Hide Menu

Baru Belajar Bikin Alis? Yuk, Ikuti 7 Cara Menggunakan Eyebrow Powder yang Wajib Dicoba!

Kunjungi Artikel ini untuk Mengetahui Cara Menggunakan Eyebrow Powder yang Tidak Bisa Anda Temukan di Artikel Lainnya!

Artikel Cara Menggunakan Eyebrow Powder ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Menggunakan Eyebrow Powder 2024
© istockphoto.com/IGORSVETLICHNYI

Ketahui Cara Memilih Eyebrow Powder yang Benar!

Ketahui Cara Memilih Eyebrow Powder yang Benar!
istockphoto.com/K-Angle

Jelitagenk pasti sudah sangat familiar dengan eyebrow powder, tapi bisa jadi Anda masih bingung mengenai cara memilih eyebrow powder yang bagus dan benar. Namun, Jelitagenk tidak perlu khawatir, tim Jelita siap membantu dengan menyediakan tips dan trik memilih eyebrow powder yang bagus. Simak penuturan di bawah ini!

Pilih Eyebrow Powder Sesuai dengan Warna Rambut

  1. Gunakan eyebrow powder yang warnanya satu tingkat lebih cerah dari warna rambut Anda. 
  2. Jika Jelitagenk mempunyai rambut berwarna ash, maka Anda bisa memakai eyebrow powder berwarna ash brown atau abu-abu. 
  3. Untuk rambut berwarna cerah, Anda bisa menggunakan eyebrow powder berwarna light brown.
  4. Aplikasikan eyebrow powder berwarna pink brown untuk rambut berwarna kemerahan.
  5. Pemilik rambut hitam bisa memakai eyebrow powder dengan warna yang sedikit lebih cerah seperti cokelat gelap atau abu-abu.

Beli Eyebrow Powder yang Tahan Lama dan Anti Geser

Apabila Jelitagenk harus tampil on point setiap hari, maka tim Jelita sarankan untuk menggunakan eyebrow powder yang smudge proof. Selain itu, Jelitagenk bisa membeli eyebrow powder yang mengandung wax atau emolien agar hasilnya lebih awet. 

Ketahui Tipe Produk Eyeshadow Powder yang Anda Minati

  1. Eyeshadow powder berbentuk palet biasanya mempunyai beberapa warna dalam satu set. Oleh sebab itu, produk ini lebih cocok untuk Jelitagenk yang sering gonta-ganti warna rambut. 
  2. Eyeshadow powder berbentuk chip bisa Anda gunakan tanpa perlu menggunakan eyeshadow brush. Maka dari itu, produk ini bisa Anda gunakan untuk touch up di luar rumah. Selain itu, produk ini lebih cocok untuk Jelitagenk yang sudah mempunyai alis tebal. 
  3. Eyeshadow powder berbentuk dual type adalah salah satu tipe produk eyeshadow powder yang menggabungkan tipe powder dan pensil. Produk ini bisa Anda pakai untuk mendapatkan tampilan alis yang natural. Menariknya lagi, produk ini memiliki bentuk yang ramping sehingga menghemat tempat di dalam pouch make up Anda. 

Berhubung Jelitagenk sudah tahu cara memilih eyebrow powder yang bagus, maka tim Jelita akan mengajak Anda ke pembahasan berikutnya. Tidak lain dan tidak bukan adalah cara menggunakan eyebrow powder yang bisa Anda praktikkan di rumah. Percaya deh, Jelitagenk bakalan rugi kalau tidak menyimak dengan saksama. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Menggunakan Eyebrow Powder - Terbaru 2024

Menurut NF Agustin (2022), alis mata yang sempurna disinyalir dapat memberikan bingkai mata yang baik sehingga wajah terlihat lebih cantik. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajahnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, tim Jelita akan mengajak Jelitagenk yang masih pemula untuk mengetahui cara menggunakan eyebrow powder guna mendapatkan tampilan alis yang sempurna, rapi, dan juga presisi. Pastikan untuk menyimak penjelasan di bawah ini dengan saksama agar tidak ketinggalan satu informasi pun. Go, go, go!

1
Sisir Alis Menggunakan Spoolie Brush

Ikuti Step Pertama dengan Benar

Sisir Alis Menggunakan Spoolie Brush

2
Pilih Bentuk Alis Sesuai dengan Wajah Anda

Jika Bingung, Anda Bisa Mengamati Gambar di Atas!

Pilih Bentuk Alis Sesuai dengan Wajah Anda

3
Tentukan Titik Awal dan Akhir Alis Anda

Lakukan Hal yang Sama Persis dengan Modal di Atas!

Tentukan Titik Awal dan Akhir Alis Anda

4
Oleskan Brow Wax Secukupnya

Pakai Brow Wax yang Terbuat dari Bahan Alam!

Oleskan Brow Wax Secukupnya

5
Buat Outline Alis agar Tampilannya Rapi

Lakukan secara Perlahan dan Jangan Terburu-buru!

Buat Outline Alis agar Tampilannya Rapi

6
Aplikasikan Eyebrow Powder di Dalam Outline

Pakai Eyebrow Powder yang Bagus

Aplikasikan Eyebrow Powder di Dalam Outline

7
Rapikan Bentuk Alis Menggunakan Concealer

Eits, Jangan ke Mana-Mana, Ikuti Step yang Satu Ini!

Rapikan Bentuk Alis Menggunakan Concealer

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ikuti Step Pertama dengan Benar
© istockphoto.com/Andrii_Bicher
1
Ikuti Step Pertama dengan Benar

Sisir Alis Menggunakan Spoolie Brush

Rekomendasi kami

Cara pakai eyebrow powder yang pertama adalah merapikan alis menggunakan spoolie brush. Caranya mudah sekali, Jelitagenk hanya perlu menyisir rambut alis secara perlahan menggunakan spoolie brush. Bukan tanpa sebab, pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda ketika membingkai dan membentuk alis menggunakan eyebrow powder.

Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk juga bisa merapikan rambut-rambut alis yang keluar dari jalur menggunakan pinset sehingga alis Jelitagenk tampak lebih rapi. Selain itu, rambut-rambut alis yang keluar dari jalur bisa membuat tampilan alis menjadi tebal dan berantakan. 

Jika Bingung, Anda Bisa Mengamati Gambar di Atas!
© istockphoto.com/JuliaWhite
2
Jika Bingung, Anda Bisa Mengamati Gambar di Atas!

Pilih Bentuk Alis Sesuai dengan Wajah Anda

Rekomendasi kami

Cara memakai eyebrow powder selanjutnya adalah menyesuaikan bentuk alis dengan face shape agar menghasilkan tampilan alis yang rapi, presisi, dan juga sempurna. Akan tetapi, Jelitagenk tidak perlu risau karena tim Jelita telah menemukan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda, seperti:

  • Bentuk Alis untuk Wajah Kotak atau Persegi

Umumnya, perempuan yang mempunyai bentuk wajah kotak pasti mempunyai garis rahang yang cukup tegas. Oleh sebab itu, hindari bentuk alis yang terlalu lancip. Sebaliknya, bentuklah alis dengan lengkungan yang sedikit tinggi guna melembutkan wajah agar tampak lebih proporsional. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Oval

Bagi Jelitagenk yang mempunyai wajah oval bisa membentuk garis alis yang natural dan tidak terlalu lancip, yakni sudut alis yang lembut dan lengkungan alis yang dangkal. Selain itu, Anda harus menghindari bentuk alis yang terlalu berlebihan karena akan menghasilkan tampilan alis yang aneh. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Panjang

Untuk Jelitagenk dengan wajah panjang bisa membentuk garis alis yang lurus horizontal karena akan memberikan kesan wajah yang pendek. Bukan cuma itu saja, faktanya, Jelitagenk juga bisa memperpanjang ekor alis untuk menciptakan kesan wajah yang lebar. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat selalu identik dengan pipi yang chubby. Untuk itu, Anda perlu membuat ilusi wajah yang tirus dengan membentuk lengkungan alis dengan ujung yang lancip dan tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk memperpanjang tampilan wajah Jelitagenk sekalian. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Berbentuk Diamond

Biasanya, bentuk wajah diamond mempunyai tulang pipi yang besar. Untuk menyeimbangkan hal tersebut, Anda bisa membuat lengkungan alis yang sedikit rendah dan lembut. Bukan tanpa alasan, pasalnya, bentuk alis tersebut disinyalir dapat membentuk ilusi tulang wajah yang tidak terlalu lebar. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Berbentuk Hati

Jelitagenk sekalian yang mempunyai wajah berbentuk hati bisa membentuk lengkungan alis yang rendah atau agak bulat ala Korean make up look. Bukan hanya itu saja, Anda harus menghindari bentuk alis yang terlalu tebal dan berserat. 

  • Bentuk Alis untuk Wajah Segitiga

Faktanya, bentuk wajah segitiga memiliki ciri khas dagu lancip, pelipis yang lebar, dan tulang pipi yang sedikit tinggi. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membentuk alis yang lancip di sekitar bagian dalam dan melengkung agak tinggi di bagian luar mata. 

Lakukan Hal yang Sama Persis dengan Modal di Atas!
© istockphoto.com/StudioPeace
3
Lakukan Hal yang Sama Persis dengan Modal di Atas!

Tentukan Titik Awal dan Akhir Alis Anda

Rekomendasi kami

Cara memakai powder alis atau alis powder berikutnya adalah menentukan titik awal dan akhir alis Anda. Bukan tanpa sebab, pasalnya, hal tersebut mempengaruhi tampilan alis Jelitagenk ke depannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tim Jelita akan membagikan cara menentukan titik awal dan akhir alis dengan benar, seperti di bawah ini:

  1. Untuk mengetahui titik awal, letakkan kuas di sebelah hidung secara vertikal dengan bagian tengah kuas menyentuh cuping hidung. Kemudian, lihat di mana ujung kuas tersebut berakhir.
  2. Untuk menentukan titik puncak, taruh kuas secara tegak lurus di depan bola mata. Lalu, posisikan kuas secara semi-diagonal dari bibir ke cuping hidung dengan melewati sisi luar bola mata hingga alis.
  3. Untuk mengetahui titik akhir, Jelitagenk bisa letakkan kuas secara diagonal dari tepi bibir, ujung cuping hidung, sisi terluar kelopak mata, dan juga alis. Setelah itu, lihat di mana ujung kuas tersebut berhenti. 
Pakai Brow Wax yang Terbuat dari Bahan Alam!
© istockphoto.com/YakobchukOlena
4
Pakai Brow Wax yang Terbuat dari Bahan Alam!

Oleskan Brow Wax Secukupnya

Rekomendasi kami

Apabila sudah menentukan titik awal dan akhir alis, langkah selanjutnya adalah mengoleskan brow wax ke seluruh rambut alis. Ini bertujuan untuk merapikan rambut-rambut alis, mempermudah Anda dalam membentuk bingkai alis, dan juga membuat eyebrow powder jadi lebih menempel di alis. 

Oleh sebab itu, Jelitagenk bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini supaya brow wax yang Anda pakai bisa bekerja secara maksimal.

  1. Buka kemasan brow wax, kemudian semprotkan air atau setting spray ke produknya
  2. Ambil sedikit wax menggunakan spoolie brush
  3. Oleskan ke titik awal, puncak, hingga akhir alis yang telah Jelitagenk tentukan sebelumnya
  4. Lakukan hal yang sama untuk rambut alis sebelahnya
Lakukan secara Perlahan dan Jangan Terburu-buru!
© istockphoto.com/Evgeniy_Skripnichenko
5
Lakukan secara Perlahan dan Jangan Terburu-buru!

Buat Outline Alis agar Tampilannya Rapi

Rekomendasi kami

Tutorial memakai eyebrow powder selanjutnya adalah membentuk outline atau frame pada alis Jelitagenk sekalian. Bukan apa-apa, pasalnya, outline atau frame alis disinyalir dapat mempermudah Anda ketika memoleskan eyebrow powder ke seluruh alis. 

Untuk membuat outline atau frame alis, gunakan brow brush yang sudah diolesi dengan eyebrow powder. Kemudian, buat garis terluar di bagian atas dan bawah alis Anda.

Selain itu, Jelitagenk juga bisa membuat outline alis menggunakan eyebrow pencil untuk mendapatkan hasil yang natural. Bukan cuma itu saja, faktanya, pensil alis mudah untuk dibersihkan apabila Anda keliru membuat frame alis. 

Pakai Eyebrow Powder yang Bagus
© istockphoto.com/IhorBulyhin
6
Pakai Eyebrow Powder yang Bagus

Aplikasikan Eyebrow Powder di Dalam Outline

Rekomendasi kami

Setelah membentuk outline atau frame alis, Anda bisa mengisi bagian dalam outline atau frame alis menggunakan eyebrow powder. Akan tetapi, Jelitagenk tidak boleh asal mengaplikasikan eyebrow powder kalau tidak mau mendapatkan hasil alis yang ngeblok seperti Sinchan.

Untuk mencegah hal tersebut, tim Jelita sarankan untuk mengaplikasikan eyebrow powder dari bagian belakang alis terlebih dahulu. Kemudian, sapukan eyebrow powder ke bagian depan alis secara perlahan supaya hasilnya tidak terlalu tebal. 

Eits, Jangan ke Mana-Mana, Ikuti Step yang Satu Ini!
© istockphoto.com/dimid_86
7
Eits, Jangan ke Mana-Mana, Ikuti Step yang Satu Ini!

Rapikan Bentuk Alis Menggunakan Concealer

Rekomendasi kami

Last but not least, Jelitagenk bisa mengaplikasikan concealer atau foundation untuk mendapatkan alis yang lebih rapi dan juga sempurna. Bukan tanpa sebab, pasalnya, kunci dari alis yang on fleek adalah tidak ada rambut alis yang keluar dari jalur. Berikut tips dan triknya:

  1. Pilih concealer atau foundation yang warnanya setingkat lebih muda dari skintone Anda. 
  2. Gunakan brush yang tipis dan kecil untuk mempermudah Anda mengaplikaskan concealer atau foundation. 
  3. Oleskan concealer atau foundation di bagian luar outline alis.
  4. Aplikasikan bedak di atas concealer atau foundation agar lebih tahan lama dan tidak geser. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan Eyebrow Powder

Apakah Jelitagenk masih belum puas dengan informasi di atas? Tenang saja, tim Jelita telah menyediakan beberapa informasi tambahan mengenai cara menggunakan eyebrow powder yang rugi kalau Anda lewatkan begitu saja. Baca sekarang juga, yuk!

Cetakan alis apa namanya?

Cetakan alis sering disebut sebagai eyebrow template yang mana alat satu ini sangat berguna untuk Jelitagenk sekalian yang baru belajar pakai alis. Bukan tanpa sebab, pasalnya, alat ini mempunyai beraneka macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan alis Anda. 

Eyebrow powder untuk apa?

Eyebrow powder adalah salah satu produk yang mempunyai fungsi untuk mempertebal sekaligus memberi gradasi warna pada alis.

Brow brush untuk apa?

Brow brush adalah salah satu alat yang bisa Jelitagenk gunakan untuk membentuk dan mengisi warna pada alis Anda. Menariknya lagi, brush satu ini mempunyai bentuk yang tipis sehingga bisa membuat garis dengan presisi, bahkan menyerupai rambut alis Jelitagenk sekalian. 

Apa itu eyebrow soap?

Manfaat pemakaian eyebrow soap adalah untuk mengunci bentuk alis Anda agar selalu rapi. Selain itu, eyebrow soap disinyalir dapat warna eyebrow powder yang Jelitagenk gunakan jadi lebih tahan lama sepanjang hari tanpa luntur. 

Kesimpulan: Cara Menggunakan Eyebrow Powder

Arti dari pembahasan menarik ini sebenarnya tidak neko-neko, pasalnya, tim Jelita hanya ingin mengedukasi Jelitagenk sekalian mengenai cara pakai eyebrow powder yang benar agar hasilnya memuaskan. Bukan cuma itu saja, faktanya, tim Jelita juga menyediakan beberapa produk rekomendasi terkait yang bisa Anda dapatkan di toko kecantikan atau e-commerce manapun.

Selain itu, langkah-langkah di atas tidak hanya berlaku untuk pemakaian eyebrow powder saja, melainkan untuk pemakaian sipat alis juga. Jadi, Jelitagenk ingin menggambar bentuk model apa dan pake produk yang mana Apapun jawabannya, segera praktikkan langkah di atas untuk melengkapi hasil riasan alis Anda sehari-hari!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo