Hide Menu

Inilah 4 Bedanya Primer dengan Foundation yang Harus Diketahui oleh Semua Wanita!

Daripada Penasaran Jawaban Apa Bedanya Primer dengan Foundation, Mending Simak Artikel Ini untuk Menemukan Jawabannya!

Artikel Bedanya Primer dengan Foundation ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Bedanya Primer dengan Foundation 2024
© freepik.com

Primer vs Foundation, Mana yang Lebih Penting?

Primer vs Foundation, Mana yang Lebih Penting?
freepik.com

Bicara soal produk kosmetik, ada berbagai macam produk kosmetik yang bisa Jelitagenk pilih dan gunakan, termasuk primer dan foundation. Siapa sangka jika kedua produk tersebut merupakan produk kosmetik yang paling populer di kalangan perempuan. Namun sayangnya, masih ada sebagian perempuan yang belum mengetahui perbedaan kedua produk tersebut. 

Primer dan foundation memang dimaksudkan untuk menghasilkan tampilan riasan yang terlihat cantik dan flawless. Namun nyatanya, kedua produk tersebut mempunyai fungsi berbeda. Bukan hanya fungsi produknya saja yang berbeda, primer dan foundation juga mempunyai faktor perbedaan yang lain dan sering disepelekan oleh beberapa perempuan, mungkin Anda juga termasuk. 

Sebenarnya, primer dan foundation adalah produk kosmetik yang sama-sama penting dan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil make up yang cantik dan juga flawless. Tapi, tim Jelita tidak bisa memukul rata hal tersebut karena hanya Jelitagenk yang mengetahui produk make up seperti apa yang Anda butuhkan. 

Oleh karena itulah tim Jelita akan membongkar rahasia yang jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu perbedaan primer dan foundation. Agar Jelitagenk tidak penasaran dan terus-terusan bertanya tentang bedanya primer dengan foundation, simak artikel ini sampai habis dengan saksama, ya!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Bedanya Primer dengan Foundation - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan memperkenalkan beberapa perbedaan primer dan foundation. Pastikan untuk menyimak section ini dengan saksama untuk mengetahui bedanya primer dengan foundation. Go, go, go!

1
Formula dan Tekstur Setiap Produk

Rasakan dan Temukan Perbedaan Tekstur Tiap Produk!

Formula dan Tekstur Setiap Produk

2
Perbedaan Cara Pakai Produknya

Lantas, Bagaimana Cara Pakai Produknya yang Benar?

Perbedaan Cara Pakai Produknya

3
Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

Hampir Sama tapi Banyak Perbedaan

Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

4
Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

Hanya Bisa Dibuktikan Apabila Anda Pakai Produknya

Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Rasakan dan Temukan Perbedaan Tekstur Tiap Produk!
© freepik.com
1
Rasakan dan Temukan Perbedaan Tekstur Tiap Produk!

Formula dan Tekstur Setiap Produk

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, primer dan foundation adalah dua produk kosmetik dengan formula yang berbeda. Bukan hanya formula saja, kedua produk tersebut juga memiliki tekstur yang tak sama. Simak penuturan di bawah ini untuk menemukan penjelasannya!

Faktanya, primer adalah salah satu produk kosmetik yang mempunyai tesktur gel dan tidak kental. Meskipun begitu, primer tidak akan terasa berat ketika Jelitagenk oleskan ke wajah. Hal tersebut dikarenakan primer terbuat dari formula yang lebih ringan daripada foundation. 

Lain halnya dengan foundation, produk satu ini memiliki tekstur yang cenderung cair atau liquid. Sebab, foundation terbuat dari bahan dasar air yang mana produk ini mudah terserap ke dalam kulit (MAA Amir, 2020:15). Walaupun begitu, foundation mempunyai tekstur yang berat ketika Anda aplikasikan ke wajah. 

Lantas, Bagaimana Cara Pakai Produknya yang Benar?
© freepik.com
2
Lantas, Bagaimana Cara Pakai Produknya yang Benar?

Perbedaan Cara Pakai Produknya

Rekomendasi kami

Perbedaan primer dan foundation selanjutnya terletak pada cara pakai produknya. Biasanya, primer diaplikasikan sebelum foundation atau produk complexion yang lain. Jelitagenk bisa mengoleskan primer ke beberapa bagian wajah, entah itu area t-zone atau pori-pori kulit yang besar. Selain itu, Anda bisa meratakan primer dengan jari tangan. 

Sementara itu, foundation bisa Jelitagenk pakai setelah mengoleskan primer ke wajah. Berbeda dengan primer, foundation harus Anda aplikasikan ke seluruh wajah secara merata. Untuk membaurkan produk ini, Jelitagenk bisa menggunakan foundation brush, stippling brush, beauty blender atau sponge.

Hampir Sama tapi Banyak Perbedaan
© freepik.com
3
Hampir Sama tapi Banyak Perbedaan

Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

Rekomendasi kami

Selain perbedaan cara pakai dan tekstur produk, face primer dan foundation mempunyai fungsi atau manfaat yang berbeda juga, lho. Lantas, apa fungsi masing-masing produknya? Berikut beberapa kegunaan primer dan juga foundation!

PrimerFoundation
  • Menciptakan tampilan kulit wajah yang mulus
  • Menghasilkan tampilan make up yang lebih on point
  • Melindungi make up agar lebih tahan lama
  • Menyamarkan pori-pori kulit yang besar
  • Melembapkan kulit wajah
  • Menahan produksi minyak atau sebum berlebih
  • Menutup bekas jerawat, flek hitam, kemerahan, dan imperfection lain yang ada di wajah
  • Menyamarkan warna kulit yang tidak merata
  • Mampu membuat tampilan make up jadi lebih flawless
  • Mencerahkan warna kulit wajah yang kusam
  • Menghasilkan tampilan make up yang dewy atau matte
Hanya Bisa Dibuktikan Apabila Anda Pakai Produknya
© freepik.com
4
Hanya Bisa Dibuktikan Apabila Anda Pakai Produknya

Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Beda primer dan foundation berikutnya ada pada tingkat coverage. Umumnya, primer adalah produk kosmetik yang berfungsi sebagai base (basic) make up dengan tingkat coverage yang kurang memuaskan, yaitu sheer to medium. Justru produk ini dapat meningkatkan coverage foundation atau produk complexion yang Anda pakai. 

Sedangkan foundation mempunyai tingkat coverage yang jauh lebih baik daripada primer, yakni medium to full. Menariknya lagi, Jelitagenk masih bisa layering atau build up produknya berkali-kali sampai mendapatkan tingkat coverage yang Anda inginkan. Maka, jangan heran jika foundation mampu menyamarkan semua imperfection yang ada di wajah Jelitagenk sekalian. 

Tanya Jawab Seputar Bedanya Primer dengan Foundation

Apakah Jelitagenk sekalian masih belum puas dengan informasi di atas? Tenang saja, karena tim Jelita telah menyediakan informasi tambahan seputar bedanya primer dengan foundation yang tidak kalah menarik. Jangan lewatkan section yang satu ini kalau gak mau rugi!

Apakah primer bisa dijadikan foundation?

Tidak bisa, dong. Hal tersebut dikarenakan primer berfungsi sebagai base make up agar produk complexion yang akan Anda pakai jadi lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Maka dari itu, Anda tidak bisa mengalih fungsikan primer untuk menggantikan foundation.

Apakah boleh makeup tanpa primer?

Sebenarnya boleh. Namun, tim Jelita tidak menyarankan hal tersebut karena foundation, cushion, BB cream, concealer dan produk complexion yang Jelitagenk pakai akan mudah luntur dan crack. Selain itu, primer merupakan salah satu produk make up yang berfungsi sebagai base (basis) make up sebelum mengaplikasikan complexion agar lebih nempel di wajah. 

Apakah BB cream sama dengan primer?

Menurut tim Jelita, BB cream dan primer adalah dua produk kosmetik yang sangatlah berbeda. Faktanya, BB cream bisa Jelitagenk aplikasikan setelah primer karena ia termasuk complexion. Sedangkan primer bisa Anda pakai setelah menggunakan pelembab atau produk skincare yang lain untuk mengunci makeup agar tahan lama di wajah dan tidak geser. 

Kesimpulan: Bedanya Primer dengan Foundation

Arti dari pembahasan menarik ini sebenarnya simple karena tim Jelita hanya ingin membagikan informasi dan fakta menarik mengenai perbedaan primer dan foundation. Pasalnya, hampir semua perempuan cuma pakai produknya saja tanpa mengetahui perbedaan kedua produk tersebut. 

Nah, dengan artikel ini, Jelitagenk jadi lebih tahu dan paham mengenai perbedaan kedua produk tersebut sehingga tidak akan salah beli produk make up ke depannya. Faktanya, primer dan foundation mempunyai tipe kemasan yang hampir mirip. Jikalau Jelitagenk lengah sedikit saja, dijamin Anda salah beli produk.

Selain itu, produk kosmetik dan pakaian itu berbeda sebab jika Anda salah beli pakaian tidak jadi masalah. Lain halnya, apabila Jelitagenk sekalian salah beli produk make up, bisa-bisa jadi masalah besar. Maka dari itu, jangan sampai tertukar, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo