Hide Menu

Ketahui 5 Perbedaan Day Cream dan Sunscreen yang Super Informatif dan Sangat Membantu!

Mana yang Lebih Penting, Day Cream atau Sunscreen? Cari Tahu Perbedaan Day Cream dan Sunscreen Hanya di Jelita!

Artikel Perbedaan Day Cream dan Sunscreen ini diposting diperbarui
13 Pembaca
Like
Perbedaan Day Cream dan Sunscreen 2024
© istockphoto.com/Andrii_Zastrozhnov

Kombo Terbaik untuk Melindungi Kulit Wajah

Kombo Terbaik untuk Melindungi Kulit Wajah
istockphoto.com/kitthanes

Siapa bilang day cream lebih penting dibanding sunscreen dan begitu pula sebaliknya? Faktanya, kedua produk tersebut sama-sama penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jadi, tidak ada pilihan mana yang lebih baik. Namun bukan berarti, Anda bisa mengesampingkan kedua produk ini begitu saja.

Arti dari pernyataan di atas adalah peringatan untuk semua Jelitagenk agar rutin menggunakan day cream dan sunscreen yang menjadi kombo terbaik dan disukai oleh beauty enthusiast. Pasalnya, sunscreen mampu memberikan perlindungan untuk kulit, sedangkan day cream akan melembapkan dan mencerahkan kulit Anda. Double manfaatnya!

Untuk melanjutkan pembahasan mengenai day cream dan sunscreen, kali ini, tim Jelita akan mengajak Anda untuk mengenal perbedaan day cream dan sunscreen. Anda tidak akan rugi jika membaca artikel ini sampai habis, percaya deh! Yuk, baca penjelasannya lebih lanjut!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Day Cream dan Sunscreen - Terbaru 2024

Mari, merapat untuk semua Jelitagenk karena sudah waktunya untuk membaca penjelasan mengenai perbedaan day cream dan sunscreen dengan saksama. Sudah siap? Go go go!

1
Aroma dan Tekstur yang Dimiliki

Anda Bisa Merasakan Perbedaannya, Percaya Deh!

Aroma dan Tekstur yang Dimiliki

2
Manfaat dari Masing-Masing Produk

Rugi Kalau Asal Pakai Tanpa Tahu Manfaatnya

Manfaat dari Masing-Masing Produk

3
Waktu Pemakaian yang Berbeda

Eh, Berbeda Dari Mananya, Nih?

Waktu Pemakaian yang Berbeda

4
Kandungan Bahan Aktif dari Kedua Produk

Temukan Perbedaan Kandungan beserta Formula Produk!

Kandungan Bahan Aktif dari Kedua Produk

5
Kandungan SPF dari Kedua Produk

Emang Day Cream Punya Kandungan SPF?

Kandungan SPF dari Kedua Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Anda Bisa Merasakan Perbedaannya, Percaya Deh!
© istockphoto.com/LaylaBird
1
Anda Bisa Merasakan Perbedaannya, Percaya Deh!

Aroma dan Tekstur yang Dimiliki

Rekomendasi kami

Pertama-tama, hal yang paling dasar ketika membedakan day cream dan sunscreen adalah aroma dan tekstur yang dimiliki oleh kedua produk. Mungkin Anda akan beranggapan bukannya sama saja? Tentu saja berbeda. 

Seiring berjalannya waktu, ada banyak brand kecantikan yang mengeluarkan sunscreen dalam bentuk spray, cream, gel, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda tidak akan menemukan sunscreen yang beraroma, beda lagi jika itu sunblock. Bukankah terlihat aneh jika sunscreen yang Anda pakai memiliki aroma?

Sebaliknya, day cream hanya memiliki 1 tekstur saja, yaitu krim dengan konsistensi yang padat. Ada beberapa produk day cream yang memiliki aroma lembut dan ada yang tidak. Nah, apabila Anda menemukan day cream dengan aroma yang menusuk hidung, maka perlu diwaspadai, tuh. 

Rugi Kalau Asal Pakai Tanpa Tahu Manfaatnya
© istockphoto.com/jacoblund
2
Rugi Kalau Asal Pakai Tanpa Tahu Manfaatnya

Manfaat dari Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Memang benar adanya, jika day cream dan sunscreen termasuk contoh produk kecantikan wajah. Namun, tahukah Anda manfaat dari masing-masing produk? Jika belum mengetahuinya, maka Anda bisa menemukan perbedaannya melalui tabel di bawah ini:

Day CreamSunscreen
Memberi kelembapan pada kulit wajahMelindungi kulit dari paparan sinar UV
Melindungi permukaan kulit wajahMenjaga warna kulit agar tetap merata
Memberikan perawatan anti-agingMencegah kulit terbakar atau sunburn
Memperbaiki skin barrierMenghindari resiko kanker kulit
Meningkatkan warna kulit wajahMengurangi flek dan noda hitam
Menenangkan kulit kering dan sensitifMencegah munculnya komedo
Melembutkan permukaan kulit wajahMenghindari terjadinya penuaan dini
Eh, Berbeda Dari Mananya, Nih?
© istockphoto.com/DrazenZigic
3
Eh, Berbeda Dari Mananya, Nih?

Waktu Pemakaian yang Berbeda

Rekomendasi kami

Siapa sangka jika waktu pemakaian day cream dan sunscreen sama-sama dipakai ketika pagi hari? Tetapi, ada perbedaan dari hal tersebut. Hayo, apakah Anda sudah menebaknya? Yuk, bahas bersama-sama dengan tim Jelita!

Biasanya, pemakaian day cream diaplikasikan terlebih dahulu sebelum mengoleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Namun, yang menjadi pembandingnya adalah penggunaan sunscreen yang wajib re-apply setiap 2 sampai 3 jam sekali. Apalagi kalau di pantai, harus sering-sering re-apply.

Sementara itu, day cream hanya dipakai ketika di pagi atau siang hari saja. Selain itu, Anda tidak perlu mengaplikasikan day cream berulang kali seperti sunscreen. Nah, untuk night cream bisa Anda gunakan ketika malam hari sebagai pengganti day cream. 

Oleh sebab itu, Anda bisa mengaplikasikan toner setelah mencuci wajah, kemudian Anda bisa menggunakan serum wajah. Nah, untuk sunscreen bisa Anda aplikasikan setelah pemakaian day cream dengan jeda waktu beberapa menit.

Temukan Perbedaan Kandungan beserta Formula Produk!
© istockphoto.com/paulynn
4
Temukan Perbedaan Kandungan beserta Formula Produk!

Kandungan Bahan Aktif dari Kedua Produk

Rekomendasi kami

Umumnya, kandungan pada day cream disesuaikan dengan fungsi dari produk itu sendiri. Namun ada beberapa produk day cream yang menggunakan hyaluronic acid, ceramide, glycolic acid, glycerin, kolagen, lactic acid, dan lain-lain sebagai kandungan pokok. 

Berbeda dengan day cream, sunscreen menggunakan titanium dioxide, zinc oxide, octinoxate, oxybenzone, avobenzone, dan octisalate sebagai bahan utama. Faktanya, sunscreen akan mencampurkan kandungan pendukung lainnya untuk menyokong kandungan utama. 

Emang Day Cream Punya Kandungan SPF?
© istockphoto.com/melecis
5
Emang Day Cream Punya Kandungan SPF?

Kandungan SPF dari Kedua Produk

Rekomendasi kami

Tips terakhir yang bisa Anda gunakan ketika membedakan day cream dan sunscreen ialah mengecek kandungan SPF pada masing-masing produk. Seiring berkembangnya zaman, banyak brand kecantikan yang memunculkan inovasi terbaru, yaitu day cream dengan kandungan SPF.

Namun sayangnya, kandungan SPF pada day cream kurang efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV. Mengapa tidak, pasalnya, day cream hanya memiliki SPF 10 sampai 15. Bukankah itu sama halnya Anda bergantung pada sehelai tali? Itu tidak berpengaruh apapun dalam melindungi kulit.

Lain halnya dengan sunscreen yang lebih efektif dalam memberikan perlindungan untuk kulit Anda. Pasalnya, sunscreen memiliki SPF 35 hingga 100. Tetapi ahli kulit menyarankan Anda untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 35 sebab jumlah tersebut mampu melindungi kulit Anda sebesar 97% dari sinar UVB.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Day Cream dan Sunscreen

Apakah ada beberapa informasi mengenai perbedaan day cream dan sunscreen yang membuat Jelitagenk bingung? Tenang, karena tim Jelita telah menyediakan beberapa pertanyaan yang dapat menjawab pertanyaan Anda. Ayo, baca selengkapnya!

Setelah memakai day cream apakah perlu memakai sunscreen?

Hal tersebut wajib untuk Anda lakukan agar kulit Anda terhindar dari radiasi sinar matahari yang membawa pengaruh buruk pada kulit. Oleh sebab itu, Anda harus menutup semua rangkaian skincare di pagi hari dengan pengaplikasian tabir surya atau sunscreen. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi reaksi alergi yang berbahaya. 

Apa yang lebih dulu sunscreen atau day cream?

Alangkah baiknya, untuk mengaplikasikan day cream terlebih dahulu, kemudian Anda bisa menggunakan sunscreen dan melanjutkan dengan pemakaian bb cream, primer, bedak, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus sering-sering re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali. 

Berapa lama jarak pemakaian day cream dan sunscreen?

Menurut tim Jelita, Anda harus memberi jeda waktu selama 5-10 menit agar produk skincare dapat terserap secara sempurna. Selepas itu, Jelitagenk bisa mengoleskan sunscreen secara merata ke wajah dan leher sebagai perlindungan dari sinar UV. Kemudian, Anda bisa tunggu kurang lebih 15-20 menit sebelum memoleskan make up.

Bagaimana cara memakai sunscreen dan krim pagi?

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash
  2. Keringkan wajah, lalu aplikasikan toner secara merata
  3. Oleskan krim pagi secara merata ke seluruh muka dan leher
  4. Aplikasikan dengan gerakan melingkar agar cepat meresap
  5. Pijat secara perlahan untuk merangsang sel-sel kulit wajah
  6. Lanjutkan dengan pemakaian sunscreen sebanyak 2 ruas jari tangan ke seluruh wajah dan leher
  7. Langkah terakhir, wajib re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali

Sunscreen tidak boleh dicampur dengan apa?

Pada dasarnya, Anda tidak boleh mencampurkan sunscreen dengan pelembab atau moisturizer. Hal tersebut dilarang oleh beberapa ahli kulit dan dermatologist. Oleh sebab itu, Anda harus memberi jeda waktu pemakaiannya, entah itu 15, 20, atau 30 menit. Untuk contoh produknya, Anda bisa scroll ke atas dan temukan rekomendasi terbaik.

Kesimpulan: Perbedaan Day Cream dan Sunscreen

Faktanya, memiliki kulit wajah yang sehat, bersih, dan bersinar sudah menjadi bagian dari kebutuhan dalam menunjang penampilan (Handan Siswaningrum, 2022:22). Hal itu terbukti dengan banyaknya brand yang meluncurkan day cream dan sunscreen yang sering seliweran di media sosial atau e-commerce.

Hingga akhirnya, ada beberapa orang yang kurang memahami fungsi dari masing-masing produk dan asal membelinya. Hal tersebut membuat tim Jelita mengangkat isu ini agar dapat memberikan informasi sekaligus membantu Jelitagenk sekalian.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika tertarik membeli day cream atau sunscreen, pasalnya, tim Jelita telah menghadirkan produk rekomendasi terbaik untuk Anda. Harga dan kualitasnya? Dijamin top dan bagus, lah. Mulai sekarang Anda harus mulai menjaga kesehatan kulit Anda, jangan hanya membeli pakaian saja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo