Hide Menu

Kepoin 5 Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit dan Penjelasannya yang Informatif!

Simak Artikel ini untuk Menemukan Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit Anda sekaligus Fakta-Fakta Menarik Lainnya!

Artikel Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit 2024
© istockphoto.com/Iuliia_Zavalishina

Cara Tepat Memilih Sabun Muka Itu Gak Sulit

Cara Tepat Memilih Sabun Muka Itu Gak Sulit
istockphoto.com/AnastasiiaBurlakova

Tahukah Anda jika sabun wajah adalah salah satu basic skincare yang harus dimiliki oleh semua orang? Bukan tanpa alasan, pasalnya, sabun muka mempunyai manfaat tersendiri, yakni membersihkan dan merawat kesehatan kulit wajah. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal pilih sabun muka. Berikut cara memilih sabun muka yang tepat:

  • Pahami Jenis Kulit yang Anda Miliki

Untuk mengetahui jenis kulit sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup ikuti langkah-langkah ini saja. Pertama, cuci muka Anda menggunakan air bersih. Kemudian, keringkan dengan handuk atau tisu dan diamkan selama beberapa saat sembari beraktivitas seperti biasa. 

Jika sudah, maka cocokkan keadaan kulit Anda dengan 5 jenis di bawah ini. 

  1. Kulit Normal, tampilan wajah masih tetap lembut dan tidak terasa berminyak
  2. Kulit Berminyak, kulit wajah akan menjadi lengket dan terasa mengkilap
  3. Kulit Kering, kulit wajah akan berubah menjadi kencang dan kasar ketika Anda sentuh
  4. Kulit Sensitif, kulit wajah Anda akan terasa gatal dan merah saat Jelitagenk sentuh
  5. Kulit Kombinasi, kulit wajah akan berminyak di area T-zone dan normal di area kedua pipi
  • Mengecek Kandungan Sabun Muka

Berikutnya, Jelitagenk harus memeriksa setiap kandungan sabun cuci muka yang Anda beli atau pakai. Pasalnya, ada beberapa jenis kandungan tertentu yang ampuh dalam mengatasi permasalahan kulit wajah, tetapi tidak cocok untuk beberapa tipe kulit yang lain. 

Apabila Anda mempunyai tipe kulit kering, maka gunakan sabun cuci muka yang mengandung collagen agar kulit wajah tetap lembap setelah mencuci muka. Sedangkan kulit sensitif bisa memilih sabun muka yang diperkaya dengan kandungan Beauty Serum yang lembut dan mampu menutrisi kulit wajah. 

  • Pilih Sabun Muka yang Sesuai dengan Permasalahan Kulit

Setelah mengetahui jenis kulit dan kandungannya, maka Jelitagenk diharuskan untuk membeli sabun muka yang sesuai dengan permasalahan kulit yang Anda alami. Tidak perlu khawatir karena Jelitagenk bisa menemukan produknya di e-commerce atau toko kecantikan manapun.

  • Cari Review Sabun Muka yang Akan Dibeli

Cara tepat memilih sabun muka berikutnya adalah dengan membaca review produk yang Anda minati. Sebagai opsi lainnya, Jelitagenk juga bisa membeli produk tersebut dengan ukuran travel size atau share in jar. Jadi, kalau sabun muka yang Anda gunakan itu tidak cocok, produknya tidak akan terbuang sia-sia dan Anda tidak akan rugi. 

  • Hindari Sabun Muka yang Mengandung Bahan Aktif Berbahaya

Cara terakhir yang bisa Jelitagenk jadikan sebagai acuan ketika membeli sabun muka adalah memperhatikan bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut bertujuan agar kulit Anda tidak iritasi atau muncul reaksi alergi lainnya. Berikut beberapa kandungan sabun muka yang harus Anda hindari:

  1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
  2. Alkohol dan Pewangi
  3. Sodium Tallowate atau Cocoate
  4. Bahan Pengawet atau Paraben
  5. Propylene Glycol

Eits, jangan kemana-mana dulu! Pasalnya, tim Jelita akan membedah ciri-ciri sabun muka yang cocok dengan kulit Anda satu per satu. Rugi lho kalau Jelitagenk melewatkan informasi yang satu ini. Maka dari itu, simak artikel ini agar paham cara mengetahui sabun muka cocok atau tidak. Yuk, baca sekarang juga!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sudah siap untuk mengetahui ciri-ciri sabun muka yang cocok dengan kulit bersama dengan tim Jelita? Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut!

1
Tidak Menimbulkan Efek Kemerahan

Apa Efek yang Anda Rasakan Setelah Cuci Muka?

Tidak Menimbulkan Efek Kemerahan

2
Mampu Mencerahkan Warna Kulit

Salah Satu Fakta yang Sering Dilupakan

Mampu Mencerahkan Warna Kulit

3
Kulit Jadi Lebih Segar dan Tidak Kesat

Ketahui Perbedaan ini agar Tidak Salah Kaprah!

Kulit Jadi Lebih Segar dan Tidak Kesat

4
Tidak Memunculkan Jerawat atau Bruntusan

Jangan Anggap Remeh Ciri-Ciri yang Satu ini!

Tidak Memunculkan Jerawat atau Bruntusan

5
Kulit Wajah Terasa Lebih Lembap

Sentuh dan Rasakan Kulit Wajah Anda!

Kulit Wajah Terasa Lebih Lembap

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Apa Efek yang Anda Rasakan Setelah Cuci Muka?
© istockphoto.com/Tassii
1
Apa Efek yang Anda Rasakan Setelah Cuci Muka?

Tidak Menimbulkan Efek Kemerahan

Rekomendasi kami

First thing first, ciri-ciri sabun muka cocok di wajah kulit Anda adalah tidak menimbulkan efek kemerahan pada kulit. Bukan tanpa sebab, pasalnya, kemerahan pada bagian hidung dan pipi merupakan salah satu kondisi yang sering disebut sebagai rosacea atau penyakit kulit.

Apabila Jelitagenk mengalami hal tersebut, maka Anda harus segera menghentikan pemakaian produknya. Akan tetapi, jika efek tersebut tidak sembuh-sembuh atau semakin parah, sebaiknya Jelitagenk melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau spesialis kecantikan. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh asal pakai produk sabun cuci muka. 

Salah Satu Fakta yang Sering Dilupakan
© istockphoto.com/golubovy
2
Salah Satu Fakta yang Sering Dilupakan

Mampu Mencerahkan Warna Kulit

Rekomendasi kami

Kriteria berikutnya dari facial foam yang baik dan cocok untuk kulit adalah mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam atau gelap. Hal tersebut dapat terjadi karena sabun muka yang Anda gunakan mampu membersihkan debu dan kotoran di wajah Jelitagenk secara sempurna.

Selain itu, sabun cuci muka yang baik itu tidak akan merubah warna kulit asli Anda. Apabila Anda menemukan perubahan warna kulit yang cukup drastis, artinya produk tersebut mempunyai kandungan yang berbahaya seperti merkuri. Oleh sebab itu, Jelitagenk harus faham apa yang dimaksud mencerahkan dan juga memutihkan kulit. 

Ketahui Perbedaan ini agar Tidak Salah Kaprah!
© istockphoto.com/puhhha
3
Ketahui Perbedaan ini agar Tidak Salah Kaprah!

Kulit Jadi Lebih Segar dan Tidak Kesat

Rekomendasi kami

Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki oleh sabun cuci muka yang bagus adalah sensasi segar yang tertinggal setelah membilas wajah. Akan tetapi, perlu diperhatikan kembali, jika sensasi ‘segar’ dan ‘kesat’ adalah 2 hal yang berbeda. 

Bukan tanpa sebab, pasalnya, sensasi segar adalah salah satu hasil yang diinginkan oleh semua orang termasuk pria dan wanita setelah mencuci muka. Bagaimana tidak, faktanya, sensasi tersebut akan membuat wajah terasa lebih ringan dan bebas dari kotoran dan minyak berlebih. 

Sedangkan, rasa ‘kesat’ yang berlebihan itu menandakan kandungan sabun cuci muka yang terlalu berat sehingga kulit Anda jadi dehidrasi. Selain itu, kulit yang dehidrasi dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti tumbuhnya jerawat dan minyak berlebih di wajah. Hal tersebut dapat terjadi karena kulit akan berupaya lebih keras untuk memberikan kelembapan pada wajah.

Jangan Anggap Remeh Ciri-Ciri yang Satu ini!
© istockphoto.com/Me
4
Jangan Anggap Remeh Ciri-Ciri yang Satu ini!

Tidak Memunculkan Jerawat atau Bruntusan

Rekomendasi kami

Ciri-ciri keempat dari sabun cuci muka yang aman untuk kulit Anda adalah tidak menimbulkan jerawat atau bruntusan. Bukan tanpa alasan, faktanya, sabun muka yang mengandung asetat lanolin alcohol, sodium laurenth sulfate, ethylhexyl palmitate, dan klarium klorida dapat memicu tumbuhnya jerawat sekaligus bruntusan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membeli produk sabun pembersih wajah anti acne yang mengandung zat aktif anti bakteri seperti Triclosan dan Benzoyl Peroxide (Nikken Rima Oktavia, 2014:2). Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk juga bisa membeli sabun muka yang non-comedogenic atau non-acnegenic sehingga tidak menyumbat pori-pori yang berakibat munculnya jerawat baru. 

Nah, pas banget nih, karena tim Jelita telah menyediakan produk sabun muka yang mengandung bahan aktif tersebut dan tidak akan memicu jerawat baru. Jadi, Anda bisa masukkan produknya ke dalam list to buy karena produknya benar-benar worth to try dan worth the price abis!

Sentuh dan Rasakan Kulit Wajah Anda!
© istockphoto.com/SunnyVMD
5
Sentuh dan Rasakan Kulit Wajah Anda!

Kulit Wajah Terasa Lebih Lembap

Rekomendasi kami

Apakah kulit wajah Anda jauh lebih lembap setelah cuci muka? Gak heran sih, karena efek tersebut merupakan salah satu tanda-tanda wajah cocok dengan sabun muka yang Jelitagenk gunakan. Ternyata oh ternyata, hal tersebut dapat terjadi karena sabun cuci muka yang Anda gunakan mampu mengangkat kotoran dan minyak alami pada kulit. 

Eits, bukan itu saja, dong! Faktanya, facial wash yang aman dikenal cukup ampuh dalam mengembalikan pH kulit yang tidak seimbang menjadi seimbang setelah mencuci muka. Itulah mengapa, sabun cuci muka yang Anda gunakan akan terasa lembap dan tidak memberikan efek kulit yang ketarik. 

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit

Apakah Jelitagenk masih penasaran mengenai ciri-ciri sabun muka yang cocok dengan kulit? Jika demikian, maka Anda bisa menyimak section ini untuk menemukan informasi menarik lainnya. Let’s go!

Apa yang terjadi jika kita tidak cocok dengan sabun muka?

Faktanya, sabun cuci muka yang tidak cocok berpotensi menyebabkan jerawat atau bruntusan di area hidung, dahi, pipi, dan juga dagu. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui jenis dan permasalahan kulit terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. 

Berapa waktu untuk mengetahui cocok atau tidak memakai sabun muka?

Umumnya, hasil penggunaan facial wash secara teratur akan muncul dalam waktu 30 hari setelah pemakaian pertama. Nah, apabila Anda menemukan ketidakcocokan dari sabun muka tersebut, ada baiknya untuk stop pemakaiannya dan segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan jika ada efek yang parah. 

Apa yang terjadi jika kita gonta-ganti sabun muka?

Selain kulit wajah berubah menjadi kusam, gonta-ganti face wash juga dapat membuat kulit menjadi sangat berminyak. Maka dari itu, Jelitagenk harus memperhatikan kandungan apa saja yang aman dan cocok untuk kulit Anda. Selain itu, jangan sembarangan untuk gonta-ganti sabun muka, ya!

Apa yang harus dilakukan setelah mencuci muka?

Setelah mencuci muka dan mengeringkannya dengan handuk atau tisu, Anda bisa mengaplikasikan toner dan juga serum, lalu diamkan selama beberapa menit. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan krim temulawak atau Moreskin Day Cream sebagai krim pagi atau malam. Tidak perlu khawatir produk tersebut bisa Anda dapatkan di Mitra Nasa yang sudah tersedia di semua e-commerce.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Sabun Muka yang Cocok dengan Kulit

Arti dari pembahasan ini sebenarnya cukup simple, yakni mengedukasi Jelitagenk mengenai tanda-tanda sabun cuci muka yang cocok. Bukan tanpa sebab, pasalnya, pemakaian sabun cuci muka yang tidak cocok secara terus-menerus disinyalir membawa efek yang berbahaya untuk kulit bahkan reaksi alergi yang lebih parah. 

Oleh sebab itu, Jelitagenk harus lebih aware ketika membeli produk kecantikan atau perawatan kulit. Akan tetapi, Jelitagenk tidak perlu khawatir sebab tim Jelita telah menyediakan beberapa rekomendasi sabun cuci muka yang aman dan tidak akan memicu reaksi alergi yang berbahaya. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan produknya dengan segera sebelum kehabisan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo