Hide Menu

Make Up Lovers Harus Tahu 5 Beda Compact Powder dan Loose Powder, Mana yang Harus Dibeli?

Jangan Asal Beli Produk Make Up, Ketahui Beda Compact Powder dan Loose Powder yang Bisa Anda Temukan Hanya di Jelita!

Artikel Beda Compact Powder dan Loose Powder ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Beda Compact Powder dan Loose Powder 2024
© freepik.com

Kepoin Alasan Psikologis di Balik Pentingnya Make Up!

Kepoin Alasan Psikologis di Balik Pentingnya Make Up!
freepik.com

Jelitagenk tidak akan menyangka jika make up yang selama ini Anda aplikasikan setiap hari ternyata mempunyai banyak sekali fungsi psikologis. Bagaimana bisa? Tanpa berlama-lama lagi, simak penuturan di bawah ini!

  1. Siapa sangka jika make up jadi salah satu bagian dari art therapy yang dapat membantu Anda untuk mengekspresikan diri sendiri dengan cara yang kreatif dan out of the box. 
  2. Ternyata, make up disinyalir dapat meningkatkan performa sekaligus kesuksesan karier yang Anda miliki. Bukan tanpa sebab, pasalnya, penampilan yang menarik digadang-gadang dapat meningkatkan self esteem yang Jelitagenk punyai. 
  3. Faktanya, semakin menarik riasan yang Anda pakai, maka semakin meningkat pula peluang untuk memperluas koneksi sosial dengan orang sekitar. Hal ini juga berlaku dalam relasi romantis, karena make up bisa membantu Anda untuk terlihat semakin memikat. 
  4. Nyatanya, make up juga dapat membantu seseorang untuk mempertegas kepribadian yang mereka miliki. Sebagai contoh, Anda ingin terlihat lebih berani dan apa adanya, maka gunakan riasan wajah yang dapat menonjolkan kepribadian unik tersebut. Entah itu memakai lipstik merah atau riasan nyentrik lainnya. 

Berhubung Jelitagenk sudah mengetahui alasan psikologis di balik pentingnya make up, tim Jelita akan membagikan informasi mengenai kosmetik yang lain berjudul perbedaan loose powder dan compact powder. Pasalnya, kedua produk tersebut merupakan produk make up dengan manfaat yang sama.

Kendati sama, pasti ada yang membedakan ‘kan? Cus, baca sekarang juga dan pahami beda compact powder dan loose powder lewat artikel di bawah ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda Compact Powder dan Loose Powder - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sudah tidak sabar untuk mengetahui beda compact powder dan loose powder?Tanpa berlama-lama lagi, segera simak penuturan di bawah ini dengan saksama!

1
Tingkat Coverage dari Setiap Produk

Perbedaan Coverage Loose Powder vs Compact Powder

Tingkat Coverage dari Setiap Produk

2
Daya Tahan Masing-Masing Produk

Produk Mana yang Lebih Awet?

Daya Tahan Masing-Masing Produk

3
Cara Pakai Tiap Produk yang Berbeda-Beda

Harus Pakai Alat yang Tersedia atau yang Lain?

Cara Pakai Tiap Produk yang Berbeda-Beda

4
Perbedaan Formula dan Tekstur Produk

Jangan Hanya Melihat, Anda Juga Harus Merasakannya!

Perbedaan Formula dan Tekstur Produk

5
Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

Segera Ketahui Manfaat Masing-Masing Produknya!

Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perbedaan Coverage Loose Powder vs Compact Powder
© freepik.com/user12169301
1
Perbedaan Coverage Loose Powder vs Compact Powder

Tingkat Coverage dari Setiap Produk

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, compact powder mempunyai tingkat coverage yang sangat memuaskan, yakni medium hingga full coverage. Bukan hanya itu saja, compact powder juga bisa Anda build up untuk mendapatkan tingkat coverage yang Jelitagenk inginkan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pemakaian produknya. 

Berbeda dengan compact powder, loose powder mempunyai tingkat coverage yang rendah sampai medium. Hal tersebut dapat terjadi jikalau Anda hanya menggunakan loose powder saja tanpa foundation atau cushion (bukan chusion). Oleh sebab itulah tim Jelita tidak menyarankan Anda untuk menggunakan loose powder saja. 

Produk Mana yang Lebih Awet?
© freepik.com
2
Produk Mana yang Lebih Awet?

Daya Tahan Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Selain mempunyai tingkat coverage yang memuaskan, nyatanya, compact powder juga memiliki daya tahan produk yang menakjubkan. Pasalnya, compact powder mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga awet di wajah Anda. Maka, jangan heran jika compact powder jadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang serba praktis tapi tetap ingin terlihat cantik. 

Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk loose powder. Pasalnya, loose powder dinilai tidak tahan lama dan mudah luntur apabila terkena keringat. Maka dari itu, tim Jelita merekomendasikan Jelitagenk untuk menggunakan foundation, cushion atau concealer sebelum mengaplikasikan loose powder. 

Harus Pakai Alat yang Tersedia atau yang Lain?
© freepik.com
3
Harus Pakai Alat yang Tersedia atau yang Lain?

Cara Pakai Tiap Produk yang Berbeda-Beda

Rekomendasi kami

Faktor yang dapat membedakan loose powder dan compact powder berikutnya adalah cara pakai masing-masing produk. Meskipun compact powder dan loose powder bisa Anda aplikasikan dengan beauty blender, sponge atau brush, nyatanya tidak semua aplikator tersebut akan memberikan hasil akhir yang bagus dan cantik. 

Alangkah baiknya untuk menggunakan sponge atau beauty blender yang basah ketika memoleskan compact powder. Bukan tanpa alasan, faktanya, hal tersebut bertujuan agar compact powder yang Anda aplikasikan jadi lebih menempel di kulit. Oh iya, jangan lupa untuk memulaskan compact powder ke area leher biar gak belang!

Sementara loose powder, Anda dianjurkan untuk menggunakan powder brush karena dapat membantu penyebaran loose powder hingga ke area lipatan wajah yang susah dijangkau. Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk bisa menggunakan teknik baking ketika mengaplikasikan loose powder yang mana hal tersebut akan mengunci make up Anda agar tidak mudah crack.

Jangan Hanya Melihat, Anda Juga Harus Merasakannya!
© freepik.com/master1305
4
Jangan Hanya Melihat, Anda Juga Harus Merasakannya!

Perbedaan Formula dan Tekstur Produk

Rekomendasi kami

Untuk mengetahui perbedaan loose powder dan compact powder, Anda hanya perlu membandingkan formula dan tekstur produknya. Memang benar adanya bahwa kedua produk tersebut mempunyai formula dan tekstur yang berbeda jika Anda melihatnya secara sekilas. Namun, tidakkah Anda penasaran mengenai penjelasan lengkapnya? 

Pada dasarnya, compact powder adalah salah satu produk yang berasal dari butiran halus yang dipadatkan. Oleh karena itu, compact powder mempunyai tekstur yang lebih padat dibanding loose powder. Bukan cuma itu saja, compact powder juga dilengkapi dengan formula oil absorbing yang dapat menyedot semua minyak di wajah. 

Selanjutnya, ada loose powder yang mana produk satu ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus seperti bubuk tepung. Eits, jangan salah! Meskipun produk satu ini mempunyai tekstur yang halus dan lembut, nyatanya, loose powder mampu menahan produksi minyak berlebih di wajah Jelitagenk, lho. 

Segera Ketahui Manfaat Masing-Masing Produknya!
© freepik.com
5
Segera Ketahui Manfaat Masing-Masing Produknya!

Fungsi Tiap Produk yang Berbeda

Rekomendasi kami

Untuk menutup perbedaan loose powder dan compact powder, tim Jelita akan membagikan fungsi dari masing-masing produknya. Pastikan untuk menyimak daftar di bawah ini dengan saksama agar tidak keliru. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, simak penjelasannya!

Compact Powder atau Press PowderLoose Powder atau Bedak Tabur
  • Berfungsi sebagai finishing powder
  • Bisa Anda pakai saat tahap terakhir make up
  • Dapat menyamarkan pori-pori
  • Menyamarkan garis halus
  • Wajah terlihat semakin glowing
  • Ditujukan untuk kulit berminyak
  • Cocok untuk make up yang bold
  • Dipakai sebagai setting powder
  • Mengunci make up agar tahan lama, tidak luntur, dan juga crack
  • Mengontrol produksi minyak berlebih
  • Menyerap semua minyak di wajah
  • Aman untuk semua jenis kulit, salah satunya kulit kering
  • Cocok untuk make up yang natural

Tanya Jawab Seputar Beda Compact Powder dan Loose Powder

Untuk Jelitagenk yang masih penasaran mengenai beda compact powder dan loose powder bisa menyimak section di bawah dengan informasi tambahan yang tidak kalah menarik. Baca sekarang juga!

Apa saja urutan make up pemula?

Berikut urutan make up untuk pemula yang bisa Anda praktikkan:

  1. Cuci muka dulu, kemudian dilanjut dengan pemakaian skincare. 
  2. Oleskan primer ke seluruh wajah atau di area T-zone.
  3. Aplikasikan complexion, entah itu cushion, foundation, atau BB cream. Kemudian, blend menggunakan beauty blender yang sudah disemprot dengan setting spray. 
  4. Pulaskan concealer di dark circle, bekas jerawat, kemerahan, dan lain-lain. Lalu, blend menggunakan jari tangan atau beauty blender.
  5. Langkah selanjutnya adalah memakai bedak, mau itu loose powder, compact powder, atau two way cake menggunakan brush. 
  6. Pakai pensil alis atau browcara agar alis Anda tetap on fleek. Selepas itu, aplikasikan eyeshadow berwarna nude atau peach. 
  7. Jepit bulu mata Anda dengan eyelash curler, lalu gunakan mascara ke seluruh bulu mata. Jika Jelitagenk ingin bulu mata yang lebih lentik, maka gunakan eyelash curler setelah mascara. 
  8. Oleskan blush on menggunakan brush agar hasilnya natural. 
  9. Pilih lip products favorit, lalu aplikasikan ke bibir secara perlahan.
  10. Kunci make up Anda dengan setting spray dan tunggu sampai ngeset.

Apakah loose powder menyumbat pori-pori?

Tidak perlu khawatir karena loose powder tidak akan menyumbat pori-pori kulit, melainkan produk ini akan menyerap minyak berlebih di wajah Jelitagenk. Selain itu, loose powder adalah salah satu produk make up yang cocok untuk kulit berminyak. 

Apakah loose powder penting?

Tentu saja penting, dong. Bukan tanpa alasan, faktanya, loose powder adalah salah satu produk daily make up yang tidak bisa terpisahkan dari perempuan karena sering dibawa ke mana saja untuk touch up (Maria Ivana Halim, 2021:I-3). Bahkan, produk ini bisa digunakan untuk menghalau minyak di wajah secara efisien. 

Apakah loose powder dan bedak tabur itu sama saja?

Loose powder dan bedak tabur itu sebenarnya sama saja. Pasalnya, bedak tabur dalam bahasa Inggris adalah loose powder. Jadi, Anda tidak boleh keliru lagi ke depannya, ya!

Kesimpulan: Beda Compact Powder dan Loose Powder

Arti dari pembahasan menarik ini menyatakan bahwa tidak semua produk kosmetik itu tidak memiliki perbedaan, apalagi kelebihan dan kekurangan. Sama halnya dengan loose powder dan compact powder, nyatanya kedua produk tersebut mempunyai beberapa perbedaan, kekurangan, dan juga kelebihan seperti informasi di atas.

Ya, meskipun kedua produk tersebut mempunyai fungsi yang sama, yakni menyempurnakan hasil make up, tetapi bukan berarti kedua produk tersebut bisa Anda pakai asal-asalan.

Apabila Jelitagenk hanya asal pakai tanpa mengetahui fungsinya, maka jangan heran jika hal tersebut menjadi penyebab make up yang luntur dan crack. So, pelajari manfaat dari keduanya, gunakan semaksimal mungkin untuk hasil make up lebih baik! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo