Hide Menu

Hari Gini Gak Tahu 4 Perbedaan Bruntusan dan Milia? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Simak Artikel Ini sampai Habis Guna Menemukan 4 Perbedaan Bruntusan dan Milia yang Harus Anda Ketahui

Artikel Perbedaan Bruntusan dan Milia ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Bruntusan dan Milia 2024
© freepik.com

Apakah Bruntusan dan Milia Itu Sama?

Apakah Bruntusan dan Milia Itu Sama?
freepik.com

Sekilas bruntusan dan milia itu hampir sama, tapi kenyataannya kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Entah itu dari segi penyebab, bentuk, cara mengatasi, dan lain-lain. Bruntusan dan milia termasuk permasalahan kulit yang sering menimpa pria maupun wanita.

Tidak hanya itu saja, bruntusan dan milia juga tidak pandang bulu karena bisa menimpa bayi, anak-anak, ibu hamil, orang dewasa, hingga lanjut usia.  Jadi, Anda tidak perlu kaget ketika mengalami permasalahan kulit satu ini karena hampir sebagian orang pernah mengalaminya.

Meskipun demikian, masih ada sebagian orang yang belum mengerti tentang perbedaan bruntusan dan juga milia. Apabila Jelitagenk mengetahui perbedaan milia dan bruntusan, dijamin Anda akan mengetahui cara penanganan atau penyembuhan yang tepat. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu bingung dan sibuk mencari ke mana-mana tentang perbedaan milia dan bruntusan karena tim Jelita berhasil merangkum informasi yang Jelitagenk butuhkan. So, without further ado, let’s find out beberapa faktor yang menjadi perbedaan bruntusan dan milia!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Bruntusan dan Milia - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sekalian sudah tidak sabar untuk mengetahui perbedaan bruntusan dan milia? Jika demikian, Anda bisa menyimak section satu ini sekarang juga. Go, go, go!

1
Perbandingan Bentuk dan Ukuran

Salah Satu Perbedaan yang Bisa Dilihat Secara Sekilas

Perbandingan Bentuk dan Ukuran

2
Penyebab Bruntusan dan Milia

Mengapa Bruntusan dan Milia Bisa Tumbuh di Wajah?

Penyebab Bruntusan dan Milia

3
Area yang Terkontaminasi

Area Kulit Wajah Mana Saja yang Terkontaminasi?

Area yang Terkontaminasi

4
Cara Mengatasi Bruntusan dan Milia

Ketahui Cara Penanganan yang Tepat!

Cara Mengatasi Bruntusan dan Milia

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Salah Satu Perbedaan yang Bisa Dilihat Secara Sekilas
© unsplash.com/amandadalbjorn
1
Salah Satu Perbedaan yang Bisa Dilihat Secara Sekilas

Perbandingan Bentuk dan Ukuran

Perbedaan bruntusan dan milia yang pertama adalah bentuk dan ukurannya. Faktanya, milia adalah salah satu permasalahan kulit yang berupa bintik-bintik kecil berwarna putih di sekitar area bawah mata. Menurut Sartika Asri (2018), milia biasanya berwarna putih atau krim pucat dengan ukuran yang tidak pernah lebih dari 2mm. 

Sementara itu, bruntusan merupakan permasalahan kulit yang disertai dengan bintik-bintik kecil berwarna merah atau putih di beberapa area wajah. Selain itu, beruntusan juga menghasilkan permukaan kulit wajah yang kasar dan tidak rata. Jika Anda menyentuhnya, Jelitagenk akan merasakan benjolan kecil yang mana posisinya berkelompok. 

Mengapa Bruntusan dan Milia Bisa Tumbuh di Wajah?
© freepik.com
2
Mengapa Bruntusan dan Milia Bisa Tumbuh di Wajah?

Penyebab Bruntusan dan Milia

Siapa sangka jika milia disebabkan oleh penumpukan protein di wajah, produksi minyak berlebih, kulit wajah sering terpapar sinar matahari, serta efek samping pemakaian kortikosteroid topikal. Bukan cuma itu saja, kulit wajah yang cidera juga merupakan cikal bakal munculnya milia di wajah Jelitagenk.

Lantas, apa penyebab bruntusan? Bruntusan bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari, pori-pori kulit yang tersumbat, minyak berlebih, sel kulit mati dan kotoran yang dibiarkan menumpuk, pemakaian sarung bantal dan handuk yang kotor, dan lain-lain. Tapi, ada juga sebagian kasus yang bisa menyebabkan bruntusan, yakni ketidakcocokan akan suatu produk perawatan kulit wajah tertentu. 

Area Kulit Wajah Mana Saja yang Terkontaminasi?
© freepik.com
3
Area Kulit Wajah Mana Saja yang Terkontaminasi?

Area yang Terkontaminasi

Ternyata, milia mempunyai kecenderungan untuk muncul di bagian kulit wajah yang tipis, misalnya area bawah mata dan area wajah dengan kulit yang tipis lainnya. Itulah alasan mengapa bayi yang baru lahir lebih sering mengalami kondisi kulit satu ini. Maka, jangan heran jika nanti Anda akan menemukan milia di bagian wajah yang tidak terduga dan bayi yang baru lahir. 

Lain halnya dengan bruntusan karena permasalahan kulit ini sering menyerang beberapa bagian wajah yang bermasalah, contohnya pipi, jidat atau dahi, dagu, hidung, dan bagian wajah lainnya. Bukan cuma kulit wajah saja, bruntusan juga menyerang beberapa bagian tubuh, seperti leher, tangan, dada, punggung, dan lain sebagainya. Mudah ‘kan cara membedakan bruntusan dan milia?

Ketahui Cara Penanganan yang Tepat!
© freepik.com
4
Ketahui Cara Penanganan yang Tepat!

Cara Mengatasi Bruntusan dan Milia

Rekomendasi kami

Last but not least, tim Jelita akan membagikan informasi terkait cara menghilangkan bruntusan dan milia dengan benar. Hal ini bertujuan agar Jelitagenk tidak keliru lagi ketika menangani bruntusan ataupun milia.

Apabila Anda memakai cara penanganan yang tepat, kulit wajah Jelitagenk akan kembali seperti semula, yakni bersih, glowing, dan sehat.  Untuk menghilangkan bruntusan di kulit wajah, Jelitagenk hanya perlu melakukan eksfoliasi wajah secara rutin setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Bukan tanpa alasan, eksfoliasi kulit wajah diyakini dapat mengangkat sebum dan kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal tumbuhnya bruntusan. Oh iya, jangan malas untuk double cleansing juga, ya!

Sementara cara menghilangkan milia di kulit wajah terbagi menjadi 2 metode, pakai produk skincare yang mengandung retinol dan laser atau chemical peeling. Jika milia menyerang anak-anak, Anda hanya perlu menjaga kebersihan kulit wajah si kecil saja. Kalau untuk orang dewasa, Jelitagenk bisa memilih salah satu metode tersebut. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Bruntusan dan Milia

Jangan ke mana-mana dulu! Masih ada satu section lagi yang harus Anda baca hingga akhir yang berisi informasi dan fakta tambahan mengenai perbedaan bruntusan dan milia. Simak penuturannya!

Milia gatal apa tidak?

Jawabannya antara iya dan tidak. Pasalnya, kondisi milia pada orang dewasa tidak diikuti dengan tanda-tanda peradangan, contohnya sensasi gatal pada bagian tubuh tertentu. Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik jika milia menyerang bayi atau balita karena milia dapat menimbulkan sensasi gatal dan juga sakit.

Berapa lama bruntusan di muka hilang?

Hilang atau tidaknya bruntusan pada wajah itu tergantung jenis kulit dan tingkat keparahannya. Jika bruntusan di wajah Anda tidak terlalu parah, maka bruntusan dapat dipastikan menghilang dalam waktu beberapa mingu sampai sebulan. Berikut tanda-tanda bruntusan akan sembuh dan hilang:

  • Bintik-bintiknya mulai mengecil dan kering
  • Rasa gatal perlahan menghilang
  • Bintik-bintik kecil memudar
  • Pori-pori kulit wajah kembali menyusut

Kenapa saat mencoba skincare baru malah bruntusan?

Kondisi ini sering dikenal dengan sebutan purging yang artinya adalah proses pembersihan pori-pori kulit wajah yang tersumbat akibat sel kulit mati dan minyak berlebih. Jikalau Anda mengalami reaksi alergi satu ini, Jelitagenk harus bersabar dan bersikap lembut pada kulit wajah biar gak makin parah. 

Apakah bruntusan sama dengan jerawat?

Tentu saja berbeda, dong. Bruntusan adalah permasalahan kulit yang ditandai dengan jerawat kecil seperti butiran pasir yang berwarna merah atau putih di beberapa area wajah. Sedangkan jerawat adalah permasalahan kulit yang ditandai dengan bintik-bintik kecil bernanah karena kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk.

Akan tetapi, perlu Anda ingat kembali jika fungal acne dan jerawat adalah dua hal yang berbeda. Faktanya, fungal acne merupakan infeksi pada folikel rambut yang diakibatkan oleh pertumbuhan jamur dan keringat yang berlebih. Ciri-cirinya yaitu bintik-bintik kecil berwarna merah muda yang tampilannya hampir menyerupai komedo putih. 

Apa saja macam-macam bruntusan?

Bruntusan terbagi menjadi beberapa macam dengan bentuk atau ukuran yang berbeda-beda, mulai dari milia, papula dan pustula, serta komedo. Setiap jenis pastinya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai informasi tambahan, bruntusan dalam bahasa Inggris atau English adalah comedo acne

Kesimpulan: Perbedaan Bruntusan dan Milia

Tiba saatnya untuk membagikan kesimpulan dari pembahasan menarik satu ini. Melalui artikel ini, tim Jelita hanya ingin membagikan beberapa informasi dan fakta menarik seputar perbedaan bruntusan dan milia supaya Jelitagenk sekalian tidak keliru lagi ketika membedakan keduanya.

Tim Jelita juga menyediakan gambar terkait bruntusan dan juga milia biar Anda tidak bingung dan menerka-nerka bentuknya. Jadi, apakah Anda sudah paham perbedaan antar keduanya? Tim Jelita harap semoga Anda bisa membedakan kedua masalah kulit ini agar tahu penanganan yang benar. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo