Hide Menu

Simak 6 Perbedaan Lip Tint dan Lipstik yang Wajib Anda Ketahui agar Tidak Keliru!

Inilah Perbedaan Lip Tint dan Lipstik yang Jarang Diketahui oleh Sebagian Orang. Baca Penjelasan Lebih Lengkapnya Hanya di Jelita!

Artikel Perbedaan Lip Tint dan Lipstik ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Perbedaan Lip Tint dan Lipstik 2024
© istockphoto.com/Deagreez

Lip Products adalah Endorfin para Wanita

Lip Products adalah Endorfin para Wanita
istockphoto.com/LanaUst

Siapa di sini yang hobi mengoleksi lipstik? Berapa jumlah lipstik yang Anda miliki untuk saat ini? Puluhan atau belasan? Coba sebutkan lip products apa saja yang sudah Anda koleksi sejauh ini! Biar tim Jelita tebak, pasti ada lip gloss, lip tint, lipstik, lip cream, dan produk lippen lainnya. Benar, bukan?

Ya, namanya juga cewek, pasti tidak bisa menahan hasrat untuk shopping, terutama lip products. Seolah-olah sudah menjadi tradisi, bahwa membeli lip products yang baru is a must. Senang aja gitu, tahu-tahu ada lip products baru berjejer di meja rias.

Rasa-rasanya, belum lengkap jika Anda belum mengetahui perbedaan lip tint dan lipstik. Mungkin selama ini, Jelitagenk membedakan kedua produk tersebut dengan melihat deskripsi produknya saja. Nah, dengan membaca artikel ini, Anda jadi lebih tahu perbedaannya secara keseluruhan. Tertarik untuk membacanya? Cus, scroll artikel ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Lip Tint dan Lipstik - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan mengajak Jelitagenk untuk mengetahui perbedaan lip tint dan lipstik lebih lanjut. Apakah Anda sudah tidak sabar? Tanpa menunggu lagi, cus, simak artikel ini!

1
Perbedaan Kandungan dan Formula

Salah Satu Fakta yang Sering Disepelekan

Perbedaan Kandungan dan Formula

2
Daya Tahan Setiap Produk

Produk Mana yang Paling Bagus?

Daya Tahan Setiap Produk

3
Cara Pemakaian yang Berbeda

Eh, Memang Apanya yang Berbeda?

Cara Pemakaian yang Berbeda

4
Manfaat dari Masing-Masing Produk

Jangan Asal Pakai, Ketahui Dulu Manfaatnya!

Manfaat dari Masing-Masing Produk

5
Tekstur Produknya yang Berbeda

Rasakan dan Temukan Perbedaannya!

Tekstur Produknya yang Berbeda

6
Perbedaan Warna dari Tiap Produk

Kalau Gak Percaya, Bisa Foto Hasilnya!

Perbedaan Warna dari Tiap Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Salah Satu Fakta yang Sering Disepelekan
© istockphoto.com/ChristinaFelsing
1
Salah Satu Fakta yang Sering Disepelekan

Perbedaan Kandungan dan Formula

Rekomendasi kami

Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan membagikan sebuah informasi menarik mengenai perbedaan lipstik dan lip tint. Tahukah Anda jika kandungan dan formula yang ada di lip tint dan lipstik itu berbeda? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Ternyata oh ternyata, lip tint adalah salah satu jenis lip products yang water based karena menggunakan air sebagai bahan dasar produknya. Bukan itu saja, pasalnya, lip tint juga menggunakan zat pewarna yang dapat memberikan warna alami pada bibir Jelitagenk. 

Berbanding terbalik dengan lipstik, faktanya, produk satu ini menggunakan minyak dan lilin sebagai bahan utama dan dicampur dengan zat pewarna lainnya. Maka jangan heran, jika lipstik merupakan salah satu jenis lip products yang oil based.

Produk Mana yang Paling Bagus?
© istockphoto.com/Milkos
2
Produk Mana yang Paling Bagus?

Daya Tahan Setiap Produk

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, lip tint mampu memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama ketimbang lipstik. Hal tersebut dikarenakan daya serap bibir terhadap lip tint lebih kuat dan besar. Menariknya lagi, lip tint mampu bertahan hingga 8 jam lebih, lho. Dijamin deh, lip tint akan tetap stay meski Jelitagenk pakai untuk makan dan minum.

Sementara lipstik mempunyai daya tahan yang berbeda-beda karena tergantung jenis lipstik yang Jelitagenk gunakan. Apabila Anda menggunakan lipstik yang long lasting, transferproof, dan kissproof, maka dapat dipastikan warnanya akan tetap stay di bibir.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan minyak. Itulah mengapa, Anda diharuskan memakai lipstik yang long lasting agar warnanya tidak mudah pudar. Lain halnya jika Jelitagenk memakai lipstik biasa, dapat dipastikan warnanya akan hilang dalam sekejap. 

Eh, Memang Apanya yang Berbeda?
© istockphoto.com/Milkos
3
Eh, Memang Apanya yang Berbeda?

Cara Pemakaian yang Berbeda

Rekomendasi kami

Memang benar adanya jika lip tint dan lipstick sama-sama dioleskan ke bibir. Akan tetapi, ada sebuah perbedaan mengenai cara pakai lip tint dan lipstik. Agar tidak penasaran, ada baiknya untuk menyimak penjelasan di bawah ini!

Faktanya, lip tint mempunyai tekstur yang cair, sehingga Anda akan menemukan aplikator di dalam kemasannya. Nah, Jelitagenk bisa menggunakan aplikator tersebut ketika mengoleskan lip tint ke seluruh permukaan bibir. 

Sedangkan lipstik dapat Anda gunakan secara langsung dan tidak perlu memakai aplikator. Ketika mengaplikasikannya, Jelitagenk tidak perlu mendorong lipstik terlalu kuat ke bibir Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengaplikasikan lipstik secara perlahan untuk menghindari teksturnya yang lembut agar tidak patah. 

Jangan Asal Pakai, Ketahui Dulu Manfaatnya!
© istockphoto.com/CoffeeAndMilk
4
Jangan Asal Pakai, Ketahui Dulu Manfaatnya!

Manfaat dari Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Faktanya, ada sebagian orang yang lebih memilih lipstik ketimbang lip tint. Bagaimana tidak, pasalnya, lipstik dapat memberikan penampilan yang lebih bold, meriah, attractive, dan stand out. Maka jangan heran, jika Jelitagenk dapat menemukan berbagai jenis warna lipstik yang dapat memikat hati Anda. Menariknya lagi, lipstik itu pure untuk keperluan estetika saja. 

Sebaliknya, lip tint mempunyai fungsi untuk menjaga dan memproteksi bibir Anda agar selalu lembab. Selain itu, ada beberapa lip tint yang mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Eits, bukan itu saja, dong! Ternyata, lip tint juga bisa menutupi bibir hitam Anda sekaligus memberikan penampilan yang terkesan natural dan fresh, lho. 

Rasakan dan Temukan Perbedaannya!
© istockphoto.com/AntonSmirnov
5
Rasakan dan Temukan Perbedaannya!

Tekstur Produknya yang Berbeda

Rekomendasi kami

Pada umumnya, lipstik mempunyai tekstur yang lebih padat karena bahan dasar pembuatannya berasal dari wax atau lilin dan juga minyak. Meskipun demikian, faktanya, lipstik mempunyai tekstur yang super creamy dan soft ketika Anda aplikasikan ke bibir. 

Saat ini, lipstik sudah terbagi menjadi beberapa varian produk seperti matte, high gloss, shimmer, hingga satin. Selain itu, tingkat kepadatan lipstik juga bergantung pada jenis produknya. Sebagai contoh, lipstik matte mempunyai tingkat kepadatan yang lebih tinggi.

Sementara lip tint, memiliki tekstur yang cenderung lebih ringan dan cair seperti air. Sama halnya dengan lipstik, pasalnya, lip tint juga terbagi menjadi beberapa macam varian produk. Contohnya, water based lip tint, oil based lip tint, creamy lip tint, dan lain-lain. Tiap varian produk mempunyai tekstur dan ciri khas yang berbeda-beda. 

Kalau Gak Percaya, Bisa Foto Hasilnya!
© istockphoto.com/AntonSmirnov
6
Kalau Gak Percaya, Bisa Foto Hasilnya!

Perbedaan Warna dari Tiap Produk

Rekomendasi kami

Anda tidak akan menyangka jika lipstik mempunyai intensitas warna yang cukup tinggi ketimbang lip tint. Menariknya lagi, lipstik dapat menutup warna asli bibir Anda sepenuhnya. Maka tak heran, bila pewarna bibir yang satu ini menjadi salah satu produk kecantikan terbaik untuk memperlengkap keseluruhan make up Anda.

Sementara itu, lip tint mempunyai tipe warna yang lebih natural, soft, dan dapat memberikan kesan yang awet muda. Sayangnya, lip tint mempunyai tipe warna yang cenderung transparan, sehingga lebih cocok Anda gunakan sebagai pelembab. Oleh sebab itu, Jelitagenk perlu berhati-hati dalam memilih warna lip tint yang tepat. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Lip Tint dan Lipstik

Bagi Jelitagenk yang mempunyai pertanyaan seputar perbedaan lip tint dan lipstik tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa menemukan jawaban terbaik hanya di section ini. Yuk, simak!

Apa perbedaan antara lipstik dan lip cream?

Pada dasarnya, lip cream memiliki tekstur yang cair dan sedikit kental atau creamy. Oleh sebab itu, lip cream sering disebut sebagai liquid lipstick atau lipstik cair. Lain halnya dengan lipstik karena produk satu ini mempunyai tekstur yang padat. 

Bagaimana caranya agar liptint tahan lama?

Caranya mudah sekali, kok. Berikut langkah-langkah yang benar agar liptint lebih tahan lama:

  1. Rutin untuk eksfoliasi bibir setidaknya 2 kali dalam seminggu. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada bibir Anda.
  2. Aplikasikan lip balm dan beberapa produk lip care lainnya ke seluruh permukaan bibir.
  3. Gunakan base lip tint terlebih dahulu, entah itu concealer, foundation, lipstik, lipcream, lip tint, dan lain-lain. Pastikan untuk menggunakan shade yang hampir menyerupai skintone Anda.
  4. Oleskan lip tint ke bagian dalam bibir. Kemudian, ratakan dengan jari tangan atau cotton bud agar hasilnya lebih natural.
  5. Optional sih, percantik hasilnya dengan memakai lipgloss secukupnya saja.

Kulit sawo matang cocok pakai lip tint warna apa?

Untuk Jelitagenk dengan kulit sawo matang, bisa menggunakan lip tint berwarna merah. Bukan tanpa sebab, pasalnya, warna tersebut akan memberikan kontras yang cantik dan membuat tampilan bibir Anda terlihat lebih elegan dan hidup. 

Kesimpulan: Perbedaan Lip Tint dan Lipstik

First of all, arti dari pembahasan menarik ini adalah untuk mengedukasi Jelitagenk sekalian mengenai perbedaan lipstik dan lip tint. Bukan tanpa sebab, pasalnya, ada sebagian masyarakat yang kurang mengetahui kegunaan dan cara untuk membedakan lip tint dan lipstik (Nadia Salsabilla, 2020:8).

Selain itu, tim Jelita berharap agar Jelitagenk dapat menjadikan artikel ini sebagai acuan ketika membeli sebuah produk kosmetik, salah satunya lip products. Melalui artikel satu ini, you can see the difference between lip tint and lipstick. Oh iya, Anda juga bisa membeli produk yang telah direkomendasikan oleh tim Jelita, lho. Klik saja link di bawah produk, bayar, dan dapatkan segera!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo