Hide Menu

Kutek Mengering? Praktikkan 5 Cara Mencairkan Kutek yang Kering Ini Sekarang!

Tips dan Trik untuk Mencairkan Kuteks yang Sudah Lama Mengering, Mudah dan Bisa Digunakan Kembali

Artikel Cara Mencairkan Kutek yang Kering ini diposting diperbarui
42 Pembaca
Like
Cara Mencairkan Kutek yang Kering 2024
© freepik.com

Apa Ada Cara Mencairkan Kutek yang Kering?

Apa Ada Cara Mencairkan Kutek yang Kering?
freepik.com

Siapa yang sering mewarnai kuku? Sudah pasti Anda salah satunya, sebab Anda membaca artikel ini. Sejatinya, kutek kuku adalah salah satu media nail art terbaik yang bisa Anda beli di pasaran. Sayang seribu sayang, formulasi produk ini malah membuat kutek mudah kering. 

Anda pasti merasa kesal jika sudah membeli kutek yang bagus namun karena tidak digunakan, formulasinya membeku dan tidak bisa digunakan. Lalu, adakah cara mencairkan kutek yang kering

Melalui artikel ini, tim Jelita telah merangkum 5 tips dan trik cara mudah mengatasi kutek yang kering. Jadi, jangan khawatir dan segera cari tahu sekarang juga! 

Tips Menjaga Kutek agar Tidak Cepat Mengering

Tips Menjaga Kutek agar Tidak Cepat Mengering
freepik.com

Menurut Sri Bintang Aryanti (2018), ia menjelaskan bahwa salah satu kandungan kutek kuku adalah pemerian, yang mana cairan ini bening namun jika disimpan di tempat yang dingin, bisa jadi akan keruh. Tidak hanya warna yang memudar, namun kutek pun jadi kering. 

Sebelum memahami cara mengatasi kutek kering, tim Jelita akan memberi tips dan trik menjaga kutek agar tidak cepat mengalami pengenceran, seperti: 

  • Menutup Botol Kutek Rapat-Rapat

Ada banyak orang yang clumsy dan tidak menutup botol kutek secara rapat. Adanya udara di dalamnya akan membuat kutek cepat kering. Jadi, pastikan botolnya tertutup rapat agar media nail art kesayangan Anda tetap bisa digunakan walau setelah waktu yang lama. 

  • Letakkan dalam Posisi Tegak

Mungkin bagi Anda ini tidak terlalu penting. Namun nyatanya, kutek yang diletakkan dalam posisi tegak akan lebih mudah untuk menjaga formulasinya. Jika terbalik, cairan juga akan mengikuti bentuk botol. Saat tutup di bawah, maka Anda akan kesusahan membuka tutup kutek yang mengering. 

  • Kocok Kutek Sesekali 

Seperti yang Anda tahu, kutek adalah cairan yang digunakan untuk mempercantik kuku. Tim Jelita menyarankan untuk mengocok kutek sesekali untuk memastikan produk ini masih encer dan bisa digunakan. 

  • Simpan di Tempat Sejuk 

Formulasi kutek yang agak sensitif akan mudah mengering jika kamu meletakkannya di tempat yang dingin. Oleh sebab itu, lebih baik untuk menyimpan produk ini di ruangan terbuka untuk menjaga formulasinya dengan baik. 

L. Ramadhani
Writer
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Jelita
Editor
Tim Editorial

Situs referensi terbaik tentang merawat kecantikan, rekomendasi skincare, review kosmetik dan artikel tips dan trik seputar kecantikan.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mencairkan Kutek yang Kering - Terbaru 2024

Tips dan trik sudah Anda kantongi, tapi bagaimana jika kutek sudah mengering duluan? Untuk itu, tim Jelita akan menjabarkan 5 cara mencairkan kutek yang kering melalui penjelasan di bawah ini. Penasaran? Cari tahu sekarang!

1
Rendam di Air Panas

Mudah, Bisa Dilakukan di Mana Saja!

Rendam di Air Panas

2
Panaskan dengan Hair Dryer

Panas Mesin Cukup Melelehkan Barang Cair

Panaskan dengan Hair Dryer

3
Campur dengan Nail Remover

Anda Punya Produk Ini di Rumah, Kan?

Campur dengan Nail Remover

4
Gunakan Cairan untuk Mencairkan Kutek

Cepat, Praktis, Produknya Ada di Online Marketplace!

Gunakan Cairan untuk Mencairkan Kutek

5
Gulingkan dengan Tangan

Sederhana Saja, Asal Kutek Mencair

Gulingkan dengan Tangan

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mudah, Bisa Dilakukan di Mana Saja!
© freepik.com
1
Mudah, Bisa Dilakukan di Mana Saja!

Rendam di Air Panas

Sudah pernah dengar kalau lipstik kering perlu direndam agar mencair kembali? Ternyata cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengembalikan formulasi kutek yang keras. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini: 

  • Pertama, rebus air hangat dan tuangkan air tersebut ke dalam mangkok. 
  • Masukkan kutek yang mengering.
  • Diamkan selama 5 menit lalu angkat. 

Ajaib! Cat kuku yang telah mengering akan kembali kental dan siap digunakan. Tidak hanya cepat dan mudah, Anda bisa melakukan ini di mana saja! Namun, perlu diperhatikan bahwa metode ini bisa Anda lakukan tanpa tambahan sabun sama sekali. Ingat, manfaatkan air panas saja, ya!

Panas Mesin Cukup Melelehkan Barang Cair
© freepik.com/boyarkinamarina
2
Panas Mesin Cukup Melelehkan Barang Cair

Panaskan dengan Hair Dryer

Rekomendasi kami

Punya pengering rambut di rumah? Apapun merknya tak masalah, asal bisa mengeluarkan panas untuk melunturkan kekeringan di dalam cat kuku, maka Anda bisa menggunakannya. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Panaskan hair dryer pada posisi panas terendah
  • Tunggu beberapa menit hingga panasnya terasa
  • Arahkan ke cat kuku yang telah mengering

Menggunakan pengering kuku untuk mencairkan kutek tidak perlu terlalu lama. 3 menit saja sudah cukup untuk membuat cat kuku Anda kental kembali. Segera buka tutupnya, dan gunakan warna cantik yang ada untuk kuku sekarang juga! 

Anda Punya Produk Ini di Rumah, Kan?
© freepik.com
3
Anda Punya Produk Ini di Rumah, Kan?

Campur dengan Nail Remover

Rekomendasi kami

Setiap pecinta nail art sudah pasti punya nail polish remover atau yang biasa disebut aseton. Siapa sangka produk ini bisa Anda manfaatkan untuk mengentalkan cairan kutek kuku yang kering? 

Namun sebelum menggunakannya, perlu Anda tahu bahwa kandungan aseton cukup berbahaya jika digunakan secara sembarangan. Oleh sebab itu, tim Jelita merekomendasikan untuk pakai sekitar 3 tetes saja agar cat kuku dapat mengental kembali. 

Caranya mudah, teteskan cairan aseton ke dalam botol cat kuku dan kocok beberapa kali. Setelah itu, cat kutek yang mengering akan segera mencair kembali! 

Cepat, Praktis, Produknya Ada di Online Marketplace!
© freepik.com
4
Cepat, Praktis, Produknya Ada di Online Marketplace!

Gunakan Cairan untuk Mencairkan Kutek

Rekomendasi kami

Jika Anda takut akan bahayanya kandungan aseton, jangan khawatir. Masih ada cara lain! Industri kutek kuku tahu betul bahwa produk ini bisa cepat mengeras. Oleh sebab itu, mereka juga merilis cairan pengencer kuku atau yang lebih sering disebut dengan Nail Polish Thinner.

Dua produk di atas adalah yang paling kami rekomendasikan yang bisa Anda beli di online marketplace. Jika sudah punya, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  • Pertama-tama, siapkan kutek kuku yang telah mengering. 
  • Teteskan dua hingga tiga kali cairan pengencer ini di dalam kutek. 
  • Gulingkan di atas kedua tangan hingga bagian yang kering jadi kental. 

Setelah cara sederhana ini selesai, Anda bisa memanfaatkan kutek tersebut dan membuat nail art yang baru! 

Sederhana Saja, Asal Kutek Mencair
© freepik.com
5
Sederhana Saja, Asal Kutek Mencair

Gulingkan dengan Tangan

Ingin cara mudah lain tapi tak punya 3 produk di atas? Tenang, tim Jelita juga menyarankan untuk menggulingkan kutek di atas telapak tangan beberapa kali. Anda bisa melakukan metode ini jika kutek tersebut tidak sepenuhnya kering. Menggulingkan dan mengocok produk kutek kuku ini akan membantu bagian yang mengering jadi mengental. 

Namun jika kutek tersebut telah kering sepenuhnya, akan lebih baik jika Anda melakukan 4 cara sebelum ini. Keempat cara di atas sudah terbukti dan bisa Anda contoh untuk mengembalikan formulasi kuku yang mengeras. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Apakah Anda masih punya hal yang mengganjal di pikiran akan topik ini? Tim Jelita tahu. Oleh sebab itu, kami telah membuat kompilasi pertanyaan dan jawaban di bawah ini. Simak sekarang! 

Jika kutek kering dikasih apa?

Mengutip dari kelima cara di atas, Anda bisa merendamnya di air panas, menggulingkan, menggunakan cairan pengencer dan aseton, atau memanaskannya dengan hair dryer

Bagaimana supaya kutek tidak kering?

Yang paling utama adalah menutup botol rapat-rapat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengocok cat kuku sesekali agar formulasinya tidak mengering saat tidak Anda gunakan. 

Kesimpulan: Cara Mencairkan Kutek yang Kering

Sekarang, Anda sudah tahu kan cara mencairkan kutek yang kering? Kelima cara di atas mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa memilih metode terbaik yang bisa membantu Anda dalam mengembalikan formulasi kutek yang mengering. Tunggu apa lagi? Pilih dan mari menyelamatkan kutek yang mengering di pojokan! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo