Hide Menu

Simak 5 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock untuk Anda yang Bingung Membedakannya!

Ayo, Pahami Lebih Lanjut Mengenai Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Sebelum Memutuskan untuk Belanja!

Artikel Perbedaan Sunscreen dan Sunblock ini diposting diperbarui
36 Pembaca
Like
Perbedaan Sunscreen dan Sunblock 2024
© freepik.com

Mana yang Lebih Penting, Sunblock atau Sunscreen?

Mana yang Lebih Penting, Sunblock atau Sunscreen?
freepik.com

Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, produk mana yang lebih bagus antara sunscreen atau sunblock? Pasalnya, kedua produk ini memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga penggunaannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila Anda menginginkan hasil akhir yang light weight dan tidak lengket untuk kegiatan sehari-hari, maka tim Jelita menyarankan Anda untuk menggunakan sunscreen. Sedangkan, sunblock bisa Anda gunakan untuk melindungi badan dan wajah ketika berjemur di pantai. 

Sebenarnya, ada banyak sekali sunscreen dan sunblock yang bisa Anda temukan dengan harga yang bervariasi. Namun, yang paling penting adalah memilih sunscreen dan sunblock yang bagus dan aman. Nah, untuk Anda yang masih bingung membedakan kedua produk tersebut bisa menyimak penjelasan artikel ini yang membahas tentang perbedaan sunscreen dan sunblock. So, stay tune!

Penjelasan Mengenai Sunscreen dan Sunblock

Penjelasan Mengenai Sunscreen dan Sunblock
freepik.com

Menurut Linda Fajriah (2021), untuk mencegah terjadinya efek dari radiasi sinar UV, maka kulit membutuhkan perlindungan dengan menggunakan tabir surya yang baik dan tepat. 

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk mulai berkenalan dengan sunscreen dan sunblock. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui pengertian dan fungsinya. Simak penuturan di bawah ini dan jangan sampai terlewat sedikitpun!

  • Sunscreen

Pengertian sunscreen itu sendiri adalah lotion tabir surya yang mampu menembus dan terserap oleh kulit Anda sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Biasanya, sunscreen mengandung sederet bahan kimia aktif yang bertindak sebagai anti radiasi sinar UV. 

Selain itu, sunscreen tidak memiliki warna dan meninggalkan residu dengan tekstur yang tipis dan ringan sehingga bisa Anda gunakan di bawah make up. Cocok banget nih, untuk Anda yang ingin melindungi kulit wajah meskipun menggunakan make up. 

  • Sunblock

Sunblock memiliki arti tersendiri, yaitu lotion tabir surya yang dapat menghalangi sinar matahari dengan membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit. Umumnya, sunblock menggunakan kandungan bahan aktif kimia seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Berkat kedua kandungan tersebut, sunblock menjadi produk paling minim yang menyebabkan reaksi alergi karena tidak terlalu menyerap ke dalam kulit. Biasanya, sunblock memiliki tekstur yang kental dan berwarna putih susu. Ingat, warnanya putih susu, bukan coklat, ya!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock - Terbaru 2024

Apakah informasi di atas sudah cukup membantu atau Anda ingin informasi yang lebih akurat lagi? Tim Jelita telah menyiapkan informasi yang paling akurat dari yang Anda temui belakangan ini. Tanpa berlama-lama lagi, simak penuturan di bawah ini!

1
Tekstur Kedua Produk

Aplikasikan Secara Bersamaan dan Rasakan Perbedaannya!

Tekstur Kedua Produk

2
Kandungan yang Digunakan

Memang Apa sih yang Membedakan Keduanya?

Kandungan yang Digunakan

3
Cara Pemakaian yang Berbeda

Cara Pemakaiannya pun Berbeda Juga?

Cara Pemakaian yang Berbeda

4
Cara Kerja dalam Melindungi Kulit

Melindungi Kulit dengan Mekanisme yang Berbeda

Cara Kerja dalam Melindungi Kulit

5
Hasil Akhir Kedua Produk

Apa Perbedaan Finish Look Keduanya?

Hasil Akhir Kedua Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Aplikasikan Secara Bersamaan dan Rasakan Perbedaannya!
© freepik.com
1
Aplikasikan Secara Bersamaan dan Rasakan Perbedaannya!

Tekstur Kedua Produk

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, sunscreen dan sunblock adalah dua produk yang memiliki tekstur yang berbeda. Mungkin sebagian Jelitagenk tidak terlalu memperhatikan tekstur kedua produk ini karena Anda hanya dapat merasakan teksturnya ketika mengaplikasikannya. 

Biasanya, sunscreen memiliki  tekstur yang cenderung lebih ringan sehingga mudah menyerap ke kulit tanpa menunggu waktu yang lama. Selain itu, Anda bisa menggunakan sunscreen ketika berkegiatan sehari-hari agar kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari.

Sedangkan sunblock mempunyai tekstur yang lebih kental dan sulit terserap ke kulit. Itulah sebabnya sunblock lebih cocok Anda aplikasikan untuk tangan dan kaki. Saat mengaplikasikan sunblock, Anda bisa merasakan kulit menjadi lebih kaku dan membentuk lapisan fisik yang terlihat jelas.

Memang Apa sih yang Membedakan Keduanya?
© freepik.com/atlascompany
2
Memang Apa sih yang Membedakan Keduanya?

Kandungan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Tim Jelita akan menjelaskan faktor perbedaan sunscreen dan sunblock berikutnya, yaitu kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya. Dengan mengetahui kandungan bahan aktif yang ada di sunscreen dan sunblock, diharapkan Anda dapat memilih produk mana yang aman untuk kulit Anda.

Pada dasarnya, sunblock menggunakan kandungan bahan aktif yang terdiri dari titanium dioxide dan zinc oxide. Kandungan bahan aktif tersebut dapat bekerja secara efektif untuk memantulkan kembali sinar matahari yang mengenai lapisan kulit Anda. 

Sedangkan sunscreen mengandung bahan aktif oxybenzone atau avobenzone. Kedua kandungan tersebut bertujuan untuk menyerap sinar UV dan meminimalisir bahaya sinar UV sebelum menembus lapisan dermis kulit Jelitagenk.

Cara Pemakaiannya pun Berbeda Juga?
© freepik.com
3
Cara Pemakaiannya pun Berbeda Juga?

Cara Pemakaian yang Berbeda

Rekomendasi kami

Ternyata, kedua produk ini dapat Anda bedakan melalui cara pemakaiannya. Mungkin selama ini Anda menganggap jika sunscreen dan sunblock memiliki cara pemakaian yang sama. Maka dari itu, Anda bisa menyimak penjelasan lebih lengkap dan temukan perbedaannya seperti di bawah ini:

  • Sunscreen

Agar seluruh kandungan sunscreen dapat tercampur merata, maka Anda harus mengocok kemasan sunscreen terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa menuangkan sunscreen sebanyak 2 jari tangan dan ratakan ke seluruh muka.

Biasanya, sunscreen membutuhkan waktu agar dapat meresap secara maksimal ke dalam kulit Jelitagenk. Oleh karena itu, Anda harus mengaplikasikan sunscreen 30 sampai 40 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

  • Sunblock

Berbeda dengan cara pemakaian sunscreen yang cukup memakan banyak waktu, kali ini tim Jelita akan menjelaskan cara pemakaian sunblock yang benar. Anda bisa mengaplikasikan sunblock tanpa perlu mengocok kemasannya terlebih dahulu.

Kemudian, Anda bisa meratakan sunblock ke beberapa bagian badan yang sering terkena paparan sinar matahari. Sebaiknya, Anda mengaplikasikan sunblock setidaknya 20 menit sebelum beraktivitas.

Melindungi Kulit dengan Mekanisme yang Berbeda
© freepik.com/gpointstudio
4
Melindungi Kulit dengan Mekanisme yang Berbeda

Cara Kerja dalam Melindungi Kulit

Rekomendasi kami

Faktanya, faktor yang paling utama ketika membedakan sunscreen dan sunblock itu terletak pada cara kerja produknya. Memang kedua produk ini dapat melindungi kulit dari sinar matahari, namun dengan cara kerja yang berbeda. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  • Sunscreen

Umumnya, sunscreen bekerja dengan cara memfilter paparan sinar matahari sebelum menembus lapisan kulit Anda secara langsung. Menariknya lagi, penggunaan sunscreen disinyalir tidak mampu melindungi kulit secara maksimal.

Hal tersebut dikarenakan sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB saja. Oleh sebab itu, Anda harus re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali. 

  • Sunblock

Sementara itu, sunblock diartikan sebagai periasi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Hal tersebut dibuktikan dengan cara kerja sunblock yang membentuk lapisan fisik di atas kulit untuk memantulkan sinar UV agar tidak menembus lapisan kulit Anda. 

Selain itu, sunblock memiliki cara kerja yang lebih efektif dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Uniknya lagi, produk ini memiliki sifat yang lebih tahan lama daripada sunscreen sehingga Anda tidak perlu repot-repot re-apply sunblock setiap beberapa jam. 

Apa Perbedaan Finish Look Keduanya?
© freepik.com/anastasiakazakova
5
Apa Perbedaan Finish Look Keduanya?

Hasil Akhir Kedua Produk

Rekomendasi kami

Kali ini, tim Jelita akan menjelaskan faktor terakhir untuk membedakan sunscreen dan sunblock, yaitu hasil akhir keduanya. Hasil akhir sunscreen dan sunblock tidak terlalu ketara jika dilihat secara langsung, melainkan harus Anda aplikasikan terlebih dahulu. 

Biasanya, sunscreen tidak meninggalkan whitecast dan memiliki warna yang cenderung mengikuti kulit asli setelah Anda aplikasikan ke seluruh wajah. Meskipun ada beberapa sunscreen yang meninggalkan whitecast, tapi Anda tidak perlu risau karena efek tersebut akan memudar. 

Sementara itu, sunblock meninggalkan whitecast yang membuat kulit Anda jadi lebih putih dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang kental sehingga susah meresap ke dalam kulit. Sehingga, Anda harus menunggu beberapa saat sampai sunblock yang Anda gunakan dapat terserap sempurna ke kulit Jelitagenk.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Jelitagenk bisa saja merasa clueless tentang perbedaan sunscreen dan sunblock. Kali ini, tim Jelita berhasil menemukan beberapa pertanyaan terpilih yang barangkali bisa menjawab rasa penasaran Anda. Ayo, baca sekarang juga!

Apa boleh memakai sunscreen dan sunblock bersamaan?

Tim Jelita tidak merekomendasikan pemakaian sunscreen dan sunblock secara bersamaan. Bukankah hal tersebut sangat lebay? Pasalnya, jika Anda menggabungkan kedua produk tersebut justru kurang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Apakah sunblock bisa dipakai di wajah?

Bisa, dong. Malahan tim Jelita merekomendasikan Jelitagenk untuk menggunakan sunblock wajah saat beraktivitas di indoor atau outdoor. Sebenarnya, tidak jadi masalah, tetapi ada baiknya untuk membeli sunblock khusus untuk wajah. Ada satu produk sunblock yang khusus untuk wajah, contohnya Sun Block FF.

Jika sudah pakai day cream apa harus pakai sunscreen?

Kebanyakan dokter kulit menyaarankan untuk memakai tabir surya atau sunscreen setelah pemakaian day cream untuk mengoptimalkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari. Oh iya, jangan lupa untuk selalu re-apply tabir surya setiap beberapa jam sekali!

Apakah boleh memakai sunscreen tapi tidak memakai pelembab?

Boleh jika Anda berniat menggunakan sunscreen saja tanpa pelembap atau moisturizer. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat, jika keputusan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan tipe kulit dan produk yang Jelitagenk gunakan. Menurut tim Jelita, sebaiknya Anda menggunakan kombinasi kedua produk tersebut guna melindungi kesehatan kulit agar terlindungi dari sinar sinar UV dan kulit Anda tetap terhidrasi.

Kesimpulan: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Tim Jelita berharap agar Anda lebih mengerti apa yang dimaksud dengan sunscreen dan sunblock sebelum membelinya. Memang keduanya sama-sama lotion tabir surya dengan manfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Melalui pembahasan ini, Anda jadi lebih mengetahui faktor perbedaan kedua produk tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk berbelanja. Nah, untuk Anda yang ingin melindungi kulit dan wajah, maka bisa membeli kedua produk tersebut secara bersamaan. Jadi, tunggu apalagi? Segera tentukan ingin membeli yang mana dulu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo