Hide Menu

Lipstik Mengering? Bahaya Banget! 5 Cara Mengatasi Lipstik yang Kering Ini Solusinya!

Jangan Biarkan Lip Cream dan Lip Matte Anda Mengering! Segera Lakukan Cara-Cara Terbaik ini untuk Mengatasinya!

Artikel Cara Mengatasi Lipstik yang Kering ini diposting diperbarui
37 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Lipstik yang Kering 2024
© freepik.com/lookstudio

Lip Cream Matte adalah Kesukaan Semua Wanita

Lip Cream Matte adalah Kesukaan Semua Wanita
freepik.com/drobotdean

Saat ini, Anda pasti sering menemukan banyak jenis produk lipstik, entah itu di e-commerce atau swalayan terdekat. Namun, apakah Anda tahu produk lipstik yang menjadi kesukaan semua wanita belakangan ini? Yup, contohnya lip cream matte. 

Bukan tanpa alasan, formula lip cream matte sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari dan acara formal. Sayang ada satu hal yang menjadi permasalahan dari lipstik ini, yaitu mudah mengering jika terkena udara luar dalam waktu yang lama. Apabila lipstik Anda mengering, maka Anda tidak akan menggunakannya lagi. Benar-benar rugi, bukan?

Kendati demikian, Anda tidak perlu risau untuk menanggulangi permasalahan ini, serahkan saja pada tim Jelita. Anda tidak akan rugi mengunjungi laman ini karena tim Jelita telah merangkum 5 cara mengatasi lipstik yang kering. Hentikan semua kegiatan dan mulai baca artikel ini dengan seksama. Go, go, go!

Tips dan Trik Menjaga Lipstik Agar Tetap Bersih

Tips dan Trik Menjaga Lipstik Agar Tetap Bersih
freepik.com

Pada dasarnya, lipstik cair adalah salah satu jenis kosmetika yang berbentuk cair, mengkilap, dan pekat (Mutiara Ramadani, 2022:1). Oleh karena itu, diperlukan perawatan ekstra untuk menjaga konsistensi lipstik itu sendiri. Namun, ada sebagian wanita yang malas memerhatikan kebersihan lipstik mereka. Waduh!

Hilangkan kebiasan tersebut dan mulailah lebih memerhatikan kebersihan lipstik. Tim Jelita siap membantu Anda kapan saja dan di mana saja dengan saran yang super inovatif dan membantu. Tanpa berlama-lama, segera simak tips menjaga lipstik dengan aman di bawah ini:

  • Simpan Lipstik dengan Benar, Jangan Sembarangan!

Banyak perempuan yang sembrono ketika menyimpan lipstik, entah itu berserakan di meja rias atau di mana saja. Tindakan ceroboh tersebutlah yang mengakibatkan lipstik Anda jadi gampang kotor dan kering.

Sebaiknya, Anda menyimpan lipstik di tempat yang sejuk dan kering. Jika Anda membiarkan lipstik terkena suhu yang tinggi, maka dapat dipastikan lipstik Anda rusak dan meleleh. Hindari tempat yang terkena paparan sinar matahari!

  • Anda Bisa Menggunakan Kuas Bibir

Agar lipstik tetap bersih dan menghindari kontaminasi, maka gunakan kuas bibir saat mengaplikasikan lipstik. Selain menjaga lipstik agar tetap bersih, kuas juga berfungsi untuk menyatukan warna lipstik dengan bibir secara sempurna.

  • Jangan Menjilat Bibir Sebelum Mengaplikasikan Lipstik

Mungkin Anda pernah menemukan orang yang menjilat bibirnya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik. Itu salah besar, Jelitagenk, keliru. Faktanya, lipstik akan kotor dan terkena kontaminasi ketika Anda melakukan hal tersebut.

Ada baiknya sebelum mengaplikasikan lipstik, hindari kebiasaan menjilat bibir. Bukan tanpa alasan, karena air liur mengandung asam yang dapat merusak formula lipstik dan membuat lipstik jadi gampang luntur. Membacanya saja, sudah bergidik ngeri.

  • Selalu Bersihkan Lipstik Setelah Menggunakannya

Tips nomor keempat yang sering disepelekan banyak wanita dengan alasan malas dan mager. Jangan hanya tinggal pakai saja, Anda juga harus membersihkan lipstik secara rutin agar tidak kotor dan menimbulkan penyakit. 

Padahal caranya sangat mudah dan praktis, Anda hanya perlu tisu atau kapas, lalu bersihkan gagang atau pinggiran botol lipstik menggunakan tisu atau kapas kering. Dengan melakukan tips ini, dijamin lipstik tetap bersih dan mencegah kontaminasi. 

  • Rutin Memeriksa Kondisi Lipstik

Nah, jika Anda memiliki kebiasaan suka menumpuk lipstik dan hobi mengoleksi berbagai jenis lipstik, maka Anda perlu melakukan tips ini dengan segera. Tim Jelita menyarankan Anda untuk rutin memeriksa kondisi lipstik dan memastikan lipstik dalam kondisi yang masih baik. 

Perlu digaris bawahi, jika lipstik mulai berubah warna atau memiliki bau yang aneh, maka Anda perlu membuang lipstik itu dengan segera. Jadi, tidak ada lagi lipstik kadaluwarsa dan lipstik yang kotor.

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Lipstik yang Kering - Terbaru 2024

Setelah membahas beberapa poin penting mengenai lipstik, kali ini, tim Jelita akan mengajak Anda ke section selanjutnya. Ayo, mulai baca dan simak dengan saksama section cara mengatasi lipstik yang kering!

1
Rendam Lipstik dengan Air Panas

Lipstik Anda Beredam ala Jacuzzi

Rendam Lipstik dengan Air Panas

2
Teteskan Lip Oil untuk Mencairkan Lipstik

Pilih Lip Oil yang Murah, agar Tidak Rugi

Teteskan Lip Oil untuk Mencairkan Lipstik

3
Panaskan Menggunakan Hair Dryer

Hebat Juga, Bisa untuk Melelehkan Lipstik

Panaskan Menggunakan Hair Dryer

4
Tuang Lelehan Lip Balm

Emang Bisa, ya? Unik Juga!

Tuang Lelehan Lip Balm

5
Tutup Lipstik dengan Benar

Selalu Rawat dan Jaga Lipstik Anda!

Tutup Lipstik dengan Benar

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lipstik Anda Beredam ala Jacuzzi
© freepik.com
1
Lipstik Anda Beredam ala Jacuzzi

Rendam Lipstik dengan Air Panas

Sudah siap untuk menyimak metode pertama untuk mencairkan lipstik? Kali ini, tim Jelita akan membongkar rahasia dari metode pertama, yaitu merendam lipstik di air panas. Tanpa berlama-lama, Jelitagenk bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan untuk menutup rapat botol lip cream Anda
  2. Masukkan botol lip cream ke dalam air panas dalam posisi berdiri
  3. Kemudian, diamkan lipstik selama 10-15 menit
  4. Lipstik Anda telah mencair dan siap digunakan kembali

Metode ini terbukti ampuh dan sudah dilakukan oleh semua wanita ketika lipstik mereka mengering. Namun, alangkah baiknya Anda menggunakan metode ini dengan teliti agar lipstik tidak kemasukkan air. Oleh karena itu, lakukan metode ini dengan benar dan sesuai intruksi di atas, okay? 

Pilih Lip Oil yang Murah, agar Tidak Rugi
© pexels.com/karolina-grabowska
2
Pilih Lip Oil yang Murah, agar Tidak Rugi

Teteskan Lip Oil untuk Mencairkan Lipstik

Rekomendasi kami

Metode kedua yang bisa Anda coba di rumah yaitu meneteskan lip oil ke dalam botol lipstik. Tanpa menunggu lama, segera ikuti intruksi di bawah ini:

  1. Tuang satu tetes lip oil ke dalam botol lipstik Anda
  2. Gunakan lip oil dengan formula yang ringan dan tidak lengket
  3. Aduk tetesan lip oil menggunakan kuas aplikator lipstik
  4. Pindahkan lipstik yang sudah mencair ke wadah yang lebih mini
  5. Lipstik yang telah dipindahkan akan berubah menjadi padat

Faktanya metode ini memiliki satu kekurangan, yaitu merubah formula lipstik. Jangan panik dulu, karena tim Jelita selalu ada solusi untuk semua permasalahan Jelitagenk. Anda hanya perlu menggunakan bedak tabur atau blush on di atas lipstik yang sudah diaplikasikan. Jadi, hasilnya tetap matte dan paripurna! 

Hebat Juga, Bisa untuk Melelehkan Lipstik
© freepik.com/boyarkinamarina
3
Hebat Juga, Bisa untuk Melelehkan Lipstik

Panaskan Menggunakan Hair Dryer

Rekomendasi kami

Nah, untuk Anda yang memiliki permasalahan lipstik kering, mulai sekarang tidak perlu risau. Apakah Anda mempunyai hair dryer? Pas banget jika Anda mempunyainya. Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan membagikan tips mencairkan lipstik kering menggunakan hair dryer. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Lapisi lipstik Anda menggunakan tisu atau kain tipis
  2. Kemudian, letakkan lipstik Anda di atas meja
  3. Ambil hair dryer dan gunakan suhu yang paling atas
  4. Anda bisa mulai mencairkan lipstik dengan panas hair dryer

Proses metode ini memakan waktu yang lebih lama dibanding metode yang pertama dan kedua. Namun, Anda bisa melihat kelebihan dari metode ini, yaitu tidak memerlukan budget lebih. Tunggu apa lagi? Segera ambil hair dryer Anda!

Emang Bisa, ya? Unik Juga!
© pexels.com/lulizler
4
Emang Bisa, ya? Unik Juga!

Tuang Lelehan Lip Balm

Rekomendasi kami

Apakah Anda kurang puas dan membutuhkan metode yang lain? Jika tidak mempunyai lip oil atau lip serum, maka Anda bisa mencoba metode ini dengan menggunakan lip balm jenis apa saja. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Panaskan lip balm di air panas atau menggunakan hair dryer
  2. Masukkan beberapa tetes lelehan lip balm ke dalam botol lipstik
  3. Aduk secara merata menggunakan aplikator lipstik
  4. Lipstik Anda kembali creamy dan bisa digunakan kembali

Bukan tanpa alasan, lelehan lip balm disinyalir dapat mempertahankan konsistensi lipstik agar tetap cair. Anda jadi gak harus beli produk baru, deh! 

Selalu Rawat dan Jaga Lipstik Anda!
© freepik.com
5
Selalu Rawat dan Jaga Lipstik Anda!

Tutup Lipstik dengan Benar

Setelah melalui berbagai cara mencairkan lipstik yang kering, tim Jelita berharap agar Jelitagenk lebih memperhatikan kebersihan lipstik. Ada baiknya untuk tidak terlalu sering membuka botol lipstik untuk menghindari udara yang masuk. Bukankah sangat tidak nyaman jika memakai lipstik yang kotor? 

Pastikan pula untuk menyimpan lipstik pada suhu normal yang tidak terlalu panas agar lipstik tidak mudah kering dan kualitasnya tetap terjaga. Masalah terselesaikan dengan mudah, bukan?

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Lipstik yang Kering

Pada section kali ini, tim Jelita akan membahas beberapa pertanyaan terpilih dan mengupas tuntas jawabannya. Semoga section ini bisa menjawab rasa penasaran Jelitagenk semua. So, stay tune!

Bagaimana cara agar lipstik tidak kering?

Nah, biasanya pertanyaan ini sering muncul ketika lipstik mulai mengering. Tim Jelita menyarankan Anda untuk tidak membiarkan lipstik terbuka terus-menerus. Pastikan untuk menutup kembali setelah menggunakan lipstik. Terdengar simple, namun banyak disepelekan.

Kalau lipstik kering dikasih apa?

Pada umumnya, Anda bisa menggunakan lip oil atau lip balm untuk mencairkan lipstik dengan melelehkannya terlebih dahulu, lalu teteskan ke dalam kemasan lipstik. Ada pilihan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu merendam lipstik ke dalam air panas. 

Apa yang dimaksud lip oil?

Pengertian lip oil itu sendiri adalah perpaduan minyak yang dapat melembapkan, menyegarkan, melindungi, menutrisi, dan memperbaiki kondisi bibir Anda. Ternyata oh ternyata, lip oil memiliki satu kegunaan lain, yaitu mencairkan lipstik yang kering. Wow!

Kesimpulan: Cara Mengatasi Lipstik yang Kering

Sejatinya, ada banyak wanita yang teledor dan lupa menutup kemasan lipstik ketika selesai menggunakannya. Tindakan ceroboh tersebut yang menyebabkan permasalan lipstik jadi kering. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan metode di atas untuk mencairkan lipstik yang mengering. 

Menariknya, beberapa metode di atas juga bisa digunakan untuk membersihkan gumpalan maskara, mencairkan lem bulu mata yang beku, dan eyeliner yang tidak menempel sempurna karena mengering. Bukankah metode di atas sangatlah mudah dan tidak memakan banyak biaya? Jadi, tunggu apalagi? Segera cairkan lipstik kering sekarang!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo