Hide Menu

Inilah 4 Ciri-Ciri Parfum Beralkohol yang Asli, Fragrance Enthusiasts Wajib Banget Tahu!

Hanya di Jelita, Anda Bisa Menemukan Penjelasan Mengenai Ciri-Ciri Parfum Beralkohol Secara Gratis, Baca Sekarang!

Artikel Ciri-Ciri Parfum Beralkohol ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Parfum Beralkohol 2024
© istockphoto.com/VIStudio

Apa Fungsi Alkohol pada Parfum?

Apa Fungsi Alkohol pada Parfum?
istockphoto.com/LarisaRudenko

Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan mengajak Jelitagenk sekalian untuk mengetahui fungsi alkohol yang sering Anda temukan hampir di semua merk parfum. Biasanya, alkohol yang sering digunakan adalah jenis ethanol atau absolute dengan beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Pelarut dalam Parfum

Siapa sangka jika alkohol adalah salah satu zat pelarut terbaik untuk melarutkan minyak essentials, absolute, dan bahan kimia aroma sintetik. Selain itu, alkohol berfungsi untuk membantu pelarutan beberapa senyawa atau bahan parfum di dalam air. 

  • Memudahkan Pengaplikasian Parfum

Faktanya, parfum yang mengandung alkohol dapat mengontrol jumlah parfum yang akan digunakan. Sehingga aromanya akan lebih menyebar secara merata dan terkendali di kulit Anda. 

  • Meningkatkan Penguapan dan Difusi

Ternyata, alkohol memiliki titik didih yang relatif rendah sehingga mudah menguap. Melalui penguapan tersebut, alkohol akan membawa semua molekul parfum ke kulit dan udara sehingga terjadilah semburan aroma parfum secara bertahap. Selain itu, hal tersebut disinyalir dapat meningkatkan difusi molekul parfum dan menyebarkan aromanya di udara.

  • Mempermudah Formulasi

Formulasi parfum adalah salah satu proses yang melibatkan pencampuran berbagai bahan aromatik guna menciptakan aroma parfum yang seimbang dan kohesif atau melekat. Di mana alkohol akan menyederhanakan proses tersebut dengan melarutkan berbagai komponen parfum secara efektif, sehingga menciptakan komposisi parfum yang unik dan pas.

  • Pemeliharaan dan Sanitasi pada Parfum

Terakhir, ada sifat antimikroba alkohol yang dapat menjaga integritas parfum dengan menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, ataupun ragi. Hal tersebut sangatlah penting untuk parfum yang mengandung bahan-bahan alami karena rentan terhadap penurunan kualitas parfum. Bukan cuma itu saja, faktanya, alkohol juga berperan sebagai pengawet parfum Anda.

Setelah ngalor-ngidul membahas fungsi alkohol yang ada pada parfum, tim Jelita akan kembali mengajak Anda untuk mengenal ciri-ciri parfum beralkohol beserta penjelasannya. Tanpa perlu basa-basi lagi, cus, baca artikel ini lebih lanjut!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri-Ciri Parfum Beralkohol - Terbaru 2024

Menurut Fadel Muhammad (2020), parfum adalah salah satu produk yang bisa dianggap sebagai kebutuhan untuk beberapa kalangan masyarakat. Menariknya lagi, di masa sekarang parfum telah terbagi menjadi 2 jenis, yakni parfum beralkohol dan non-alkohol. 

Nah, pas banget, nih. Tim Jelita akan membedah ciri-ciri parfum beralkohol sampai tuntas untuk Jelitagenk. Apakah Anda excited untuk membacanya? So, simak artikel ini dengan seksama, ya!

1
Aroma Parfum Cenderung Sangat Kuat

Cuma Bisa Anda Temukan di Parfum Ori

Aroma Parfum Cenderung Sangat Kuat

2
Munculnya Sensasi Dingin Ketika Disemprotkan

Semprot dan Rasakan Cooling Sensationnya!

Munculnya Sensasi Dingin Ketika Disemprotkan

3
Wanginya Tahan Lama dan Menusuk Hidung

Parfum Beralkohol itu Beda dengan Parfum Laundry

Wanginya Tahan Lama dan Menusuk Hidung

4
Mempunyai Aroma Parfum yang Semerbak

Sebarkan Keharuman yang Semerbak ke Seluruh Ruangan!

Mempunyai Aroma Parfum yang Semerbak

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cuma Bisa Anda Temukan di Parfum Ori
© istockphoto.com/YakobchukOlena
1
Cuma Bisa Anda Temukan di Parfum Ori

Aroma Parfum Cenderung Sangat Kuat

Rekomendasi kami

Ciri-ciri pertama yang dapat Anda temukan pada produk parfum beralkohol tinggi adalah aroma yang cenderung sangat kuat. Lantas, bagaimana cara mengecek hal tersebut? Caranya mudah sekali, Anda cukup menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan atau ke udara, lalu hirup aromanya yang kuat. 

Selain itu, parfum berbasis alkohol telah terbagi menjadi beberapa jenis seperti Extrait de Parfume, Eau de Parfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne, dan Eau Fraiche. Tentu saja, masing-masing jenis parfum mempunyai tingkat konsentrasi alkohol yang berbeda-beda, seperti:

  • Extrait de Parfume dengan tingkat konsentrasi sekitar 15% – 40%
  • Eau de Parfume dengan tingkat konsentrasi mencapai 15% – 20%
  • Eau de Toilette mempunyai tingkat konsetrasi sebanyak 5% – 15%
  • Eau de Cologne memiliki tingkat konsentrasi alkohol 2% – 4%
  • Eau Fraiche mengandung tingkat konsentrasi kisaran 1% – 3%
Semprot dan Rasakan Cooling Sensationnya!
© istockphoto.com/PeopleImages
2
Semprot dan Rasakan Cooling Sensationnya!

Munculnya Sensasi Dingin Ketika Disemprotkan

Rekomendasi kami

Karakteristik selanjutnya dari parfum yang mempunyai kandungan alkohol adalah munculnya sensasi dingin ketika menyemprotkan produknya. Untuk mengetahui hal tersebut, Jelitagenk bisa menyemprotkan parfum beralkohol ke pergelangan tangan atau bagian tubuh yang lain. Apa yang akan Anda rasakan setelah menyemprotkannya?

Biar Jelitagenk tebak, pasti Jelitagenk merasakan sensasi dingin atau cool, bukan? Jika Anda belum memahaminya, maka tim Jelita akan memberikan satu perumpamaan. Contoh, Jelitagenk mengaplikasikan parfum beralkohol di bagian tengkuk leher, maka area tersebutlah yang akan merasakan sensasi dingin.

Parfum Beralkohol itu Beda dengan Parfum Laundry
© istockphoto.com/Wavebreakmedia
3
Parfum Beralkohol itu Beda dengan Parfum Laundry

Wanginya Tahan Lama dan Menusuk Hidung

Rekomendasi kami

Setelah mengetahui tingkat konsentrasi alkohol dari masing-masing jenis parfum, kali ini, tim Jelita akan mengajak Jelitagenk untuk mengetahui ketahanan aromanya. Bukan tanpa sebab, pasalnya, tingkat konsentrasi alkohol itu sangat memengaruhi ketahanan parfum itu sendiri. 

Maka jangan heran, jika parfum beralkohol terkenal dengan ketahanan aromanya yang luar biasa. Berikut pembagian menurut jenis namanya:

  • Extrait de Parfume dapat bertahan sekitar 8 jam hingga seharian full
  • Eau de Parfume mempunyai daya tahan aroma selama 4-5 jam
  • Eau de Toilette mampu bertahan dengan jangka waktu 2-3 jam
  • Eau de Cologne dan Eau Fraiche memiliki daya tahan selama 2 jam
Sebarkan Keharuman yang Semerbak ke Seluruh Ruangan!
© istockphoto.com/koto
4
Sebarkan Keharuman yang Semerbak ke Seluruh Ruangan!

Mempunyai Aroma Parfum yang Semerbak

Rekomendasi kami

Di balik keharumannya yang sangat kuat dan tahan lama, ternyata ada satu fakta lagi dari karakteristik parfum beralkohol. Tidak lain dan tidak bukan adalah aroma parfumnya yang semerbak hingga ke penjuru ruangan. Saking semerbaknya, Jelitagenk bisa mencium aroma parfum tersebut setelah menyemprotkannya.

Menariknya lagi, orang-orang sekitar Anda pun langsung bisa mencium aromanya juga, lho. Memang terdengar agak lebai sih, namun itulah fakta yang harus Jelitagenk ketahui. Selain itu, parfum yang mengandung alkohol dikenal mempunyai keharuman yang lebih semerbak ketimbang parfum yang menggunakan campuran air atau minyak sebagai bahan utama pembuatannya. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Parfum Beralkohol

Apakah Jelitagenk masih kurang puas akan informasi tentang parfum dengan alkohol di atas? Tenang saja, sebab tim Jelita telah menyediakan beberapa informasi tambahan mengenai ciri-ciri parfum beralkohol yang bisa Anda baca secara cuma-cuma. Go, go, go!

Bagaimana cara membedakan minyak wangi beralkohol dan non alkohol?

Untuk mengetahui perbedaannya itu mudah sekali, Anda cukup memakai parfum beralkohol dan non alkohol secara bersamaan. Umumnya, parfum beralkohol mempunyai aroma yang kuat dan dapat bertahan sekitar 4-12 jam lebih. Sedangkan parfum non alkohol cenderung mempunyai aroma yang tidak terlalu kuat dan ketahananan aromanya hanya mencapai 1-2 jam saja. 

Bolehkah shalat pakai parfum beralkohol?

Boleh, karena parfum beralkohol bisa Jelitagenk pakai ketika shalat dan hukumnya masih sah, kok. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan beberapa pernyataan yang menyebutkan jika parfum beralkohol itu haram dan najis. 

Parfum apa saja yang tidak mengandung alkohol?

Tim Jelita telah menyediakan beberapa rekomendasi parfum non-alkohol yang sudah berseritifikasi halal dari MUI, bebas dari kandungan alcohol denat, dan bisa Anda pakai shalat. Berikut daftarnya:

  1. Safwana Parfum Sholat Hajar Aswad
  2. Parfum BLUE OCEAN Musk Bahry Al Eitr
  3. Tsi-La Perfume and Organics
  4. Wardah Eau De Toilette

Kesimpulan: Ciri-Ciri Parfum Beralkohol

Arti dari pembahasan menarik ini sebenarnya cukup simple, yakni mengedukasi Jelitagenk mengenai ciri-ciri parfum yang mengandung alkohol. Bukan apa-apa, pasalnya, masih ada sebagian orang yang masih clueless dan tidak bisa membedakan parfum beralkohol dan non-alkohol. Melalui artikel ini, diharapkan Anda bisa membedakannya. 

Selain itu, informasi di atas juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui parfum beralkohol yang asli dan palsu. Di atas, tim Jelita juga menyediakan beberapa rekomendasi parfum Eropa atau bibit yang original dengan harga terbaik. Tidak perlu khawatir sebab semua rekomendasi tersebut bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Yuk, beli produknya sebelum kehabisan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo