Hide Menu

Pemula Bingung Cara Bikin Eyeliner? Coba Saja Ikuti 5 Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok!

Temukan Tips dan Trik mengenai Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok, Pemula Jadi Bisa Bikin Eyeliner On Point!

Artikel Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok 2024
© istockphoto.com/Chernetskaya

Macam-Macam Gaya Eyeliner untuk Para Pemula

Macam-Macam Gaya Eyeliner untuk Para Pemula
istockphoto.com/Chernetskaya

Menggunakan make up sudah menjadi kewajiban semua perempuan. Bagaimana tidak, pasalnya, make up dapat menaikkan tingkat kepercayaan diri Anda. Selain menggunakan complexion yang bagus, nyatanya, Anda juga bisa melengkapi hasil riasan menggunakan eyeliner. Berikut macam-macam gaya eyeliner yang bisa Jelitagenk gunakan untuk make up Anda sehari-hari!

  • Natural Eyeliner untuk Riasan yang Fresh

Apabila Jelitagenk ingin tampil lebih fresh, maka tim Jelita menyarankan Anda untuk membuat eyeliner natural tanpa perlu mengaplikasikan eyeshadow terlebih dahulu. Sesuai dengan namanya, eyeliner natural adalah salah satu tampilan eyeliner yang paling mudah untuk Anda ikuti. 

  • Cat Eyeliner yang Super Trendy dan On Fleek

Cat eyeliner atau eyeliner mata kucing nyatanya sudah menjadi tren make up sejak lama. Pasalnya, tampilan eyeliner satu ini sukses membuat orang yang melihatnya menjadi kagum. Cara pemakaiannya pun cukup simple, Anda hanya perlu menambahkan garis sudut kecil di luar mata untuk membuat efek mata kucing.

  • Double Winged Eyeliner untuk Tampilan yang Dramatis

Siapa sangka jika double winged eyeliner dipercaya dapat membuat tampilan mata Anda jadi lebih intens dan dramatis. Menariknya lagi, tampilan eyeliner satu ini bisa Anda padu padankan dengan warna eyeshadow yang berani yang mana hasilnya jadi smokey eye make up. Maka dari itu, eyeliner satu ini sangat cocok Anda gunakan untuk menghadiri pesta. 

  • Winged Eyeliner untuk Menghadiri Fancy Dinner

Faktanya, winged eyeliner adalah salah satu bentuk eyeliner yang akan memperlihatkan sayap di ujung mata Jelitagenk. Menariknya lagi, winged eyeliner mampu memberikan kesan make up yang intens sehingga cocok Anda gunakan untuk menghadiri fancy dinner. 

Setelah ngalor-ngidul membaca macam-macam bentuk eyeliner, inilah saatnya Jelitagenk mengetahui cara memakai eyeliner dengan sendok. Apabila Anda menyimak artikel ini sampai habis, dijamin Jelitagenk bisa mempraktikkan semua bentuk eyeliner dengan mudah. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok - Terbaru 2024

Pada kesempatan kali ini, tim Jelita akan membagikan step by step yang benar mengenai cara memakai eyeliner dengan sendok. Penasaran? Yuk, baca section di bawah ini dengan saksama!

1
Pilih Eyeliner yang Mudah Dipakai

Sudah Menemukan Eyeliner yang akan Anda Pakai?

Pilih Eyeliner yang Mudah Dipakai

2
Bersihkan Sendok yang akan Anda Gunakan

Segala Jenis Sendok Bisa Anda Gunakan

Bersihkan Sendok yang akan Anda Gunakan

3
Tandai Winged Eyeliner yang Anda Inginkan

Jangan Buat Winged Eyeliner yang Terlalu Panjang!

Tandai Winged Eyeliner yang Anda Inginkan

4
Letakkan Sendok dan Aplikasikan Eyeliner

Apakah Anda Sudah Siap to The Next Step?

Letakkan Sendok dan Aplikasikan Eyeliner

5
Isi Bagian Eyeliner yang Masih Kosong

Jangan Lupa untuk Melakukan Step yang Terakhir!

Isi Bagian Eyeliner yang Masih Kosong

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sudah Menemukan Eyeliner yang akan Anda Pakai?
© istockphoto.com/imagehub88
1
Sudah Menemukan Eyeliner yang akan Anda Pakai?

Pilih Eyeliner yang Mudah Dipakai

Rekomendasi kami

First things first, sebelum mengaplikasikan eyeliner menggunakan sendok, alangkah baiknya, untuk mengetahui tipe eyeliner yang akan Jelitagenk gunakan. Pasalnya, tidak semua jenis eyeliner bisa memperjelas garis bulu mata Anda (Nadya Berliana, 2018:37).   

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tim Jelita menyediakan beberapa informasi terkait tipe-tipe eyeliner agar Anda bisa memilih tipe mana yang akan Jelitagenk gunakan. Simak penjelasannya!

  • Eyeliner Tipe Pensil

Faktanya, eyeliner tipe pensil dibagi menjadi 2 macam, yakni eyeliner tipe pensil yang harus diraut dan juga eyeliner tipe pensil mekanik. Biasanya, tipe ini bisa Anda gunakan untuk mengisi celah di antara bulu mata dengan jelas sekaligus mempertegas bentuk mata Anda. 

Bukan cuma itu saja, pasalnya, tipe ini bisa menghasilkan garis eyeliner yang mudah untuk dibaurkan atau disamarkan. Menariknya lagi, tipe ini sangat direkomendasikan untuk Jelitagenk yang menyukai tampilan mata yang natural dan bervolume. Selain itu, tipe ini merupakan solusi terbaik untuk para pemula yang masih belajar menggunakan eyeliner.

  • Eyeliner Tipe Krim

Saat ini, eyeliner tipe krim menjadi sangat populer di kalangan perempuan. Bagaimana tidak, pasalnya, tipe satu ini mempunyai ketahanan yang lebih awet tidak mudah luntur ketimbang tipe yang lain. Selain itu, tipe satu ini digadang-gadang mempunyai pigmentasi warna yang paling tinggi diantara tipe yang lain.

Namun sayangnya, eyeliner tipe krim susah untuk dihapus atau disamarkan, entah itu menggunakan bedak atau micellar water. Maka dari itu, eyeliner tipe krim lebih cocok untuk Jelitagenk yang sudah ahli dan mahir dalam mengaplikasikan eyeliner. 

  • Eyeliner Tipe Gel

Selanjutnya, eyeliner tipe gel tidak mudah luntur ketika terkena keringat atau minyak berlebih di wajah Anda. Selain itu, tipe satu ini mempunyai tekstur yang lembut sehingga akan mempermudah Jelitagenk sekalian ketika membentuk garis eyeliner. Bukan hanya itu saja, faktanya, tipe ini juga mempunyai pigmentasi warna yang baik dan memberikan efek mengkilap pada mata. 

Umumnya, tipe satu ini dilengkapi dengan aplikator berbentuk kuas atau brush, baik yang menyatu dengan kemasannya atau dijual terpisah. Namun, Jelitagenk harus berhati-hati ketika menggunakan produk ini karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, tim Jelita tidak menyarankan eyeliner tipe gel untuk para pemula. 

Segala Jenis Sendok Bisa Anda Gunakan
© istockphoto.com/antoniotruzzi
2
Segala Jenis Sendok Bisa Anda Gunakan

Bersihkan Sendok yang akan Anda Gunakan

Rekomendasi kami

Apabila Jelitagenk sudah menentukan eyeliner yang akan Anda pakai, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan sendok. Oh iya, pastikan sendok yang akan Jelitagenk gunakan sudah dalam keadaan yang bersih dan juga kering. 

Bukan tanpa sebab, pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk mencegah timbulnya reaksi alergi atau iritasi pada mata. Oleh sebab itu, memastikan sendok dalam keadaan bersih itu sangatlah penting. Bukan hanya itu saja, faktanya, Jelitagenk juga harus menggunakan sendok yang kering agar eyeliner yang Anda gunakan tidak bleber. 

Jangan Buat Winged Eyeliner yang Terlalu Panjang!
© istockphoto.com/Madhourse
3
Jangan Buat Winged Eyeliner yang Terlalu Panjang!

Tandai Winged Eyeliner yang Anda Inginkan

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya dari tutorial memakai eyeliner pemula adalah mengukur panjang wing eyeliner yang Jelitagenk inginkan. Eits, sebelum itu, Jelitagenk bisa menjepit bulu mata terlebih dahulu. Kemudian, oleskan mascara ke bulu mata Anda secara merata. 

Bukan tanpa sebab, pasalnya, hal tersebut bertujuan agar bulu mata Jelitagenk tetap pada tempatnya meskipun Anda mengaplikasikan eyeliner di kelopak mata bagian atas. Baru deh, Jelitagenk bisa menandai wing eyeliner yang Anda inginkan. 

Apakah Anda Sudah Siap to The Next Step?
© istockphoto.com/Luda311
4
Apakah Anda Sudah Siap to The Next Step?

Letakkan Sendok dan Aplikasikan Eyeliner

Rekomendasi kami

Cara memakai eyeliner kuas atau pensil berikutnya adalah mengaplikasikan eyeliner menggunakan sendok. Akan tetapi, hal tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yakni cara pake eyeliner menggunakan pegangan dan cekungan sendok. Oleh karena itu, Anda harus menyimak penuturan di bawah ini dengan saksama! 

Gunakan Pegangan Sendok untuk Wing Bagian Bawah

  1. Buat garis winged eyeliner bagian ujung mata menggunakan pegangan sendok. 
  2. Pasang pegangan sendok di tepi ujung garis bulu mata. 
  3. Posisikan pegangan sendok supaya sejajar dengan 45o atau kurang dari itu.
  4. Kemudian, tarik garis lurus yang tajam dan sekali oles. Kalau Jelitagenk tidak yakin, maka bisa membuat arsirannya terlebih dahulu, lalu tebalkan menggunakan eyeliner. 

Pakai Cekungan Sendok untuk Wing Bagian Atas

  1. Mulailah dari sudut luar mata tanpa membuat garis eyeliner yang terlalu jauh. 
  2. Gunakan ujung luar sendok yang berbentuk bulat untuk membentuk winged eyeliner.
  3. Pastikan untuk menyejajarkan sendok agar lurus dengan mata.
  4. Buat sapuan atau arsiran kecil yang lembut sampai Anda mencapai bagian tengah mata, and voila, winged eyeliner Anda sudah jadi. 
Jangan Lupa untuk Melakukan Step yang Terakhir!
© istockphoto.com/looking2thesky
5
Jangan Lupa untuk Melakukan Step yang Terakhir!

Isi Bagian Eyeliner yang Masih Kosong

Rekomendasi kami

Last but not least, Jelitagenk bisa mengisi winged eyeliner yang sudah Anda buat menggunakan eyeliner pensil, eyeliner cair, atau eyeliner krim. Hal tersebut bertujuan untuk mempercantik tampilan mata Anda. Saat mengisi winged eyeliner, Anda harus mengistirahatkan siku pada permukaan meja yang rata dan juga stabil.

Bukan tanpa sebab, pasalnya, hal tersebut akan memberi cukup banyak kontrol atas gerakan tangan Jelitagenk. Selepas mengisi winged eyeliner, Jelitagenk juga bisa merapikan hasilnya menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan make up remover.

Tanya Jawab Seputar Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok

Apakah Jelitagenk yang pemula masih belum puas dan cukup dengan informasi di atas? Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir sebab tim Jelita telah menyediakan beberapa informasi tambahan mengenai cara memakai eyeliner dengan sendok. Simak penuturan di bawah ini!

Kenapa harus pakai eyeliner?

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memakai eyeliner:

  1. Mempertajam garis mata bagian atas
  2. Mencerahkan sudut mata Anda agar semakin cantik dan tajam
  3. Melengkapi hasil riasan Jelitagenk, entah itu Korean make up look atau make up yang bold. 
  4. Memperbesar atau memperkecil bentuk mata Jelitagenk.
  5. Menariknya lagi, eyeliner juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti pensil alis. 

Apakah eyeliner aman untuk mata?

Sebenarnya aman-aman saja. Asalkan Jelitagenk memakai produk eyeliner dengan sertifikasi BPOM dengan benar. Pasalnya, jika Anda menggunakan eyeliner secara sembrono, maka hal tersebut akan menyebabkan iritasi pada mata Anda. Oleh sebab itu, Anda harus lebih berhati-hati ketika menggunakan maupun membersihkan eyeliner agar tidak menimbulkan reaksi alergi berbahaya yang lain. 

Apakah eyeliner permanen menyebabkan mata kering?

Eyeliner permanen atau sering disebut sebagai tato eyeliner sebenarnya membawa banyak sekali pengaruh buruk untuk mata Anda, salah satunya adalah mata Anda berubah menjadi kering. Maka dari itu, tim Jelita tidak menyarankan Jelitagenk untuk melakukan tato eyeliner. 

Kesimpulan: Cara Memakai Eyeliner dengan Sendok

Melalui pembahasan menarik tentang make up mata, Jelitagenk bisa menggunakan artikel ini sebagai acuan ketika menggunakan eyeliner. Artikel ini tidak hanya berlaku untuk para pemula saja, karena Jelitagenk yang sudah mahir juga bisa menggunakan cara di atas.

Selain mudah dan cocok untuk pemula, cara yang satu ini disinyalir dapat menghasilkan bentuk eyeliner yang lebih rapi dan presisi. Jadi, tidak ada kata nanti atau terlambat untuk mencoba cara yang satu ini. Praktikkan sesuai metode yang telah tim Jelita jelaskan, dan semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo