Hide Menu

Ada 6 Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal. Ikuti Tipsnya Sekarang, Dijamin Berhasil!

Silakan Coba Hair Treatment Smoothing, tapi Jangan Lupa untuk Merawatnya. Berikut Cara Agar Smoothing Berhasil!

Artikel Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal ini diposting diperbarui
135 Pembaca
Like
Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal 2024
© freepik.com/benzoix

Mengenal Pengertian dari Rambut Smoothing

Mengenal Pengertian dari Rambut Smoothing
freepik.com/user18526052

Apakah Jelitagenk sudah paham pasti apa pengertian dari smoothing? Jika belum, ayo bahas bersama dengan tim Jelita. Smoothing adalah salah satu hair treatment yang bisa Anda lakukan di salon terbaik. Biasanya, proses smoothing memakan 2 sampai 3 jam. Wow!

Smoothing banyak disukai para pria dan wanita masa kini karena rambut jadi lebih halus dan tampak lebih natural dibanding rebonding. Selain itu, smoothing bisa mengurangi rambut kaku, membuat rambut berkilau, dan obat smoothing cenderung lebih aman. Tertarik mencobanya?

Jika Anda tertarik atau justru sudah mencoba smoothing tapi bingung bagaimana agar smoothing berhasil, tenang saja Jelitagenk ada tim Jelita di sini. Untuk kali ini, tim Jelita akan membahas tips and trick cara smoothing rambut agar tidak gagalSo, stay tune!

Kenali Penyebab dan Ciri-Ciri Smoothing Gagal

Kenali Penyebab dan Ciri-Ciri Smoothing Gagal
freepik.com/diana-grytsku

Sebelum melakukan proses smoothing, ada beberapa informasi yang akan tim Jelita bagikan untuk Jelitagenk agar tidak terjadi kekecewaan dan kekeliruan ketika smoothing. Oleh karena itu, melalui informasi ini Anda jadi lebih tahu perbedaan smoothing gagal dan berhasil.

Anda harus tahu kekurangan smoothing jika tidak ditangani oleh sang ahli dan kurang teliti, maka hasilnya kurang merata dan mengembang (Lovely Belinda Natalia, 2018:33). Berikut penyebab-penyebab yang membuat smoothing gagal:

  1. Anda terjebak promo penipuan
  2. Pegawai salon salah dalam menganalisa rambut
  3. Tidak menggunakan catokan khusus untuk rambut smoothing
  4. Tidak ditangani oleh sang ahli
  5. Pegawai salon mencatok rambut Anda terlalu tebal
  6. Terlalu banyak menggunakan obat step 1
  7. Rambut Anda terlalu tipis
  8. Reputasi salon yang diragukan dan kurang memuaskan
  9. Terlalu lama mendiamkan obat step 1

Nah, dari daftar di atas, Jelitagenk pasti sudah mulai paham dan bisa mengantisipasinya. Kali ini, tim Jelita akan mengajak Anda membahas ciri-ciri smoothing gagal, seperti di bawah ini:

  1. Rambut jadi bercabang, rusak, dan kering
  2. Rambut mengembang seperti singa
  3. Kemilau rambut Anda mulai menghilang
  4. Rambut kembali keriting meskipun telah diluruskan
  5. Rambut jadi rentan rontok dan rapuh
I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal - Terbaru 2024

Tak terasa, sudah sampai saja di bagian inti dari artikel ini, yaitu cara smoothing rambut agar tidak gagal. Tanpa berlama-lama, mari scroll artikel ini ke bawah!

1
Jangan Basahi Rambut Selama 3 Hari

Tenang saja, Ada Shower Cap

Jangan Basahi Rambut Selama 3 Hari

2
Hindari Menggunakan Alat Styling Rambut

Catokan? Libur Dulu!

Hindari Menggunakan Alat Styling Rambut

3
Pilih Produk Khusus Rambut Smoothing

Jangan Sampai Salah Beli!

Pilih Produk Khusus Rambut Smoothing

4
Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Buang Jauh-Jauh Sisir Lama Anda

Gunakan Sisir Bergigi Lebar

5
Hindari Mengikat Rambut

Ikat Rambut Pensiun Dulu, ya!

Hindari Mengikat Rambut

6
Rutin Menggunakan Vitamin Rambut

Jangan Lupa Pakai Hair Vitamin!

Rutin Menggunakan Vitamin Rambut

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tenang saja, Ada Shower Cap
© freepik.com/wayhomestudio
1
Tenang saja, Ada Shower Cap

Jangan Basahi Rambut Selama 3 Hari

Rekomendasi kami

First things first, tips pertama adalah rambut dilarang terkena air selama 3 hari setelah smoothing. Mengapa demikian? Karena obat kimia yang digunakan untuk smoothing memerlukan waktu yang lama untuk meresap dan bekerja secara optimal ke rambut Anda. 

Oleh karena itu, rambut Jelitagenk tidak boleh terkena air agar hasil smoothing bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Bukankah rugi jika menghabiskan uang demi hasil smoothing yang gagal? Percuma, bukan? Nah, Jelitagenk perlu mengingat baik-baik tips nomor 1 ini, ya!

Tenang saja, tim Jelita tidak mungkin hadir tanpa memberikan sebuah solusi. Anda masih bisa mandi dengan menggunakan shower cap selama 3 hari untuk melindungi rambut dari air. 

Catokan? Libur Dulu!
© freepik.com
2
Catokan? Libur Dulu!

Hindari Menggunakan Alat Styling Rambut

Apakah masih ingin hasil smoothing Anda berhasil? Jika iya, Jelitagenk juga harus melakukan tips kedua, yaitu hindari penggunaan styling tool dengan temperatur panas. Mulai biasakan styling rambut tanpa menggunakan styling tool demi hasil smoothing yang halus.

Selain itu, Anda dilarang menggunakan blow dry, curling iron, dan styling tool lainnya. Pasalnya, suhu panas dari styling tool tidak hanya memicu dehidrasi pada rambut, tetapi juga membuat rambut menjadi rapuh, rusak, patah, dan berkurang lurusnya.

Untuk sementara ini, hentikan pemakaian styling tool bertemperatur panas agar smoothing Anda bisa tahan lama. Mengapa Anda masih membutuhkan styling tool lain jika rambut Jelitagenk sudah cukup menarik perhatian banyak orang?

Jangan Sampai Salah Beli!
© freepik.com/lookstudio
3
Jangan Sampai Salah Beli!

Pilih Produk Khusus Rambut Smoothing

Rekomendasi kami

Masalah utama yang sering terjadi setelah smoothing adalah rambut Anda perlahan-lahan berubah jadi kering dan kusut. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kesehatan rambut, Anda perlu dilakukan perawatan rambut yang tepat. 

Salah satunya adalah pemilihan produk shampoo dan conditioner yang memang ampuh dalam mengatasi permasalahan tersebut, terlebih lagi dapat menjaga ketahanan hasil smoothing. Berikut beberapa daftar kandungan yang harus ada di shampoo dan conditioner Anda:

  1. Keratin: menjaga rambut tetap sehat dan berkilau
  2. Ceramide: mencegah rambut kering
  3. Essential Oil: memperbaiki rambut yang rusak
  4. Trehalose: menutrisi batang rambut secara mendalam
  5. Dimethicone: menjaga kelembapan rambut
  6. Glycerin: mempertahankan kelembapan rambut
  7. Betaine: menghilangkan debu dan kotoran pada rambut
Buang Jauh-Jauh Sisir Lama Anda
© freepik.com
4
Buang Jauh-Jauh Sisir Lama Anda

Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Rekomendasi kami

Setelah melakukan smoothing rambut, sudah saatnya Anda mengganti sisir bergigi rapat menjadi wide-tooth comb atau sisir bergigi lebar. Bukan tanpa alasan, namun karena sisir bergigi rapat membuat hasil smoothing Anda gagal.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan wide-tooth comb justru akan menjaga kelembapan rambut serta mempertahankan hasil smoothing. Sebab, sisir jenis ini akan meminimalisir gesekan berlebih pada rambut. Jadi, apakah Jelitagenk sudah berhasil menemukan wide-tooth comb terbaik versi Anda atau ingin membelanjakan produk yang telah tim Jelita sarankan seperti gambar di atas?

Ikat Rambut Pensiun Dulu, ya!
© freepik.com/racool-studio
5
Ikat Rambut Pensiun Dulu, ya!

Hindari Mengikat Rambut

Larangan mengikat rambut itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, banyak yang sering lalai dan beranggapan kalau mengikat atau menjepit rambut itu tidak berefek apa-apa ke hasil smoothing. Asumsi seperti itu salah besar, Jelitagenk. Justru hal tersebut yang menjadi cikal bakal smoothing menjadi gagal.

Sebaiknya, biarkan rambut Anda tergerai secara alami dan hindari mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Tahanlah dalam beberapa hari sampai smoothing Anda menunjukkan tanda-tanda berhasil. Jadi, jangan mengikat rambut karena itu benar-benar mimpi buruk!

Jangan Lupa Pakai Hair Vitamin!
© freepik.com
6
Jangan Lupa Pakai Hair Vitamin!

Rutin Menggunakan Vitamin Rambut

Rekomendasi kami

Last but not least, cara terakhir untuk merawat hasil smoothing agar tetap cantik yaitu sering mengaplikasikan vitamin rambut. Entah itu vitamin rambut atau serum rambut, semua bisa Anda gunakan supaya rambut Anda tetap lembab dan sehat. 

Dalam artian, vitamin membantu hasil smoothing Anda menjadi lebih lurus dan terlihat bercahaya. Poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah vitamin akan mengunci rambut agar tidak bercabang dan rusak akibat smoothing. Selain itu, Anda dilarang mengaplikasikan masker rambut untuk sementara waktu.

Tanya Jawab Seputar Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal

Nah, dari sini, apakah Jelitagenk masih bingung mengenai informasi cara smoothing rambut agar tidak gagal? Jika masih bingung, tenang saja, karena tim Jelita telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sekiranya mewakili rasa penasaran Anda. Ayo, simak lebih lanjut!

Smoothing yang bagus merk apa?

Jika Anda mencari merk produk smoothing terbaik dan sudah dipakai oleh banyak orang, maka jawaban Anda hanya ada di artikel ini. Berikut 5 produk smoothing terbaik dan aman untuk rambut Jelitagenk:

  1. Matrix Mini Opti Straight
  2. L’Oreal Professionel X-Tenso Oleoshape
  3. Inaura One Step Express Smoothing System
  4. NR Softline Silky Smooth
  5. Shiseido Cyrstallizing Straight Straightener

Apakah smoothing harus dicatok?

Tentu saja, karena itu termasuk salah satu cara smoothing rambut. Tenang saja, tim Jelita bersedia menjelaskannya untuk Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Rambut Anda akan dikeramas lalu dibersihkan
  2. Setelah kering, rambut Anda akan disisir terlebih dahulu
  3. Sebelum smoothing, rambut Anda akan dicatok agar lebih lurus
  4. Obat smoothing siap dioleskan dan diamkan beberapa saat
  5. Rambut Anda akan dibilas dan diberi cairan penetral
  6. Rambut akan dikeramas ulang, dikeringkan, lalu dicatok

Berapa lama waktu smoothing rambut di salon?

Menurut informasi yang telah tim Jelita rangkum, setidaknya Anda memerlukan waktu 2 sampai 3 jam ketika melakukan smoothing. Itu sebabnya, Anda perlu meluangkan banyak waktu ketika melakukan smoothing. Jika terburu-buru, hasilnya jadi kurang memuaskan. 

Apa saja ciri-ciri smoothing berhasil?

Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan menjabarkan ciri-ciri smoothing berhasil, seperti di bawah ini:

  1. Rambut Anda jadi berkilau
  2. Rambut tidak mudah bercabang
  3. Tidak gampang rontok dan kering
  4. Rambut tidak terlihat mengembang
  5. Rambut Anda terlihat sehat alami

Lebih baik rebonding apa smoothing?

Sebelum memilih antara rebonding atau smoothing, sebaiknya Anda memerhatikan jenis rambut terlebih dahulu. Jika rambut Anda ikal, susah untuk mengaturnya, maka bisa memilih opsi rebonding. Sedangkan untuk rambut lurus alami, bergelombang, mengembang, dan menggumpal, Tim Jelita menyarankan Jelitagenk untuk mencoba opsi smoothing.

Kesimpulan: Cara Smoothing Rambut agar Tidak Gagal

Tiba saatnya tim Jelita akan membagikan kesimpulan dari pembahasan menarik ini, apakah Jelitagenk penasaran? Tim Jelita menyimpulkan bahwa smoothing bisa Anda lakukan pada rambut berwarna dengan cat atau tidak berwarna, rambut yang panjang ataupun pendek, itu tidak masalah sama sekali.

Namun, yang perlu Jelitagenk ingat betul adalah harap memilih salon yang terpercaya dan melakukan step by step smoothing dengan cara yang benar dan tidak berbahaya menurut ilmu keperawatan rambut. Tenang saja, ada satu opsi lain yang bisa Anda coba, yaitu pelurusan rambut menggunakan produk Makarizo.

Sekiranya sampai di sini pembahasan menarik ini, sampai bertemu di artikel lainnya, Jelitagenk! Segera praktikkan cara-cara di atas agar tidak menyesal di kemudian hari!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo