Hide Menu

Masa Gak Kepo dengan 6 Perbedaan Lipstik dan Lip Cream? Jangan Kelewatan, Lihat di Sini!

Berikut Penuturan Lebih Lanjut Mengenai Perbedaan Lipstik dan Lip Cream untuk Menambah Wawasan Anda di Dunia Kecantikan

Artikel Perbedaan Lipstik dan Lip Cream ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Perbedaan Lipstik dan Lip Cream 2024
© istockphoto.com/PeopleImages

Temukan Karakter Wanita Melalui Koleksi Lipstik Favoritnya!

Temukan Karakter Wanita Melalui Koleksi Lipstik Favoritnya!
istockphoto.com/PeopleImages

Sebagai perempuan, mengoleksi lipstik dari berbagai jenis merk termasuk salah satu hal yang ampuh untuk jadi mood booster. Oleh sebab itu, tim Jelita akan membongkar karakter para wanita yang terlihat dari koleksi lipstik pribadinya. Yuk, tebak Anda termasuk yang mana!

  • Karakter Wanita yang Hobi Mengoleksi Lipstik Berwarna Senada

Secara umum, Jelitagenk termasuk orang yang setia terhadap semua hal dan pendengar yang baik di mana Anda selalu ingin menyenangkan orang-orang sekitar. Namun sayangnya, Jelitagenk susah untuk keluar dari zona nyaman, di mana imbasnya Anda sulit untuk berkembang. Untuk urusan hidup, Jelitagenk termasuk orang yang ‘pasrah’ dan tidak mau bergantung pada orang lain. 

  • Karakter Wanita yang Hobi Mengoleksi Lipstik Berwarna Merah

Faktanya, Jelitagenk termasuk orang yang sangat menyukai tantangan dan sering melakukan hal-hal yang out of the box. Eits, jangan salah! Pasalnya, Jelitagenk termasuk orang yang ambisius untuk meraih apa yang Anda inginkan. Selain itu, Anda termasuk orang yang setia kawan dan suka berteman dengan siapapun. Akan tetapi, Anda seringkali ceplas-ceplos dalam berucap. 

Selain lipstik, penjelasan di atas berlaku untuk semua lip products seperti lip tint, lip gloss, lip cream, dan lain-lain. Berhubung kali ini sedang membahas mengenai lipstik, bagaimana kalau Anda membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui perbedaan lipstik dan lip cream? Hitung-hitung untuk nambah wawasan juga, ‘kan? Cus, scroll ke bawah!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Lipstik dan Lip Cream - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja perbedaan lipstik dan lip cream? Jika demikian, maka Anda harus menyimak section ini dengan saksama. Baca sekarang juga, yuk!

1
Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Rasakan dan Coba Bandingkan Teksturnya!

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

2
Pigmentasi Warna yang Berbeda

Apakah Anda Sudah Mengetahui Faktor ini?

Pigmentasi Warna yang Berbeda

3
Kandungan Formula dari Tiap Produk

Beda Formula, Beda Manfaat juga, Dong!

Kandungan Formula dari Tiap Produk

4
Kemasan dari Masing-Masing Produk

Perbedaan yang Bisa Anda Lihat Secara Langsung!

Kemasan dari Masing-Masing Produk

5
Hasil Akhir Setelah Pemakaian

Eh, Memang Apanya yang Berbeda?

Hasil Akhir Setelah Pemakaian

6
Daya Tahan dari Setiap Produk

Pasti Anda Belum Tahu Faktor Ini, ya?

Daya Tahan dari Setiap Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Rasakan dan Coba Bandingkan Teksturnya!
© istockphoto.com/petekarici
1
Rasakan dan Coba Bandingkan Teksturnya!

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Rekomendasi kami

Secara kasat mata, Jelitagenk bisa menemukan perbedaan lip cream (krim pewarna bibir) dan lipstik dari segi teksturnya. Bukan tanpa sebab, pasalnya, produk lipstik konvensional mempunyai tekstur yang padat dan berbentuk batangan atau stick.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, Anda bisa menemukan berbagai macam bentuk lipstik, salah satunya adalah krayon. Menariknya lagi, lip crayon didesain dengan bentuk yang lebih ramping daripada produk lipstik konvensional. 

Berbeda dengan lipstik yang mempunyai tekstur padat, faktanya, lip cream memiliki tekstur yang cair dan sedikit kental atau creamy. Maka, jangan heran jika lip cream sering disebut sebagai lipstik cair atau liquid lipstick. 

Apakah Anda Sudah Mengetahui Faktor ini?
© istockphoto.com/AndreyPopov
2
Apakah Anda Sudah Mengetahui Faktor ini?

Pigmentasi Warna yang Berbeda

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, lipstik mempunyai pigmentasi warna yang cenderung lebih sheer dan tidak terlalu pigmented, sehingga warna yang dihasilkan pun tampak lebih tipis. Alhasil, Jelitagenk harus mengaplikasikannya selama beberapa kali untuk mencapai kepekatan warna yang Anda inginkan. 

Sementara itu, lip cream mempunyai pigmentasi warna yang lebih tinggi ketimbang lipstik. Maka dari itu, lip cream sangat cocok untuk melengkapi hasil make up Jelitagenk yang bold. Eits, bukan itu saja, dong! Faktanya, lip cream juga mampu menutup bibir gelap Anda sepenuhnya. Wow, super pigmented abis!

Beda Formula, Beda Manfaat juga, Dong!
© istockphoto.com/Chernetskaya
3
Beda Formula, Beda Manfaat juga, Dong!

Kandungan Formula dari Tiap Produk

Rekomendasi kami

Umumnya, lipstik diformulasikan dengan kandungan minyak mineral dan beberapa bahan aktif lainnya seperti beeswax. Faktanya, beeswax merupakan salah satu bahan yang berfungsi untuk memudahkan proses pembuatan lipstik sehingga mempunyai bentuk yang padat.

Selain itu, ada beberapa bahan aktif lainnya yang akan membuat lipstik jadi lebih creamy dan mampu melembapkan bibir kering. Namun sayang, bahan-bahan tersebut juga akan menghasilkan rasa yang thick dan lengket ketika Jelitagenk aplikasikan. 

Tidak jauh berbeda dengan lipstik, pasalnya, lip cream mempunyai formula dan kandungan bahan yang hampir mirip dengan lipstik. Bagaimana tidak, ‘kan lip cream terbentuk dari lipstik yang dicairkan. Akan tetapi, lip cream mencampur kandungan tersebut dengan takaran air yang lumayan tinggi. Intinya, lip cream mempunyai tekstur yang cair dan sedikit kental atau creamy. 

Perbedaan yang Bisa Anda Lihat Secara Langsung!
© istockphoto.com/Spasskayaa
4
Perbedaan yang Bisa Anda Lihat Secara Langsung!

Kemasan dari Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Selain tekstur, perbedaan lipstik dan lip cream yang dapat Jelitagenk lihat secara langsung adalah kemasannya. Sejak dulu hingga saat ini, lipstik biasanya mempunyai tipe kemasan yang retractable untuk mempermudah Anda ketika mengeluarkan dan mengaplikasikan produknya. 

Lain halnya dengan lip cream, pasalnya, produk ini dikemas dalam wadah seperti botol dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping. Selain itu, Anda bisa menemukan aplikatornya yang menempel di bagian tutup kemasan lip cream. Biasanya, aplikator tersebut berbentuk anak panah atau doe foot untuk memudahkan Jelitagenk dalam mengoleskan lip cream di bibir.

Eh, Memang Apanya yang Berbeda?
© istockphoto.com/VITstyle
5
Eh, Memang Apanya yang Berbeda?

Hasil Akhir Setelah Pemakaian

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, lipstik digadang-gadang mampu memberikan hasil akhir yang berkilau atau matte sehingga penampilan Anda terlihat lebih kuat. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dari jenis lipstik yang Jelitagenk gunakan. Pasalnya, ada beberapa jenis lipstik yang memberikan tampilan glossy dan membuatnya nampak lebih polos. 

Selanjutnya, ada lip cream yang mampu memberikan hasil akhir yang matte, satin, semi-matte, hingga glossy. Menariknya lagi, lip cream dapat menghasilkan sedikit kilau alami pada bibir tanpa memberikan kesan yang too much. Eits, bukan itu saja, dong! Pasalnya, lip cream juga bisa membuat penampilan Anda tampak lebih natural dan fresh.

Pasti Anda Belum Tahu Faktor Ini, ya?
© istockphoto.com/LightFieldStudios
6
Pasti Anda Belum Tahu Faktor Ini, ya?

Daya Tahan dari Setiap Produk

Rekomendasi kami

Last but not least, faktor pembanding lipstik dan lip cream terletak pada daya tahan masing-masing produknya. Bagaimana tidak, pasalnya, lipstik mempunyai daya tahan yang cukup baik, terutama jenis lipstik yang matte. Kabarnya, produk satu ini dapat bertahan hingga seharian full. Jadi, Jelitagenk tidak perlu capek-capek touch up.

Sementara lip cream memiliki daya tahan yang cenderung lebih rendah daripada lipstik. Maka jangan heran, jika produk satu ini memerlukan touch up selama berulang kali. Terlebih lagi, ketika Anda pakai untuk makan dan minum, wah warnanya langsung hilang seketika. Jadi, pilihan Anda jatuh di produk yang mana, nih?

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Lipstik dan Lip Cream

Untuk Jelitagenk yang mempunyai pertanyaan seputar perbedaan lipstik dan lip cream bisa menyimak section ini untuk menemukan jawabannya. Tanpa berlama-lama lagi, simak penuturan selengkapnya!

Apakah perbedaan lipstik matte dan lip cream?

Secara umum, kandungan lilin pada lip matte itu lebih banyak ketimbang lipcream, sehingga cocok untuk Jelitagenk yang mempunyai bibir tipis sebab mampu memberikan efek tebal di bibir. 

Lipstik waterproof itu apa?

Faktanya, lipstik waterproof adalah lipstik yang mempunyai ketahanan terhadap air. Selain itu, lipstik waterproof memiliki formula yang lebih kuat, long lasting, transferproof, kissproof, dan tidak mudah luntur. Jadi, Jelitagenk bisa menggunakan produk ini jika malas touch up. 

Lipstik warna apa yang cocok untuk kulit sawo matang?

Berikut beberapa rekomendasi warna lipstik atau lippen yang bagus untuk kulit sawo matang:

Merah TerangNude Coklat
BerryNude Pink
Merah BataMauve
Copper BrownCoral Peach
BurgundyOranye

Bagaimana cara membuat ombre lips yang bagus?

Caranya mudah sekali, kok. Simak langkah-langkah di bawah ini agar hasilnya cetar dan cantik!

  1. Eksfoliasi bibir Anda terlebih dahulu untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, Jelitagenk juga bisa menggunakan produk lip care lainnya seperti lip serum, lip mask, dan lain-lain. 
  2. Aplikasikan lip balm dan tunggu selama beberapa saat. Lalu, Jelitagenk bisa membersihkan sisa lip balm tersebut.
  3. Gunakan base ombre lips yang berwarna nude atau menyerupai skintone Anda. Entah itu, concealer, foundation, atau lip products
  4. Oleskan liptint ke bagian dalam bibir saja. Kemudian, ratakan menggunakan jari tangan atau lip brush. 
  5. Tambahkan lipgloss untuk hasil ombre lips yang menawan. 

Kesimpulan: Perbedaan Lipstik dan Lip Cream

Sesuai dengan namanya, pewarna bibir seperti lipstik dan lip tint mempunyai fungsi untuk memberi warna bibir agar terwujud riasan yang cantik dan sesuai dengan yang Anda inginkan (Nadia Salsabilla, 2020:7). Maka, arti dari pembahasan ini adalah untuk mengedukasi Jelitagenk mengenai perbedaan lip cream dan lipstik. 

Bukan itu saja, dengan membaca artikel ini Anda jadi lebih paham mengenai spesifikasi dan fungsi serta difference dari masing-masing produk. Oh iya, apabila Anda sedang mencari informasi yang berbau kecantikan, bisa mengunjungi artikel Jelita yang lainnya. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, ya!  

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo