Hide Menu

Segera Terapkan 6 Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural dan Cetar Mempesona!

Berikut Tips dan Trik Mengenai Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural, Simak biar Tahu!

Artikel Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural 2024
© istockphoto.com/YakobchukOlena

Do's and Don'ts Ketika Menggambar Alis!

Do's and Don'ts Ketika Menggambar Alis!
istockphoto.com/Jomkwan

Ternyata oh ternyata, Anda harus memerhatikan semua aspek riasan make up demi mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Maka, jangan heran jika semua perempuan berbondong-bondong untuk belajar dan menggali informasi lebih banyak mengenai skill dan teknik make up guna memberikan penampilan yang terbaik dan juga cantik. 

Selain complexion yang harus terlihat smooth dan no crack, faktanya, ada satu aspek lagi yang harus Anda perhatikan, yakni alis. Bukan tanpa sebab, pasalnya, alis merupakan salah satu bagian terpenting yang dapat menyempurnakan penampilan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui do’s and don’ts ketika membuat riasan alis, seperti:

  1. Jangan menggambar alis dari bagian sudut terdalam alis! Alangkah baiknya jika Anda mulai menggambar alis dari setengah sudut terluar alis, kemudian baurkan menggunakan spoolie brush. 
  2. Hendaknya untuk menggunakan pensil alis yang runcing, jangan pake sipat. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk arsiran alis yang lebih sempurna dan juga natural.
  3. Aplikasikan pensil alis dengan posisi miring, bukan tegak lurus. Apabila Anda mengaplikasikan pensil alis secara tegak lurus, maka akan menghasilkan arsiran alis yang tidak alami. 
  4. Pola lengkungan alis bisa saja dinilai kurang tepat dan tidak proporsional. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui teknik membuat lengkungan alis yang pas dan tepat. 
  5. Jangan sampai salah pilih warna pensil alis, ada baiknya untuk menyesuaikan warna pensil alis dengan skintone atau warna rambut Anda.
  6. Jelitagenk tidak membuat arsiran garis yang sama seperti alis Anda. Maka, jangan heran jika penampilan Anda terlihat lebih tua.
  7. Mengaplikasikan pensil alis dengan cara ditekan sehingga hasilnya terlihat lebih tebal dan ngeblok. Sebaliknya, Anda bisa mengaplikasikan pensil alis secara perlahan dan tidak menekannya. 

Rasa-rasanya tidak lengkap jika Jelitagenk belum mengetahui cara menggunakan pensil alis agar terlihat natural. Apakah Anda berminat untuk mengetahui hal tersebut? Rugi lho, kalau Anda tidak melanjutkan artikel ini sampai habis. Nggak perlu baca buku, stay tune saja di sini. Yuk, mulai! 

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural - Terbaru 2024

Faktanya, pemakaian kosmetik bertujuan untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan dengan menambahkan atau merubah penampilannya, seperti menggunakan pensil alis (Ardhania Dinah Gitti Fadhilah, 2022:34). Pasalnya, pensil alis dipercaya dapat mempercantik sekaligus mengubah penampilan seseorang.

Berhubung, tim Jelita sedang membahas mengenai pensil alis, rasa-rasanya tidak lengkap jika tim Jelita belum membagikan beberapa tips dan trik mengenai cara menggunakan pensil alis agar hasilnya natural. Daripada pensaran, yuk, baca sekarang juga!

1
Gunakan Pensil Alis Favorit Anda

Ingin Memakai Pensil Alis yang Mana, Nih?

Gunakan Pensil Alis Favorit Anda

2
Sisir Rambut Alis Anda ke Arah Atas

Jangan Lupa untuk Mengikuti Step yang Satu Ini!

Sisir Rambut Alis Anda ke Arah Atas

3
Tentukan dan Bentuk Titik Alis Anda

Jangan Lupa untuk Membuat Sketsa di Alis Anda!

Tentukan dan Bentuk Titik Alis Anda

4
Buat Garis Bingkai Alis Anda

Kalau Tidak Mau Ribet, Bisa Pakai Alat Cetakan Alis

Buat Garis Bingkai Alis Anda

5
Isi Alis Anda secara Perlahan dan Tipis

Hayo, Jangan Asal Mengisi Bulu Alis, Ya!

Isi Alis Anda secara Perlahan dan Tipis

6
Rapikan Alis agar Hasilnya Natural

Apakah Jelitagenk Berhasil Mengeksekusinya dengan Benar?

Rapikan Alis agar Hasilnya Natural

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ingin Memakai Pensil Alis yang Mana, Nih?
© istockphoto.com/BeeBen14
1
Ingin Memakai Pensil Alis yang Mana, Nih?

Gunakan Pensil Alis Favorit Anda

Rekomendasi kami

Hal pertama yang harus Jelitagenk lakukan sebelum membuat alis adalah memilih pensil alis yang tepat untuk mendapatkan hasil yang natural dan tidak ngeblok seperti Sinchan. Beberapa pilihan pensil alis yang bisa Jelitagenk gunakan adalah sebagai berikut:

  • Eyebrow Pencil

Anda tidak akan menyangka jika pensil alis satu ini sangat direkomendasikan untuk para pemula yang masih belajar dalam membuat alis. Bukan tanpa alasan, pasalnya, pensil alis satu ini berfungsi untuk membingkai sekaligus mengisi alis dengan meniru garis-garis rambut alis. 

  • Eyebrow Pen

Sama halnya dengan eyebrow pencil, faktanya, eyebrow pen termasuk salah satu rekomendasi pensil alis terbaik yang bisa digunakan oleh para pemula. Menariknya lagi, produk satu ini berbentuk layaknya spidol dengan ujung seperti garpu yang dapat menciptakan garis-garis yang mirip dengan rambut alis Anda. 

  • Eyebrow Powder

Pensil alis yang satu ini berfungsi untuk membuat alis Anda tampak lebih padat dan juga berisi. Oleh sebab itulah, eyebrow powder lebih cocok untuk perempuan dengan rambut alis yang tidak terlalu tipis namun memiliki banyak gap di antara rambut-rambut alis. 

  • Eyebrow Pomade

Terakhir, ada eyebrow pomade yang dapat memberikan efek alis yang terlihat lebih bold sehingga cocok untuk sebagian perempuan dengan rambut alis yang tipis. Bagaimana tidak, pasalnya, produk ini dapat Anda gunakan untuk membingkai alis dan membuatnya tampak lebih bervolume dengan hasil yang tahan lama. 

Jangan Lupa untuk Mengikuti Step yang Satu Ini!
© istockphoto.com/YanaTikhonova
2
Jangan Lupa untuk Mengikuti Step yang Satu Ini!

Sisir Rambut Alis Anda ke Arah Atas

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya dari cara membuat alis yang natural adalah menyisir setiap helai rambut alis ke arah atas menggunakan spoolie brush. Hal tersebut bertujuan untuk membuka garis alis bagian bawah agar lebih terlihat dan tidak tertutup rambut alis yang lain.

Selain itu, menyisir setiap helai rambut alis disinyalir dapat mempermudah Jelitagenk ketika mengaplikasikan pensil alis sekaligus membuat garis di bawahnya. Jadi, tim Jelita sarankan untuk membeli pensil alis yang sudah dilengkapi dengan spoolie brush seperti produk yang telah direkomendasikan di atas. 

Jangan Lupa untuk Membuat Sketsa di Alis Anda!
© istockphoto.com/dimid_86
3
Jangan Lupa untuk Membuat Sketsa di Alis Anda!

Tentukan dan Bentuk Titik Alis Anda

Rekomendasi kami

Tutorial membuat alis berikutnya adalah menentukan titik alis agar sesuai dengan bentuk aslinya. Caranya mudah sekali, tentukan titiknya mulai dari pangkal alis, puncak alis untuk membentuk sebuah lengkungan, serta titik ujung alis. Kemudian, Jelitagenk bisa menandainya supaya tidak lupa. 

Sebagai opsi tambahan, Anda juga bisa menentukan titik pangkal alis menggunakan bantuan hidung dan bagian ujungnya dengan bawah sendok. Apabila Jelitagenk menemukan beberapa rambut alis yang berada di luar titik atau jalur, maka Anda bisa mencukurnya secara perlahan atau menggunakan pinset untuk merapikannya. 

Kalau Tidak Mau Ribet, Bisa Pakai Alat Cetakan Alis
© istockphoto.com/Levstudio
4
Kalau Tidak Mau Ribet, Bisa Pakai Alat Cetakan Alis

Buat Garis Bingkai Alis Anda

Rekomendasi kami

Cara buat alis natural berikutnya adalah membuat garis dan bingkai di bagian bawah alis dari ujung sampai pangkal alis Anda. Kemudian, Jelitagenk bisa melanjutkannya dengan membuat garis di bagian atas alis. Setelah itu, sisakan seperempat area di daerah pangkal alis, lalu buat garis secara perlahan pada area tersebut.

Hindari menekan pensil alis terlalu kuat dan membuat garis tebal di bagian pangkal alis sebab bisa memberikan hasil yang tidak natural. Oh iya, pastikan untuk membingkai alis sesuai dengan bentuk wajah Anda supaya hasilnya terlihat lebih natural.

Berikut adalah beberapa cara menentukan bentuk alis sesuai dengan shape wajah Anda.

  • Bentuk Alis untuk Wajah Bulat

Biasanya, wanita yang mempunyai bentuk wajah yang bulat cenderung ingin terlihat lebih tirus atau ramping. Oleh karena itu, tim Jelita sarankan untuk membentuk alis dengan lengkungan yang cukup lancip atau tajam, sehingga wajah Anda tampak lebih panjang. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Lonjong

Bagi Jelitagenk yang mempunyai wajah yang lonjong, maka bentuklah alis yang memanjang datar ke samping untuk mengimbangi dimensi pada bentuk wajah Anda. Selain itu, Jelitagenk juga harus berhati-hati, jangan sampai alis yang sudah Anda gambar jadi terlalu panjang karena dapat memberikan kesan sayu pada mata Anda.

  • Bentuk Alis untuk Wajah Oval

Apabila Jelitagenk memiliki wajah oval, maka Jelitagenk bisa membentuk alis yang sedikit melengkung agar tulang pipi dan rahang Anda terlihat lebih menonjol. Pastikan lengkungan tersebut tidak terlalu tinggi karena hal tersebut dapat memberikan kesan memanjang pada wajah Anda. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Kotak

Umumnya, perempuan yang mempunyai bentuk wajah kotak cenderung memiliki garis rahang yang tegas dan tulang pipi lebar. Untuk mengimbangi hal tersebut, Anda disarankan untuk membentuk alis dengan lengkungan yang meninggi di ujung alis. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan yang lembut dan lonjong di wajah. 

Hayo, Jangan Asal Mengisi Bulu Alis, Ya!
© istockphoto.com/yanik88
5
Hayo, Jangan Asal Mengisi Bulu Alis, Ya!

Isi Alis Anda secara Perlahan dan Tipis

Rekomendasi kami

Apabila alis telah terbingkai rapi, maka langkah selanjutnya adalah mengisi keseluruhan bulu alis yang ada di dalam garis. Akan tetapi, perlu diingat kembali jika Jelitagenk harus mengisinya secara perlahan mengikuti arah tumbuhnya rambut alis. 

Untuk mendapatkan hasil alis yang natural, tim Jelita menyarankan Jelitagenk untuk menggunakan pensil alis secara lembut tanpa perlu menekannya. Selain itu, Jelitagenk tidak boleh mengisi keseluruhan bulu alis secara sembarang. Pasalnya, hal tersebut dapat memengaruhi hasil alis Anda kedepannya. 

Jadi, tim Jelita sarankan untuk mengisi bulu alis dari bagian ujung atau belakang alis terlebih dahulu. Baru deh, Anda boleh mengisi bulu alis hingga ke bagian pangkal alis. Eits, tunggu dulu! Masalahnya, Jelitagenk tidak diperbolehkan untuk mengaplikasikan pensil alis secara berlebihan di bagian depan alis karena hasilnya akan terlihat kotak dan tidak alami. 

Apakah Jelitagenk Berhasil Mengeksekusinya dengan Benar?
© istockphoto.com/OlgaIhnatsyeva
6
Apakah Jelitagenk Berhasil Mengeksekusinya dengan Benar?

Rapikan Alis agar Hasilnya Natural

Rekomendasi kami

Langkah terakhir dari cara bikin alis natural adalah merapikan kembali bulu alis yang sudah terbentuk dengan spoolie brush. Caranya mudah sekali, sisir setiap helai bulu alis ke arah atas kecuali bagian ujung alis guna memberikan ilusi alis yang penuh dan tebal. 

Jikalau Jelitagenk mempunyai bulu alis yang lebat dan panjang, maka tim Jelita menyarankan Anda untuk menggunakan brow mascara atau brow wax. Hal tersebut bertujuan untuk menata bulu alis Anda agar tetap berada di tempatnya. 

Bukan cuma itu saja, pasalnya, ada satu step lagi yang harus Anda ikuti, yakni mengaplikasikan concealer atau foundation di pinggiran alis bagian bawah dan juga atas. Bukan tanpa sebab, faktanya, step satu ini bertujuan untuk memberikan penampilan alis yang on point, bagus, dan juga rapi. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural

Apakah Jelitagenk masih penasaran mengenai cara menggunakan pensil alis agar hasilnya natural? Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir karena tim Jelita telah menyediakan beberapa informasi tambahan lainnya yang dijamin bermanfaat. Tanpa basa-basi, segera simak penuturan di bawah ini!

Apakah menggambar alis harus selalu menggunakan pensil alis berwarna hitam?

Gak harus, sih. Pasalnya, Jelitagenk bisa memilih shade pensil alis dengan menyesuaikan warna rambut Anda. Sebagai contoh, apabila Jelitagenk mempunyai warna rambut gelap, maka pilih shade pensil alis yang sedikit lebih terang. Selain itu, Anda juga bisa memilih pensil alis berwarna coklat tua untuk hasil alis yang lebih natural. 

Bagaimana cara pemilihan warna pensil alis sesuai skintone?

Berikut cara pemilihan warna pensil alis sesuai dengan warna kulit:

Jenis-Jenis SkintoneCara Pemilihan Pensil Alis
Kulit Cerah
  • Pilih pensil alis berwarna cokelat muda untuk hasil yang natural
  • Untuk hasil yang lebih bold, bisa menggunakan pensil alis berwarna hitam atau ebony
Kulit Kuning LangsatGunakan pensil alis berwarna netral seperti cokelat
Kulit Sawo MatangPakai pensil alis berwarna dark brown atau black brown
Kulit Gelap
  • Bisa menggunakan pensil alis berwarna abu kehitaman, ebony, atau hitam
  • Untuk Anda yang mempunyai warm undertone, bisa memakai pensil alis berwarna dark brown

Apakah eyeliner bisa digunakan untuk pensil alis?

Sebenarnya bisa. Akan tetapi, tim Jelita tidak terlalu menyarankan hal tersebut. Bukan tanpa sebab, pasalnya, alis Anda akan terlihat lebih bold dan tidak natural. Maka dari itu, tim Jelita tidak menyarankan hal ini untuk Jelitagenk yang menyukai hasil alis natural. 

Kesimpulan: Cara Menggunakan Pensil Alis agar Terlihat Natural

Melalui artikel ini, tim Jelita berharap agar Jelitagenk sekalian sudah tidak bingung lagi ketika ingin mengaplikaskan pensil alis, terutama Jelitagenk yang masih pemula. Bukankah langkah-langkah di atas tergolong sangat mudah? Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mencobanya di rumah.

Selain itu, langkah-langkah di atas juga bisa Jelitagenk gunakan untuk menyempurnakan hasil riasan Anda sehari-hari. Bukan cuma itu saja, faktanya, Anda juga bisa sulam alis jika terlalu mager untuk membuat alis dengan pensil alis atau produk lainnya. Akan tetapi, itu semua kembali ke pilihan dan selera masing-masing.

Oh iya, tim Jelita juga telah menyediakan beberapa rekomendasi produk terkait membuat alis natural untuk Jelitagenk sekalian. Jika ingin berlatih, pastikan Anda segera membeli produk tersebut sebelum kehabisan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo