Hide Menu

Tabir Surya Ada 2, Apa Bedanya? Ini 5 Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen yang Jelas

Sudah Siap Mengetahui Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen? Segera Simak Penuturan Selengkapnya di Jelita!

Artikel Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen ini diposting diperbarui
16 Pembaca
Like
Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen 2024
© istockphoto.com/TheAtticoStudio

Jangan Pernah Menyepelekan Sunscreen!

Jangan Pernah Menyepelekan Sunscreen!
istockphoto.com/romashkacom

Hola Jelitagenk, pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan mengajak Anda untuk mengenal sunscreen lebih dalam. Pastikan Anda memiliki waktu luang untuk membaca artikel ini. Pasalnya, tim Jelita berhasil mengumpulkan banyak sekali informasi yang tidak bisa Anda temukan di mana saja. Kepo, ya? Yuk, simak penuturan di bawah ini!

Siapa yang masih menyepelekan sunscreen? Waduh, kok berani banget, ya? Faktanya, ada banyak orang yang berbondong-bondong untuk menggunakan sunscreen secara rutin. Tidak lain dan tidak bukan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang membawa pengaruh buruk bagi kesehatan kulit, seperti terkena kanker kulit. Amit-amit, deh! Maka dari itu, jangan pernah skip pemakaian sunscreen!

Nah, Anda bisa menyimak artikel ini agar tahu perbedaan chemical dan physical sunscreen untuk menentukan produk mana yang lebih baik. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melewatkan satu pun  informasi agar tidak menyesal di kemudian hari. Sudah siap untuk membacanya? Let’s go, scroll artikel ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen - Terbaru 2024

Apakah Anda sudah tidak sabar untuk menjelajahi perbedaan chemical dan physical sunscreen bersama tim Jelita? Tanpa berlama-lama lagi, segera simak pembahasan menarik ini dan jangan lewatkan satu pun!

1
Cara Pemakaian yang Berbeda

Eh, Bukannya Sama Saja, Ya?

Cara Pemakaian yang Berbeda

2
Kandungan Bahan Aktif atau Formula

Adakah Penjelasan Lebih Lengkapnya?

Kandungan Bahan Aktif atau Formula

3
Perbedaan Konsistensi Produk

Rasakan Perbedaan Teksturnya Secara Langsung!

Perbedaan Konsistensi Produk

4
Cara Kerja Kedua Produk Tersebut

Memang Fungsinya Sama, tetapi Cara Kerjanya Berbeda

Cara Kerja Kedua Produk Tersebut

5
Tipe Kulit untuk Setiap Produk

Jangan Sampai Salah Pakai Produk!

Tipe Kulit untuk Setiap Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Eh, Bukannya Sama Saja, Ya?
© istockphoto.com/JLco-AnaSuanes
1
Eh, Bukannya Sama Saja, Ya?

Cara Pemakaian yang Berbeda

Rekomendasi kami

Ternyata, perbedaan physical dan chemical sunscreen dapat Anda lihat melalui cara pemakaian kedua produk ini. Pasalnya, pemakaian chemical sunscreen akan membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit sebelum untuk beraktivitas di luar ruangan. 

Sementara itu, physical sunscreen bisa langsung Anda gunakan ketika beraktivitas di luar ruangan tanpa perlu repot dan super praktis. Selain itu, physical sunscreen mampu bekerja lebih cepat dibanding chemical sunscreen untuk melindungi kulit dan Jelitagenk tidak perlu memakainya sesering mungkin. 

Adakah Penjelasan Lebih Lengkapnya?
© istockphoto.com/fizkes
2
Adakah Penjelasan Lebih Lengkapnya?

Kandungan Bahan Aktif atau Formula

Rekomendasi kami

Tahukah Anda mengenai kandungan atau formula yang terdapat pada chemical dan physical sunscreen? Lantas, bagaimana cara membedakan kedua produk tersebut menggunakan kandungan yang ada?

Umumnya, physical sunscreen mengandung bahan aktif berbasis mineral, yakni zinc oxide atau zinc oksida untuk memecah sinar UV dan titanium dioxide untuk memantulkan sinar UV. Sedangkan, chemical sunscreen diperkaya dengan kandungan octinoxate, oxybenzone, avobenzone, dan octisalate yang disinyalir mampu menyerap sinar UV.

Rasakan Perbedaan Teksturnya Secara Langsung!
© istockphoto.com/Youngoldman
3
Rasakan Perbedaan Teksturnya Secara Langsung!

Perbedaan Konsistensi Produk

Rekomendasi kami

Cara membedakan chemical dan physical sunscreen berikutnya adalah melalui konsistensi atau tekstur kedua produk. Faktanya, chemical sunscreen memilki tekstur yang hampir mirip dengan pelembab karena teksturnya yang ringan dan mudah untuk diaplikasikan. Selain itu, chemical sunscreen tidak meninggalkan white cast pada wajah Anda.

Sedangkan physical sunscreen memiliki konsistensi yang cenderung lebih heavy atau padat dan meninggalkan white cast. Hal tersebut dikarenakan sunscreen ini membentuk lapisan pelindung agar kulit Anda terhindar dari sengatan sinar UV dan paparan sinar matahari.

Memang Fungsinya Sama, tetapi Cara Kerjanya Berbeda
© istockphoto.com/edwintcg
4
Memang Fungsinya Sama, tetapi Cara Kerjanya Berbeda

Cara Kerja Kedua Produk Tersebut

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Anda bisa membedakan chemical dan physical sunscreen melalui cara kerja kedua produk dalam memberikan proteksi dari sinar UV. Biasanya, physical sunscreen akan melindungi kulit Anda dengan membentuk lapisan di permukaan kulit untuk menangkal sinar UV sebelum masuk ke dalam lapisan kulit. 

Berbeda dengan physical sunscreen, faktanya, chemical sunscreen akan menyaring sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Hal tersebut bertujuan agar paparan sinar UV tidak masuk ke lapisan kulit terdalam Anda. Jangan senang dulu, pasalnya, chemical sunscreen tidak bisa 100% menyaring sinar UV. Oleh sebab itu, Anda harus rajin re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali. 

Jangan Sampai Salah Pakai Produk!
© istockphoto.com/Voyagerix
5
Jangan Sampai Salah Pakai Produk!

Tipe Kulit untuk Setiap Produk

Rekomendasi kami

Siapa sangka jika physical sunscreen dapat digunakan untuk semua tipe kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat. Arti dari pernyataan tersebut dibuktikan dengan cara kerja physical sunscreen yang tidak terserap masuk ke lapisan kulit dan hanya melapisi permukaan kulit. 

Sebaliknya, chemical sunscreen kurang cocok untuk kulit sensitif sebab mengandung bermacam-macam bahan kimia yang mampu menimbulkan reaksi alergi. Oleh sebab itu, sunscreen ini sangat disarankan untuk Jelitagenk dengan kulit berminyak karena mampu menahan produksi minyak berlebih. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen

Untuk Jelitagenk yang mempunyai pertanyaan mengenai perbedaan chemical dan physical sunscreen, maka wajib menyimak section ini. Yuk, temukan jawaban seputar chemical vs physical sunscreen!

Apa bedanya physical sunscreen dengan hybrid sunscreen?

Pada dasarnya, chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas agar tidak masuk ke lapisan kulit terdalam. Sedangkan hybrid sunscreen merupakan inovasi terbaru dan penggabungan antara chemical dan physical sunscreen.

Untuk Anda yang tertarik membeli hybrid sunscreen, maka tim Jelita menyarankan Anda untuk menggunakan Skin Aqua UV Moisture Gel. Hybrid sunscreen. Contoh produk ini juga bersifat non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit Jelitagenk. 

Apakah chemical sunscreen wudhu friendly?

Pastinya, dong. Faktanya, chemical sunscreen adalah salah satu jenis sunscreen yang memiliki tekstur yang cair sehingga mudah dibersihkan dengan air dan warnanya mudah luntur. Selain itu, sunscreen yang wudhu friendly juga wajib mempunyai sertifikasi halal MUI.

Apakah sunscreen akan hilang jika terkena keringat?

Pasalnya, pemakaian sunscreen saat pagi hari cenderung mudah luntur dan kemampuan proteksinya akan hilang sedikit demi sedikit jika terkena keringat selama Anda beraktivitas. Menurut American Academy of Dermatology, penggunaan sunscreen yang dianjurkan ialah setiap hari dan wajib untuk re-apply setiap 2 jam sekali.

Kesimpulan: Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen

Anda akan disuguhkan dengan banyak pilihan produk kecantikan, salah satunya adalah sunscreen. Pasalnya, Anda akan membutuhkan tabir surya untuk mencegah radiasi sinar UV dan menjaga kulit agar tetap sehat (Linda Fajriah, 2021:1)

Selain itu, Jelitagenk bisa membeli chemical atau physical sunscreen lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan brand luar negeri. Buktinya saja, tim Jelita telah menyediakan rekomendasi sunscreen lokal yang aman dengan harga terjangkau. Segera dapatkan sebelum sold out!

Perlu diingat kembali, untuk membeli sunscreen sesuai kebutuhan dan tipe kulit masing-masing, ya? Oh iya, jangan salah kaprah, pasalnya, sunscreen dan sunblock adalah 2 produk yang berbeda mulai dari tekstur dan fungsinya. Tim Jelita rasa informasi di atas sudah cukup membantu. Maka, sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo