Hide Menu

Kepoin 3 Perbedaan Komedo dan Jerawat yang Harus Anda Ketahui biar Gak Keliru Lagi!

Hari Gini Masih Belum Tahu Perbedaan Komedo dan Jerawat? Simak Artikel Ini untuk Mengetahui Perbedaan Jerawat dan Komedo!

Artikel Perbedaan Komedo dan Jerawat ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Komedo dan Jerawat 2024
© freepik.com/jcomp

Jerawat dan Komedo adalah Momok Terseram

Jerawat dan Komedo adalah Momok Terseram
freepik.com/jcomp

Tau gak sih kalau jerawat dan komedo adalah momok terseram semua orang, mau itu pria ataupun wanita? Gak heran sih, karena jerawat dan komedo bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Maka jangan heran, jika sebagian orang menganggap jerawat dan juga komedo adalah permasalahan kulit yang harus diberantas saat itu juga. 

Meskipun jerawat dan komedo sama-sama permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh semua orang, nyatanya jerawat dan komedo mempunyai beberapa perbedaan yang jarang Anda notice. Perbedaan jerawat dan juga komedo terletak pada penyebab, cara penanganan yang tepat, dan juga area tubuh atau wajah yang terkontaminasi. 

Supaya Jelitagenk tidak keliru lagi ketika membedakan komedo dan jerawat, Anda bisa menyimak artikel ini untuk menemukan beberapa perbedaan komedo dan jerawat beserta penjelasannya. Penasaran, ya? Without waiting any longer, cus, baca artikel satu ini sampai habis!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Perbedaan Komedo dan Jerawat - Terbaru 2024

Mari merapat untuk Jelitagenk yang kepo dengan perbedaan komedo dan jerawat! Pasalnya, tim Jelita akan membagikan informasi yang Anda butuhkan dan pastinya belum pernah Jelitagenk temukan di artikel lainnya. Jangan lewatkan satu informasi pun, ya!

1
Penjelasan Mengenai Jerawat

Ketahui Penyebab, Ciri-Ciri, dan Bentuk Jerawat!

Penjelasan Mengenai Jerawat

2
Penuturan Mengenai Komedo Putih

Berisi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Whitehead

Penuturan Mengenai Komedo Putih

3
Pembeberan Mengenai Komedo Hitam

Temukan Penyebab dan Cara Penanganan Blackhead!

Pembeberan Mengenai Komedo Hitam

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ketahui Penyebab, Ciri-Ciri, dan Bentuk Jerawat!
© freepik.com
1
Ketahui Penyebab, Ciri-Ciri, dan Bentuk Jerawat!

Penjelasan Mengenai Jerawat

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, jerawat merupakan permasalahan kulit yang terjadi karena sel kulit mati, minyak berlebih, serta bakteri yang menumpuk sehingga menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, kulit wajah penuh dengan bintik atau benjolan berwarna merah, bernanah, meradang, bengkak, dan sakit jika disentuh.

Jerawat bisa tumbuh di muka maupun badan, contohnya pipi, dada, punggung, dan lain-lain. Bukan cuma itu saja, jerawat juga terjadi karena faktor yang lain. Mulai dari stres, pola makan tidak sehat, jarang olahraga, pemakaian produk skincare yang tidak cocok, perubahan hormon, dan lain-lain.

Jerawat sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu pustula, papula, jerawat kistik, jerawat nodulokistik, jerawat conglobata, jerawat fulminans, jerawat nodul, jerawat pasir atau bruntusan, dan jerawat hormonal.

Saat ini, ada banyak metode yang mampu menghilangkan jerawat secara permanen, salah satunya perawatan kulit berjerawat di klinik kecantikan. Akan tetapi, harganya tidak murah. Maka dari itu, tim Jelita menyediakan cara ampuh menghilangkan sekaligus menyembuhkan jerawat yang lain, seperti:

  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang
  • Rajin berolahraga, entah itu jogging, yoga, pilates, dan lain-lain
  • Mengelola stres dengan bermeditasi secara berkala
  • Rutin mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari
  • Menjaga kebersihan kulit wajah dan tidak malas double cleansing
  • Pakai produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide, sulfur, salicylic acid, azelaic acid, AHA, BHA, tea tree oil, dan aloe vera
Berisi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Whitehead
© freepik.com
2
Berisi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Whitehead

Penuturan Mengenai Komedo Putih

Rekomendasi kami

Siapa yang belum tahu apa itu komedo putih? Biar tim Jelita jelaskan untuk Jelitagenk! Komedo putih atau lebih sering dikenal dengan sebutan whitehead adalah jenis jerawat yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menumpuk dan terperangkap di dalam pori-pori kulit. 

Untuk mengetahui keberadaan whitehead, coba raba permukaan kulit wajah Anda ketimbang berkaca di depan cermin. Bukan tanpa sebab, komedo putih atau whitehead tidak bisa Jelitagenk lihat secara kasat mata.

Whitehead atau komedo putih biasanya banyak ditemukan di dahi, pipi, punggung, dan juga dada (Rendika Fajryah U, 2019:12). Menariknya lagi, komedo putih mempunyai cara penanganan sendiri karena whitehead tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Namun, ada beberapa produk skincare yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan komedo putih tapi Jelitagenk harus ekstra sabar ketika melakukannya. Pastikan produk skincare yang akan Anda pakai mengandung glycolic acid, azelaic acid, benzoyl peroxide, salicylic acid, dan retinoid.

Supaya komedo putih tidak kembali lagi, gunakan produk kosmetik atau skincare oil free dan non-comedogenic. Tujuannya agar pori-pori kulit tidak mengalami penyumbatan. Jika komedo putih tidak segera membaik, lakukan facial treatment khusus di klinik kecantikan sebelum tambah parah.

Temukan Penyebab dan Cara Penanganan Blackhead!
© freepik.com
3
Temukan Penyebab dan Cara Penanganan Blackhead!

Pembeberan Mengenai Komedo Hitam

Rekomendasi kami

Komedo hitam atau blackhead adalah suatu kondisi kulit yang terjadi karena penyumbatan sel kulit mati dan minyak berlebih di lubang folikel rambut atau pori-pori kulit. Apabila lubang pori-pori kulit yang besar dibiarkan terbuka dan terkena udara terus-menerus, hal tersebut akan membuat komedo berubah warna menjadi hitam.

Umumnya, komedo hitam atau blackhead lebih sering muncul di bagian hidung. Selain area hidung, komedo hitam juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, contohnya punggung, leher, lengan, dada, dan bahu atau pundak. Kalau blackhead atau komedo hitam tidak segera Anda obati, hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena komedo hitam sering kali berubah menjadi jerawat. 

Apabila Jelitagenk ingin menghilangkan komedo hitam atau blackhead yang membandel, Anda bisa pakai produk skincare yang mengandung salicylic acid, niacinamide, retinol, AHA, dan BHA. Tidak hanya itu saja, Jelitagenk juga bisa mengaplikasikan clay mask secara rutin sekiranya 1-2 kali dalam seminggu. Hindari pemakaian pore strip karena dapat membuat pori-pori kulit semakin membesar!

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Komedo dan Jerawat

Kalau Jelitagenk masih belum merasa cukup dengan informasi di atas, Anda bisa menyimak section satu ini yang berisi informasi tambahan mengenai perbedaan komedo dan jerawat. Cus, temukan apa saja informasi tambahan tersebut!

Apakah komedo bisa jadi jerawat?

Hal tersebut bisa saja terjadi. Bahkan komedo mampu merangsang pertumbuhan jerawat yang ukurannya lebih besar. Oleh karena itulah, Anda harus rutin membersihkan komedo setidaknya 2 – 3 seminggu. 

Apa bedanya komedo dan bruntusan?

Pada dasarnya, bruntusan adalah salah satu permasalahan kulit yang berasal dari penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih. Biasanya, bruntusan berbentuk bintik-bintik atau bentolan kecil berwarna putih ataupun merah yang disertai dengan rasa gatal. 

Berbeda dengan bruntusan, komedo terjadi karena adanya minyak berlebih dan sel kulit mati yang masuk dan terperangkap di dalam pori-pori kulit. Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu whitehead atau komedo putih dan blackhead atau komedo hitam. 

Apakah komedo di hidung boleh dipencet?

Tim Jelita tidak menganjurkan hal tersebut. Anda juga tidak boleh menusuk atau mencungkil paksa komedo dengan alat yang tidak steril. Hal tersebut bisa membuat pori-pori kulit terbuka dan wajah mengalami iritasi atau infeksi. Untuk membersihkan komedo, pakailah clay mask atau peel off mask

Apakah jerawat dan bisul itu sama saja?

Jika dilihat sekilas, jerawat dan bisul memang terlihat mirip, terutama pada bagian mata atau ujung benjolan yang berwarna putih karena berisi nanah. Apabila ujung benjola Anda pencet, maka akan keluar nanah dan darah. Siapa sangka jika bisul dan jerawat adalah dua masalah kulit yang berbeda?

Faktanya, bisul bermula sebagai benjolan berwarna merah dan keras yang ada di bawah permukaan kulit. Bisul kemungkinan besar muncul pada bagian tubuh yang paling sering berkeringat, contohnya leher, pantat, paha, dan wajah. Sedangkan jerawat lebih sering muncul di bagian tubuh yang mengalami penyumbatan pori-pori kulit, seperti dahi, dada, punggung, dagu, pipi, dan lain-lain. 

Kesimpulan: Perbedaan Komedo dan Jerawat

Melalui artikel ini, Jelitagenk jadi paham mengenai beda jerawat dan komedo sehingga kami harap tidak keliru lagi ketika mengambil langkah penanganan untuk mengatasi salah satunya. Artinya, Jelitagenk tidak boleh sembarangan saat menangani komedo dan jerawat jika tidak ingin jerawat dan komedo bertambah parah. 

Selain menyediakan informasi yang teraktual dan terpercaya, tim Jelita juga menyediakan gambar atau foto mengenai bentuk jerawat dan komedo, mau itu whitehead ataupun blackhead. Tujuannya agar Jelitagenk tidak clueless dan bertanya-tanya bagaimana bentuknya. Akhir kata, semoga Anda berhasil membedakan keduanya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo