Hide Menu

Yuk, Pelajari 4 Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne yang Wajib Anda Ketahui!

Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne? Berikut ini adalah 4 Perbedaannya yang Bisa Anda Temukan di Jelita

Artikel Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne 2024
© freepik.com

Apa yang Dimaksud Bruntusan dan Fungal Acne?

Apa yang Dimaksud Bruntusan dan Fungal Acne?
freepik.com

Fungal acne atau lebih sering dikenal dengan sebutan jerawat jamur ternyata bukan jerawat biasa. Hal tersebut dikarenakan fungal acne disebabkan oleh infeksi jamur atau pertumbuhan jamur Malassezia di folikel rambut.

Faktanya, tubuh secara alami menyeimbangkan jamur dan bakteri yang ada di dalam kulit. Apabila keseimbangan alami ini terganggu, maka tidak menutup kemungkinan jika pertumbuhan jamur yang berlebih bisa saja terjadi. 

Sementara itu, bruntusan adalah kondisi kulit yang dipenuhi dengan benjolan atau bintik-bintik kecil berwarna merah dengan tekstur yang kasar. Permasalahan kulit satu ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk wajah, contohnya dahi, hidung, dagu, pipi, dan lain-lain.

Menariknya lagi, istilah bruntusan tidak terdaftar di dalam dunia medis karena kondisi satu ini sering disebut sebagai comedonal acne atau jerawat komedo. Meskipun bruntusan dan fungal acne mempunyai bentuk yang sama, nyatanya dua hal tersebut sangatlah berbeda.

Perbedaan itu muncul dari segi penyebab, lokasi yang terkontaminasi, dan lain-lain. Tak heran jika ada sebagian perempuan yang masih menganggap kalau fungal acne dan bruntusan adalah satu hal yang sama.

Lantas, apa bedanya bruntusan dan jerawat jamur atau fungal acne? Jika Anda penasaran dan ingin menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, Jelitagenk bisa menyimak artikel satu ini hingga akhir. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, cus, temukan beberapa perbedaan bruntusan dan fungal acne!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne - Terbaru 2024

Pasti Jelitagenk sekalian sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja perbedaan bruntusan dan fungal acne. Pas banget karena tim Jelita akan membagikan informasi yang Anda butuhkan di section ini. Yuk, baca sekarang juga!

1
Ukuran Bruntusan dan Fungal Acne

Temukan Cir-Ciri Bruntusan dan Fungal Acne!

Ukuran Bruntusan dan Fungal Acne

2
Perbedaan Lokasi Munculnya

Salah Satu Cara Membedakan yang Paling Gampang

Perbedaan Lokasi Munculnya

3
Penyebab Bruntusan dan Fungal Acne

Kenapa Bruntusan dan Fungal Acne Bisa Muncul?

Penyebab Bruntusan dan Fungal Acne

4
Cara Mengatasi yang Tepat

Ambillah Langkah Penanganan yang Tepat

Cara Mengatasi yang Tepat

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Temukan Cir-Ciri Bruntusan dan Fungal Acne!
© freepik.com/user18526052
1
Temukan Cir-Ciri Bruntusan dan Fungal Acne!

Ukuran Bruntusan dan Fungal Acne

Untuk mengetahui perbedaan bruntusan dan fungal acne, Jelitagenk bisa membandingkan ukurannya. Bukan tanpa alasan, bruntusan dan fungal acne nyatanya mempunyai ukuran yang berbeda. Umumnya, fungal acne mempunyai ukuran yang hampir sama seperti komedo putih atau whitehead, yakni kecil dan tumbuh secara berkelompok. 

Berbeda dengan fungal acne, bruntusan memiliki ukuran yang bervariasi, ada yang kecil, sedang, hingga besar. Keberadaan bruntusan cenderung lebih sedikit, berjarak, serta tersebar ke beberapa bagian kulit wajah. Secara sekilas memang hampir sama, tetapi jika Anda perhatikan lagi, ternyata bruntusan dan fungal acne mempunyai ukuran yang sangat berbeda. 

Salah Satu Cara Membedakan yang Paling Gampang
© freepik.com
2
Salah Satu Cara Membedakan yang Paling Gampang

Perbedaan Lokasi Munculnya

Perbedaan bruntusan dan jerawat jamur atau fungal acne selanjutnya adalah letak atau lokasi munculnya. Biasanya, fungal acne muncul di beberapa bagian tubuh, contohnya punggung, lengan, dan dada. Jadi, bisa dikatakan jika fungal acne sering menyerang kulit tubuh ketimbang kulit wajah atau muka. 

Sedangkan bruntusan bisa Anda temukan di beberapa area wajah seperti pipi, dahi atau jidat, hidung, dan dagu yang merupakan area t-zone atau area wajah yang sering berminyak. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika bruntusan juga bisa muncul di beberapa area tubuh, entah itu dada, punggung, leher, bahu, serta lengan atas.

Kenapa Bruntusan dan Fungal Acne Bisa Muncul?
© freepik.com
3
Kenapa Bruntusan dan Fungal Acne Bisa Muncul?

Penyebab Bruntusan dan Fungal Acne

Siapa sangka jika fungal acne disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia yang berlebihan pada folikel rambut Anda. Bukan cuma itu saja, fungal acne juga disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.

Contohnya, sering memakai pakaian ketat saat cuaca panas, gangguan sistem kekebalan tubuh, lingkungan yang lembab dan hangat, serta penggunaan obat-obatan tertentu. Sementara bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Mulai dari perubahan hormon, stres, komedo dan sel kulit mati yang menumpuk, keringat berlebih, iritasi atau reaksi alergi, milia, dermatitis, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, penyebab bruntusan di kulit wajah kebanyakan berasal dari kebiasaan buruk Jelitagenk.

Ambillah Langkah Penanganan yang Tepat
© freepik.com
4
Ambillah Langkah Penanganan yang Tepat

Cara Mengatasi yang Tepat

Rekomendasi kami

Apabila Jelitagenk ingin menghilangkan atau menyembuhkan fungal acne di badan, Anda bisa menggunakan obat oles atau salep antijamur dari resep dokter. Biasanya, obat oles atau salep antijamur tersebut mengandung bahan aktif butenafine, ketoconazole, dan clotrimazole. Hindari obat antibiotik agar fungal acne tidak bertambah parah!

Lain halnya dengan bruntusan karena Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah atau skincare khusus kulit berjerawat atau bruntusan. Hal tersebut bertujuan untuk menyembuhkan sekaligus menenangkan kulit wajah Anda yang sedang mengalami reaksi alergi. Selain itu, Jelitagenk juga bisa mengaplikasikan obat antibiotik untuk jerawat yang mengandung retinoid

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne

Tunggu dulu, jangan ke mana-mana! Pasalnya, tim Jelita ingin mengajak Jelitagenk sekalian untuk membaca informasi tambahan seputar perbedaan bruntusan dan fungal acne yang sudah pasti menarik dan bermanfaat untuk Anda. Simak lebih lanjut!

Cara mengecek apakah kita fungal acne?

Apabila di kulit wajah Anda terdapat bintik-bintik kecil berwarna merah muda dan tampilannya menyerupai komedo putih, dapat dipastikan jika Jelitagenk sedang mengalami kondisi fungal acne

Apa yang harus dihindari saat fungal acne?

Berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang perlu Anda hindari ketika fungal acne:

Fatty AcidLipid atau Lemak
Fatty Acid EsterGalactomyces
Benzoyl PeroxideCoconut Oil

Bruntusan dan acne vulgaris apakah sama?

Tidak sama, dong. Pasalnya, bruntusan merupakan benjol atau bintik-bintik kecil yang menyerupai butiran pasir berwarna putih atau merah dan berkelompok di beberapa area wajah dan badan. Bruntusan juga bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian kulit wajah atau tubuh tertentu. 

Sementara itu, acne vulgaris adalah benjolan tunggal berwarna merah yang berisi nanah dan tersebar ke beberapa bagian wajah. Selain itu, acne vulgaris terbagi menjadi beberapa macam, seperti komedo, papul, postul, nodul, dan juga kista (Melda Agustin, 2016:9). Sebagai informasi tambahan, acne vulgaris adalah bahasa Inggrisnya jerawat. 

Bahan alami apa saja yang bisa menghilangkan bruntusan?

Berikut beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sekaligus mengatasi bruntusan di kulit wajah:

Lidah BuayaMakanan yang Mengandung Zinc
Tea Tree OilLemon
Es BatuPutih Telur
Teh HijauMadu

Kesimpulan: Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne

Arti dari pembahasan menarik ini sebenarnya cukup simple karena tim Jelita hanya ingin membagikan beberapa informasi penting kepada Jelitagenk mengenai perbedaan bruntusan dan fungal acne. Bukan apa-apa, tim Jelita hanya ingin Jelitagenk tidak keliru lagi ketika membedakan 2 permasalahan kulit tersebut.

Oh iya, Jelitagenk juga bisa menjadikan artikel satu ini sebagai acuan apabila Anda mengalami salah satu permasalahan kulit ini. Sehingga, Jelitagenk tahu langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan permasalahan kulit tersebut. Jadi, apakah sekarang Anda sudah tahu perbedaannya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo