Hide Menu

Simak 4 Cara Menggunakan Lip Balm yang Tepat dan Bermanfaat, Bukan Hanya untuk Bibir Lho!

Lip Balm Bisa Dipakai untuk Beberapa Bagian Tubuh, Berikut Cara Menggunakan Lip Balm Sesuai dengan Kebutuhan

Artikel Cara Menggunakan Lip Balm ini diposting diperbarui
23 Pembaca
Like
Cara Menggunakan Lip Balm 2024
© freepik.com/kroshka__nastya

Peran Lip Balm dalam Memerangi Bibir Kering

Peran Lip Balm dalam Memerangi Bibir Kering
freepik.com/benzoix

Penggunaan lip product yang terlalu sering, entah itu lip matte atau lip cream bisa menyebabkan bibir gampang kering dan pecah-pecah. Tenang saja, Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut hanya dengan 1 produk saja, yaitu lip balm. Benar-benar produk kecil-kecil cabe rawit, bukan?

Lip balm menggunakan sejumlah kandungan yang berasal dari alam untuk memerangi bibir kering dan pecah-pecah. Contohnya, petroleum jelly, beeswax, shea butter, antioksidan, serta vitamin C dan E. Namun, apakah Anda sudah menggunakan lip balm? 

Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan membantu Anda untuk mengetahui cara menggunakan lip balm yang benar agar Anda bisa merasakan khasiat lip balm itu sendiri. Mulai kenali lip balm dan khasiatnya bersama dengan Jelita. Jangan berlama-lama, ayo, mulai scroll artikel ini ke bawah!

Tips Memilih Lip Balm yang Cocok untuk Anda

Tips Memilih Lip Balm yang Cocok untuk Anda
freepik.com/valuavitaly

Setelah melakukan survei singkat ke beberapa peminat kecantikan, ada satu hal yang menarik perhatian tim Jelita, yaitu pemilihan lip balm yang sering keliru dan asal-asalan. Pasalnya, penggunaan lip balm lebih merujuk ke perawatan bibir daripada riasan (Nurmi, 2019:1).

Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan ketika memilih lip balm agar bibir tidak mudah kering dan menghitam. Pada kesempatan ini, tim Jelita akan memberikan tips untuk memilih lip balm yang cocok, seperti:

  • Perhatikan Kandungan Bahan

Sangat penting untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam lip balm. Alangkah baiknya jika Anda membeli lip balm yang terbuat dari bahan-bahan alami dan original seperti kernel oils, beeswax, almond oil, shea, dan cocoa butter.

  • Kandungan Bahan yang Harus Dihindari

Selain memperhatikan bahan-bahan yang harus ada di lip balm, Anda juga harus lebih cermat dan waspada akan suatu kandungan bahan yang harus dihindari. Lip balm yang mengandung asam salisilat dan menthol termasuk salah satu lip balm yang harus Anda hindari.

  • Perhatikan Rasa dan Aroma Lip Balm

Tips ketiga sebagai pertimbangan ketika belanja produk lip balm adalah pemilihan rasa dan aroma. Bukan tanpa alasan, sebagian orang menyukai lip balm dengan rasa dan aroma yang manis dan ada juga yang menyukai lip balm tanpa rasa dan aroma apapun.

Nah, untuk Anda penyuka lip balm dengan cooling sensation perlu berhati-hati ketika membelinya. Bukan berarti Anda tidak boleh membelinya. Namun, apabila produk tersebut mengandung bahan berbahaya, bisa menyebabkan bibir kering dan warna bibir jadi gelap. 

  • Lebih Fokus pada Manfaatnya

Untuk tips terakhir yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja yaitu mengecek manfaat dari lip balm yang Anda beli. Saran dari tim Jelita adalah untuk memilih lip balm dengan kandungan SPF, agar bibir Anda terhindar dari paparan sinar matahari. 

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Menggunakan Lip Balm - Terbaru 2024

Setelah ngalor-ngidul membahas manfaat penggunaan lip balm. Kali ini, Anda akan berpindah ke section cara menggunakan lip balm sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi? Ayo, baca selengkapnya!

1
Cara Menggunakan Lip Balm Jar

Oleskan ke Bibir, Bibir Lembab Seketika!

Cara Menggunakan Lip Balm Jar

2
Cara Menggunakan Lip Balm Tube

Lip Balm Anti Repot dan Praktis

Cara Menggunakan Lip Balm Tube

3
Cara Menggunakan Lipstik Bersamaan dengan Lip Balm

Emang Bisa Lip Balm Dicampur dengan Lipstik?

Cara Menggunakan Lipstik Bersamaan dengan Lip Balm

4
Cara Menggunakan Lip Balm Selain di Bibir

Fakta Unik Apalagi Ini? Beneran Bisa, ya?

Cara Menggunakan Lip Balm Selain di Bibir

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Oleskan ke Bibir, Bibir Lembab Seketika!
© freepik.com/diana-grytsku
1
Oleskan ke Bibir, Bibir Lembab Seketika!

Cara Menggunakan Lip Balm Jar

Rekomendasi kami

Sejatinya, lip balm terdiri dari 2 jenis produk, salah satunya dalam bentuk jar. Memang terlihat mudah untuk Anda aplikasikan, namun faktanya, Anda tidak bisa sembarangan mengaplikaskannya jika ingin hasil yang memuaskan.

Untung saja Anda mengunjungi Jelita, karena tim Jelita akan membagikan tips memakai lip balm jar yang tepat sebelum terlambat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan di rumah:

  1. Rutin eksfoliasi bibir dengan menggunakan lip scrub dari merk tertentu atau campuran minyak zaitun, gula, dan madu.
  2. Setelah mengaplikasikan lip scrub, selanjutnya Anda bisa membersihkan bibir menggunakan tisu kering.
  3. Harap mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menggunakan lip balm jar.
  4. Gunakan jari tangan yang mana saja untuk mengambil sedikit gel lip balm, lalu aplikasikan ke bibir secara merata.
  5. Katupkan bibir berulang kali, gerakan tersebut berfungsi untuk meratakan lip balm ke seluruh permukaan bibir.

Produk pelembab bibir ini bisa Jelitagenk gunakan apapun gendernya, baik pria maupun wanita. Jadi, siapkah Anda mengikuti langkah-langkah di atas secepatnya untuk mendapatkan segudang manfaat yang ada? 

Lip Balm Anti Repot dan Praktis
© freepik.com/rawpixel-com
2
Lip Balm Anti Repot dan Praktis

Cara Menggunakan Lip Balm Tube

Rekomendasi kami

Mungkin Anda sudah biasa menemukan lip balm tube di mana saja, entah itu di e-commerce atau minimarket terdekat. Faktanya, lip balm jenis ini sangat mudah untuk dipakai tanpa mengotori tangan Anda. Tanpa berlama-lama lagi, simak cara memakai lip balm tube yang benar di bawah ini:

  1. Anda wajib mengeksfoliasi bibir terlebih dahulu menggunakan lip scrub. 
  2. Kemudian, bersihkan bibir dari sisa lip scrub dan keringkan bibir Anda menggunakan tisu kering.
  3. Aplikasikan lip balm tube secara merata ke seluruh permukaan bibir, terutama bagian tepi bibir. Dijamin bibir Anda akan lembab sepanjang hari dan jangan lupa untuk re-apply lip balm!

Mulai sekarang Anda tidak perlu bimbang, karena tim Jelita akan membantu Anda menemukan produk lip balm terbaik dan best seller. Segera dapatkan produk tersebut sebelum kehabisan dan menyesal di kemudian hari! Kesempatan tidak datang 2 kali, Jelitagenk.

Emang Bisa Lip Balm Dicampur dengan Lipstik?
© freepik.com
3
Emang Bisa Lip Balm Dicampur dengan Lipstik?

Cara Menggunakan Lipstik Bersamaan dengan Lip Balm

Rekomendasi kami

Ternyata, Anda bisa menggabungkan lip balm dan lipstik secara bersamaan, lho. Memang lip balm dan lipstik adalah 2 produk yang berbeda, tetapi 2 produk itu bisa dipakai secara bersamaan. Ingin tahu caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan:

  1. Bersihkan permukaan bibir terlebih dahulu menggunakan pembersih make up.
  2. Aplikasikan bedak tabur secara merata ke bibir, berfungsi untuk menjaga lip balm dan lipstik Anda agar lebih tahan lama.
  3. Oleskan lip balm secukupnya di seluruh permukaan bibir, lalu diamkan selama 5 menit agar lip balm dapat menempel sempurna.
  4. Ambil lip liner favorit Anda, lalu aplikasikan pada bagian sisi bibir untuk memberikan kesan bibir yang bervolume.
  5. Aplikasikan lipstik menggunakan kuas aplikator khusus. Tidak dianjurkan untuk menggunakan lipstik yang matte atau glossy yang mana arti keduanya bisa membuat lip balm tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebab, tekstur produk bibir matte terlalu kering dan yang glossy terlalu greasy. 

Selain langkah-langkah di atas, tim Jelita ada satu tips rahasia untuk Jelitagenk, nih. Ternyata ada produk yang menggabungkan lip balm dan lipstik untuk mempermudah pemakaian, contohnya produk Rose All Day dan Dear Me Beauty di atas. Jadi, apakah Jelitagenk berminat membelinya?

Fakta Unik Apalagi Ini? Beneran Bisa, ya?
© freepik.com/valuavitaly
4
Fakta Unik Apalagi Ini? Beneran Bisa, ya?

Cara Menggunakan Lip Balm Selain di Bibir

Halo Jelitagenk, sudah siap untuk membaca salah satu fakta menarik dari lip balm? Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim Jelita, ternyata lip balm tidak hanya digunakan di bibir saja, tetapi bisa untuk rambut, penyubur alis mata, dan primer riasan mata.

Apakah Anda penasaran bagaimana cara pemakaiannya? Simak penjelasan di bawah ini!

  • Solusi untuk Rambut Kusut

Faktanya, lip balm dapat Anda gunakan sebagai salah satu solusi untuk memerangi rambut kusut. Simple saja, Anda hanya membutuhkan lip balm jar atau gel. Langkah pertama, oleskan lip balm jar secukupnya dan letakkan di telapak tangan Anda.

Kemudian, gosok kedua telapak tangan dan aplikasikan pada rambut Anda dengan gerakan mengelus kepala dari pangkal hingga akar rambut layaknya memakai minyak rambut. Dijamin rambut kusut Anda akan berubah menjadi lebih rapi dalam beberapa jam ke depan.

  • Sebagai Penyubur Alis Mata

Anda mungkin saja lelah melakukan sulam alis atau menggambar alis setiap ingin bepergian. Dalam hal ini, tim Jelita akan menyarankan Jelitagenk untuk menumbuhkan alis secara alami menggunakan lip balm saja. Apakah benar bisa? 

Jika ingin alis tebal, maka oleskan lip balm ke bagian alis Anda setelah mencuci muka hingga bersih. Untuk meratakannya, gunakan jari tangan atau kuas. Diamkan selama 1 jam, lalu cuci alis Anda dengan facial wash. Tidak ada kata mager jika Anda ingin hasil yang signifikan, okay?

  • Sebagai Primer Riasan Mata

Selain untuk rambut dan alis, ternyata Anda juga bisa menggunakan lip balm sebagai primer riasan mata agar lebih awet hingga berjam-jam. Tidak harus menggunakan jenis lip balm yang spesifik, karena Anda bisa menggunakan lip balm jenis apa saja. 

Step penggunaannya sangat simple. Usapkan lip balm secukupnya pada bagian kelopak mata, lalu diamkan selama 5 menit, jangan kelamaan. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan eye shadow favorit ke kelopak mata secara merata. Maka, hasilnya bisa bikin orang lain terpana! 

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan Lip Balm

Apakah dari informasi di atas ada yang membuat Jelitagenk bingung? Jika ada, pas banget, nih. Karena tim Jelita telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda. Ayo, baca section ini sekarang juga!

Lip balm dan lip gloss apa bedanya?

Lip gloss memang memiliki fungsi untuk melembapkan bibir. Namun, lip gloss adalah salah satu jenis kosmetik bukan produk lip care, sehingga kandungan pelembab tidak terlalu kuat. Sedangkan, lip balm memang dari awal pembuatannya memiliki tujuan untuk melembapkan bibir pecah-pecah sekaligus kering dan salah satu bagian dari produk lip care. 

Kapan waktu yang tepat pakai lip balm?

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan lip balm adalah sebelum tidur. Menurut informasi yang beredar, di saat Anda tidur, kulit akan mengeluarkan racun dan meregenerasi sel-sel kulit baru pada bibir. Jadi, saran terbaik untuk Anda yaitu rutin mengoleskan lip balm sebelum tidur. Jangan mager!

Apakah boleh memakai lip balm 2 kali sehari?

Boleh saja. Menurut informasi dari para ahli yang berhasil tim Jelita rangkum, penggunaan lip balm yang terlalu sering bisa menyebabkan ketagihan atau ketergantungan. Sebaiknya, Anda menggunakan lip balm tidak lebih dari 3 kali sehari atau idealnya 2 kali dalam sehari. 

Apa bedanya lip balm dan lip serum?

Perbedaan kedua produk tersebut dapat dilihat dari fungsi produk dan cara pemakaiannya. Lip balm digunakan sebagai perlindungan harian dan diaplikasikan sesuai kebutuhan. Sedangkan, lip serum digunakan sebagai langkah perawatan tambahan dalam lip care routine.

Sebelum pakai liptint pakai apa dulu?

Sebelum mulai mengaplikasikan lip tint di bibir, sebaiknya Jelitagenk mengoleskan lip balm terlebih dahulu agar hasil lip tint Anda lebih tahan lama. Nah, pas banget untuk Anda yang ingin mencoba trend lip tint ala Korea Selatan. Silakan coba tips ini dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah memakai lip balm!

Kesimpulan: Cara Menggunakan Lip Balm

Intinya, lip balm memiliki peran yang penting untuk semua orang. Menariknya lagi, Anda bisa menemukan lip balm yang dirancang khusus untuk baby. Jangan mau kalah dengan bayi yang sudah menggunakan lip balm sejak dini. Kunjungi marketplace kesayangan, buy, and action! 

Jadi, tunggu apalagi? Mulai terapkan tips dari tim Jelita dengan benar, supaya lip balm dapat memberikan khasiat yang memuaskan untuk Anda. Bukankah rugi jika sudah rutin menggunakan lip balm, tetapi tidak mendapat manfaat apa-apa? Pastinya rugi, dong. Maka dari itu, pastikan penggunaan pelembab ini tepat guna!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo