnya yang dapat Jelitagenk temukan dari parfum yang sudah kadaluarsa adalah munculnya rasa gatal dan panas ketika cairan parfum menyentuh kulit Anda. Jika Jelitagenk merasakan ciri yang satu ini, ada baiknya untuk menghentikan pemakaiannya dan lakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk langkah penyembuhannya. 

  • Cairan Parfum Mulai Berubah Warna

Tanda-tanda berikutnya dari parfum kadaluarsa adalah perubahan warna pada cairan parfum. Menariknya lagi, perubahan warna tersebut disebabkan karena adanya bakteri atau jamur yang tumbuh di dalam cairan parfum. Akan tetapi, perubahan warna parfum juga bisa muncul karena agresi lingkungan seperti hawa panas. 

  • Munculnya Sedimentasi pada Parfum Anda

Hal lain yang bisa menandakan parfum kadaluarsa adalah munculnya sedimentasi padat atau endapan semua campuran bahan parfum di bagian bawah botol parfum. Apabila Anda menemukan endapan tersebut di parfum yang Anda miliki, maka Jelitagenk harus stop pemakaiannya. 

  • Aroma Parfum yang Mulai Berubah

Ciri-ciri terakhir yang menunjukkan parfum kadaluarsa ialah perubahan aroma parfum yang Jelitagenk miliki. Jikalau bau parfum yang Anda miliki sudah tidak lagi kalem, segar, dan lembut, maka dapat dipastikan jika parfum tersebut sudah kadaluarsa atau terkena agresi lingkungan. 

Nah, pas banget, nih. Berhubung Jelitagenk sedang membaca penjelasan mengenai aroma parfum yang mulai berubah, bagaimana kalau Jelitagenk juga membaca cara mengatasi masalah ini? Hitung-hitung untuk menjaga kualitas parfum Anda agar tetap sama. Jika tertarik, simak artikel ini dan temukan cara mengembalikan wangi parfum!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Mengembalikan Wangi Parfum - Terbaru 2024

Pada saat ini, penjualan parfum menjadi sangat berkembang dan orang-orang tidak lagi kesusahan untuk mencari parfum yang mereka inginkan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya (Alza Rufni, 2019:4). Akan tetapi, perlu digaris bawahi kembali jika Anda tidak boleh asal beli dan pakai tanpa mengetahui cara penyimpanan yang benar.

Bukan tanpa sebab, pasalnya, tempat penyimpanan juga dapat memengaruhi kualitas suatu parfum. Misalkan, aroma parfum yang Anda beli tiba-tiba berubah, lantas apa yang harus Jelitagenk lakukan? Maka dari itu, mari pelajari cara mengembalikan wangi parfum bersama-sama di sini!

1
Jauhkan Parfum dari Paparan Sinar Matahari

Jangan Sepelekan Larangan yang Satu Ini!

Jauhkan Parfum dari Paparan Sinar Matahari

2
Gunakan Parfum sampai Habis

Siapa yang Masih Suka Menimbun Parfum?

Gunakan Parfum sampai Habis

3
Hindari Tempat yang Panas dan Lembab!

Jangan Termakan Tempat Penyimpanan Aesthetic!

Hindari Tempat yang Panas dan Lembab!

4
Simpan Parfum di Tempat yang Sejuk

Selalu Simpan Parfum di Tempat yang Proper dan Kering

Simpan Parfum di Tempat yang Sejuk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Sepelekan Larangan yang Satu Ini!
© istockphoto.com/JuliaDesigner1
1
Jangan Sepelekan Larangan yang Satu Ini!

Jauhkan Parfum dari Paparan Sinar Matahari

Rekomendasi kami

Memang benar adanya jika botol parfum yang diletakkan di ruang terbuka atau dekat jendela memang terlihat cantik dan menarik. Namun, tahukah Anda jika hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang dapat menghilangkan aroma parfum?

Faktanya, sinar matahari dapat memecah molekul yang ada pada parfum sehingga komposisi atau biang parfum menjadi tidak stabil dan aromanya lebih cepat menguap. Selain itu, tempat penyimpanan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dikenal kurang efektif dan optimal dalam menjaga komposisi parfum.

Maka, Jelitagenk tidak boleh asal-asalan ketika menyimpan semua koleksi minyak wangi yang Anda miliki. Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk juga tidak boleh menyemprotkan parfum secara sembarangan. Ada baiknya jika Anda menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan dan tengkuk leher, bukan baju agar aromanya tetap tahan lama. 

Siapa yang Masih Suka Menimbun Parfum?
© istockphoto.com/infimages
2
Siapa yang Masih Suka Menimbun Parfum?

Gunakan Parfum sampai Habis

Rekomendasi kami

Siapa di sini yang masih suka meninggalkan botol parfum dalam keadaan setengah kosong? Jika Jelitagenk masih melakukan kebiasaan yang satu ini sampai sekarang, ada baiknya untuk mengganti kebiasaan buruk tersebut dan simak penjelasan di bawah ini!

Ternyata, meninggalkan botol parfum dalam keadaan setengah kosong dipercaya dapat meningkatkan resiko perubahan komposisi yang ada pada parfum. Untuk mengatasi hal tersebut, tim Jelita sarankan untuk menggunakan parfum tersebut sampai benar-benar habis. 

Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk bisa layering atau mix beberapa parfum yang tinggal sedikit sehingga habisnya jadi lebih cepat. Namun, pastikan kedua parfum tersebut mempunyai aroma yang hampir sama. Jadi, Anda bisa menyimpan beberapa persen budget Anda sampai parfum tersebut habis tak bersisa. 

Jangan Termakan Tempat Penyimpanan Aesthetic!
© istockphoto.com/TobiasStuvang
3
Jangan Termakan Tempat Penyimpanan Aesthetic!

Hindari Tempat yang Panas dan Lembab!

Rekomendasi kami

Sama halnya dengan sinar matahari, ternyata suhu panas yang berlebihan juga dapat memecah molekul dan mengubah susunan komposisi yang ada pada parfum. Eits, bukan suhu panas saja! Faktanya, suhu yang terlalu lembab juga dipercaya dapat merusak komposisi parfum yang Anda miliki. 

Akan tetapi, Jelitagenk tidak perlu risau karena tim Jelita akan memberikan sebuah solusi yang bisa Anda lakukan, yakni menyimpan parfum di suhu ruang sekitar 15o C atau 59o F. Selain itu, Jelitagenk tidak boleh menaruh parfum di kamar mandi, karena tempat tersebut mempunyai kelembapan yang tinggi.

Selalu Simpan Parfum di Tempat yang Proper dan Kering
© istockphoto.com/IinSahril
4
Selalu Simpan Parfum di Tempat yang Proper dan Kering

Simpan Parfum di Tempat yang Sejuk

Rekomendasi kami

Pastinya, Jelitagenk tidak akan menyangka jika kulkas menjadi salah satu tempat penyimpanan terbaik untuk menaruh semua parfum yang Anda miliki. Bukan tanpa alasan, faktanya, kulkas mempunyai suhu ideal yang dapat menjaga konsistensi dan aroma parfum. 

Namun sayangnya, cara ini memiliki satu kekurangan yang tidak boleh Anda sepelekan. Pasalnya, kulkas yang terlalu sering dibuka tutup disinyalir dapat mengganggu komposisi yang ada di dalam parfum. Akan tetapi, Anda tidak perlu risau karena tim Jelita tidak mungkin hadir tanpa memberikan sebuah solusi yang out of the box.

Caranya mudah sekali, Jelitagenk hanya perlu membungkus parfum menggunakan aluminium foil dan letakkan di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas parfum yang Anda miliki. So, apakah cara tersebut cukup membantu Jelitagenk sekalian?

Tanya Jawab Seputar Cara Mengembalikan Wangi Parfum

Apakah Jelitagenk masih penasaran mengenai cara mengembalikan wangi parfum? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena tim Jelita telah menyiapkan beberapa pertanyaan sebagai informasi tambahan yang bisa Jelitagenk baca. Go, go, go!

Apakah parfum bisa rusak?

Faktanya, parfum merupakan salah satu produk wewangian yang bisa rusak kapan saja. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena masa simpannya sudah terlewat atau langkah penyimpanan yang tidak dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu, Jelitagenk harus lebih pay attention terhadap semua parfum yang Anda miliki. 

Kenapa botol parfum harus kaca?

Sebagai salah satu upaya untuk menjaga aroma parfum, Anda bisa membeli parfum yang kemasannya botol kaca. Pasalnya, pori-pori pada botol kaca itu sangatlah rapat, sehingga udara ataupun cairan yang berasal dari luar tidak akan mengkontaminasi parfum Anda. 

Apakah parfum dalam botol bisa menguap?

Hal tersebut dapat terjadi apabila Anda menyimpan parfum di tempat yang terkena langsung dengan paparan sinar matahari. Apabila hal tersebut terjadi pada parfum Anda, maka aroma parfum yang Jelitagenk gunakan akan berubah dan tidak tahan lama. 

Berapa lama parfum expired?

Hal tersebut tergantung bagaimana cara memakai dan menyimpan parfum tersebut. Bukan tanpa alasan, pasalnya, parfum dengan kemasan yang tertutup dapat bertahan selama 3 tahun. Sedangkan, parfum yang kemasannya sudah terbuka hanya dapat bertahan sekitar 2 tahun saja. 

Apakah parfum ada expired?

Tentu saja ada, dong. Oleh sebab itu, Jelitagenk harus rutin mengecek tanggal kadaluarsa semua parfum yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda membeli parfum di tahun 2019 dan tidak pernah Anda gunakan, maka umur simpannya bisa sampai tahun 2022. 

Kesimpulan: Cara Mengembalikan Wangi Parfum

Melalui pembahasan ini, Jelitagenk jadi lebih memahami mengenai ciri-ciri parfum yang sudah kadaluarsa dan cara mengembalikan aroma parfum yang tiba-tiba menghilang. Selain itu, informasi di atas tidak hanya berlaku untuk merk nama parfum high end yang bagus saja, melainkan untuk semua jenis parfum. Entah itu, parfum bibit, parfum refill atau isi ulang, parfum hasil racikan, ataupun parfum bayi. Ingat, parfum ya, bukan Kispray si pengharum. 

Selain itu, tim Jelita berharap agar Jelitagenk sekalian lebih teliti dan berhati-hati lagi ketika menyimpan semua koleksi parfum yang Anda miliki. Jangan sampai lupa menutup parfum karena bisa jadi tutupnya macet. Bukankah rugi sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli parfum, tapi tidak Anda simpan dengan benar? Maka dari itu, Jelitagenk harus pay attention terhadap semua informasi di atas.

Oh iya, apabila Jelitagenk sedang mencari rekomendasi merk parfum yang best seller dan enak, maka Anda tidak perlu khawatir karena tim Jelita telah menyediakan list atau daftar parfum terlaris dan terbaik di atas. Tenang saja, harga produknya masih affordable dan bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Jelitagenk miliki. Jadi, selamat berbelanja! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo