Hide Menu

Kenapa Warna Kulit Tidak Merata? Berikut 5 Penyebab Beserta Solusi yang Tepat untuk Anda!

Kepo dengan Jawaban dari Pertanyaan Kenapa Warna Kulit Tidak Merata? Anda Hanya Perlu Menyimak Artikel Ini, Gampang Banget!

Artikel Kenapa Warna Kulit Tidak Merata ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kenapa Warna Kulit Tidak Merata 2024
© freepik.com

Adakah Cara untuk Mengatasi Warna Kulit yang Tidak Rata?

Adakah Cara untuk Mengatasi Warna Kulit yang Tidak Rata?
freepik.com

Siapa sih yang bisa tampil percaya diri dengan tampilan warna kulit atau skintone yang tidak rata? Pastinya tidak ada, entah itu pria atau wanita. Pasalnya, tampilan warna kulit yang tidak rata atau belang ternyata bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, termasuk diri Anda sendiri. 

Bagaimana tidak, muka dan bagian tubuh yang lain adalah penunjang penampilan seseorang guna menarik dan memikat banyak orang. Itulah mengapa warna kulit wajah dan badan yang tidak rata sangat amat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Lantas, adakah cara untuk mengatasi permasalahan kulit satu ini? Bagi Jelitagenk yang ingin mengatasi warna kulit yang tidak merata bisa menyimak artikel ini. Nantinya, Anda akan menemukan cara meratakan dan mencerahkan kulit yang paling ampuh dan efektif.

Bukan cuma itu saja, Jelitagenk juga akan menemukan jawaban di balik pertanyaan ini “kenapa warna kulit tidak merata“. Penasaran? Tanpa perlu basa-basi lagi, cus, baca artikel ini dengan saksama!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kenapa Warna Kulit Tidak Merata - Terbaru 2024

Jikalau Jelitagenk ingin menemukan jawaban dari pertanyaan yang satu ini, kenapa warna kulit wajah tidak merata, Anda harus menyimak section ini sampai akhir. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

1
Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

Lindungi Leher, Kaki, Tangan, dan Muka Mulai Sekarang!

Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

2
Terdapat Bekas Jerawat atau PIH

Akibatnya Kulit Jadi Terlihat Belang dan Kusam

Terdapat Bekas Jerawat atau PIH

3
Adanya Indikasi Hiperpigmentasi Kulit

Jangan Salah Tangkap antara Hiperpigmentasi dan Panu!

Adanya Indikasi Hiperpigmentasi Kulit

4
Menumpuknya Sel-Sel Kulit Mati

Inilah Alasan Wajah atau Badan Anda Jadi Burik

Menumpuknya Sel-Sel Kulit Mati

5
Disebabkan oleh Hormon atau Melasma

Temukan Penjelasan dan Arti dari Melasma!

Disebabkan oleh Hormon atau Melasma

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lindungi Leher, Kaki, Tangan, dan Muka Mulai Sekarang!
© freepik.com
1
Lindungi Leher, Kaki, Tangan, dan Muka Mulai Sekarang!

Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

Rekomendasi kami

Tahukah Anda jika salah satu penyebab warna kulit tidak merata adalah paparan sinar matahari? Faktanya, kulit wajah yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa menimbulkan berbagai macam efek samping yang berbahaya ke depannya.

Itulah mengapa Jelitagenk harus memakai sunscreen sebelum bepergian atau beraktivitas sehari-hari.  Apabila kulit wajah Jelitagenk terlalu sering terkena sinar matahari tanpa adanya perlindungan sunscreen, bisa dipastikan kulit wajah akan tampak lebih kusam dan warnanya jadi tidak merata.

Pasalnya, sinar matahari dapat merangsang proses pembentukan melanin di dalam lapisan kulit yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal warna kulit wajah yang tidak merata. 

Akibatnya Kulit Jadi Terlihat Belang dan Kusam
© freepik.com
2
Akibatnya Kulit Jadi Terlihat Belang dan Kusam

Terdapat Bekas Jerawat atau PIH

Rekomendasi kami

Penyebab warna kulit wajah tidak merata berikutnya adalah kulit mengalami peradangan atau cedera sehingga meninggalkan bekas yang menghitam pada wajah Anda. Hal tersebut bisa terjadi karena kulit wajah yang telah sembuh dari peradangan atau cedera nantinya akan menghasilkan banyak melanin. 

Permasalahan satu ini sering disebut dengan istilah Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) atau hiperpigmentasi pasca-peradangan. Ciri-ciri dari Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) adalah bintik-bintik gelap yang berwarna abu-abu kehitamanan atau blotchy.

Bukan cuma itu saja, terkadang hal tersebut juga menghasilkan tekstur kulit yang gradakan dan kasar atau uneven. Tak jarang, ketika memegang area tersebut kita bisa merasakannya. Untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, pakailah produk skincare yang mengandung bahan aktif pencerah.

Contohnya ada azelaic acid, vitamin C, alpha arbutin, niacinamide, kojic acid, licorice extract, tranexamic acid, dan yang paling terbaru ada symwhite 377. Yuk, cepat gunakan salah satu kandungan tersebut sebelum terlambat!

Jangan Salah Tangkap antara Hiperpigmentasi dan Panu!
© freepik.com
3
Jangan Salah Tangkap antara Hiperpigmentasi dan Panu!

Adanya Indikasi Hiperpigmentasi Kulit

Rekomendasi kami

Siapa di sini yang tidak pernah pakai sunscreen? Pantas saja jika kulit wajah Anda dipenuhi dengan hiperpigmentasi atau flek-flek hitam. Itu dikarenakan kulit wajah Jelitagenk terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan tidak adanya upaya untuk melindungi kulit wajah.

Padahal Anda bisa pakai sunscreen sebelum pergi beraktivitas agar kulit wajah tetap terlindungi dari sinar UV. Kalau Jelitagenk ingin menghilangkan hiperpigmentasi kulit, Anda bisa menggunakan produk skincare yang anti aging dan mengandung bahan aktif pencerah.

Jelitagenk tidak perlu kebingungan mencari produk terkait karena tim Jelita telah menyediakan beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda beli dengan harga terbaik. Tinggal klik attach link, lalu bayar, deh! Gampang, bukan?

Inilah Alasan Wajah atau Badan Anda Jadi Burik
© freepik.com
4
Inilah Alasan Wajah atau Badan Anda Jadi Burik
Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk secara terus-menerus bisa menyebabkan perubahan warna kulit wajah tidak merata, lho. Untuk mengatasi permasalahan satu ini, Anda harus rutin melakukan eksfoliasi wajah sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Jelitagenk bisa pakai produk skincare khusus eksfoliasi atau scrub wajah ketika melakukan proses eksfoliasi wajah. Selain mengangkat sel kulit mati, nyatanya eksfoliasi wajah juga bisa membasmi komedo hitam ataupun putih yang menumpuk di permukaan kulit wajah Anda.

Sebaiknya, eksfoliasi wajah dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu biar kulit wajah dan badan terbebas dari sel kulit mati maupun komedo. Tidak hanya itu saja, pengangkatan sel kulit mati juga bisa membasmi kulit wajah dan badan yang burik atau mottled.

Temukan Penjelasan dan Arti dari Melasma!
© freepik.com/pressfoto
5
Temukan Penjelasan dan Arti dari Melasma!

Disebabkan oleh Hormon atau Melasma

Penyebab warna kulit wajah tidak merata yang terakhir adalah melasma. Faktanya, melasma merupakan penyakit hipermelanosis yang paling sering ditemui dan biasanya terdapat pada bagian kulit terutama wajah yang paling sering terkena paparan sinar matahari (ER Kaban, 2022:1).

Masalah yang satu ini biasanya menyerang ibu hamil atau perempuan yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Selain itu, perubahan warna kulit wajah juga disebabkan oleh hormon estrogen yang ada di dalam tubuh.

Hormon ini bisa memengaruhi pembentukan enzim tirosinase yang berguna untuk mengatur jumlah melanin pada kulit. Peningkatan hormon esterogen dipengaruhi oleh beberapa hal seperti siklus menstruasi, paparan sinar UV, dan terlalu sering mengkonsumsi obat tertentu. 

Tanya Jawab Seputar Kenapa Warna Kulit Tidak Merata

Eits, jangan ke mana-mana dulu! Pasalnya, Anda harus menyimak section satu ini guna menemukan beberapa informasi dan fakta menarik lainnya. Siapa tahu informasi tersebut bermanfaat untuk Jelitagenk ke depannya. Yuk, simak!  

Apa yang menyebabkan kulit susah putih?

Biasanya, hal satu ini sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari, kulit wajah mengalami peradangan, adanya luka bakar atau bekas jerawat, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, Jelitagenk harus rutin eksfoliasi wajah, rutin menggunakan skincare, selalu pakai sunscreen, dan menerapkan pola makan yang sehat. 

Apakah kulit belang bisa kembali lagi?

Tentu saja bisa. Pasalnya, kulit wajah yang belang itu bersifat tidak sementara. Untuk menghilangkannya, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan warna asli kulit wajah. Sebaiknya, gunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif pencerah, entah itu serum wajah, moisturizer, toner, dan lain-lain. 

Makanan apa yang bisa membuat kulit putih?

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit wajah:

PisangPepayaDelima
TiramLemonWortel
BrokoliJerukIkan Salmon
KiwiAlpukatPaprika
ApelUbiMangga
TomatStoberiKedelai

Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk harus menghindari makanan yang berminyak dan junk food karena bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat dan kulit wajah jadi terlihat kusam. 

Kesimpulan: Kenapa Warna Kulit Tidak Merata

Siapa sangka jika warna kulit yang tidak merata disebabkan oleh kebiasaan diri Anda sendiri, seperti kurang merawat wajah juga badan, selalu makan junk food, kurang air putih, dan lain-lain. Jadi, tidak melulu soal produk perawatan badan atau wajah yang kurang manjur atau efektif.

Pasalnya, permasalahan ini berasal dari kebiasaan buruk Jelitagenk sekalian. Melalui artikel ini, tim Jelita ingin agar Jelitagenk lebih aware dan memperhatikan penampilan diri sendiri dengan merawat badan dan menerapkan pola hidung yang sehat.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut bertujuan untuk menciptakan tampilan kulit wajah dan badan yang halus, lembut, cerah, serta pastinya lebih terawat. Akhir kata, tim Jelita berharap semoga penjelasan di atas dapat jadi pedoman agar Anda tidak melakukannya lagi. Ayo rawat kulit sampai akhir, semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo