Hide Menu

Ketahui 4 Perbedaan Cushion dan Concealer, Apakah Fungsinya Sama atau Justru Berbeda?

Simak Beberapa Perbedaan Cushion dan Concealer yang Bisa Anda Temukan Hanya di Jelita, Lengkap Banget!

Artikel Perbedaan Cushion dan Concealer ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Cushion dan Concealer 2024
© freepik.com

Apa itu Complexion Make Up?

Apa itu Complexion Make Up?
freepik.com

Tahukah Anda jika istilah complexion jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah warna kulit. Akan tetapi dalam dunia make up, complexion merujuk kepada penyebutan riasan. Selain itu, complexion mempunyai beberapa manfaat, yakni meratakan warna kulit dan menyamarkan tekstur kulit yang tidak bagus.

Produk kosmetik untuk complexion meliputi foundation, BB cream, cushion, foundation, bedak, concealer, dan terakhir ada powder foundation. Menariknya lagi, pemakaian complexion dilakukan pada tahap awal make up yang merupakan tahap dasar untuk menentukan keberhasilan suatu tampilan make up. 

Nah, berhubung tim Jelita sedang membahas complexion, bagaimana kalau Jelitagenk mengetahui perbedaan cushion dan concealer? Tim Jelita akan membongkar perbedaan cushion dan concealer secara cuma-cuma untuk Jelitagenk sekalian. Apakah Anda berminat untuk mengetahuinya? Tanpa berlama-lama lagi, segera baca kelanjutan artikel ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Cushion dan Concealer - Terbaru 2024

Menurut VAA Putri (2021), tata rias wajah adalah suatu aktivitas mengubah penampilan dari bentuk asli yang sebenarnya menggunakan alat seperti cushion dan concealer serta bahan kosmetik. Dari sekian banyak alat, dua yang sering digunakan adalah concealer dan cushion.

Oleh karena itulah tim Jelita akan mengajak Jelitagenk untuk mengetahui perbedaan cushion dan concealer agar Anda tahu faktor yang membedakan keduanya. Apakah Jelitagenk tertarik untuk membaca artikel ini lebih lanjut? Jika iya, ayo simak penuturan di bawah ini!

1
Tingkat Coverage yang Ditawarkan

Concealer vs Cushion, Mana yang Terbaik?

Tingkat Coverage yang Ditawarkan

2
Perbedaan Kemasan Setiap Produk

Emang Bedanya Gimana?

Perbedaan Kemasan Setiap Produk

3
Area Pemakaian yang Berbeda

Harus Digunakan di Area Wajah yang Mana?

Area Pemakaian yang Berbeda

4
Perbandingan Harga Tiap Produk

Mana yang Sekiranya Lebih Terjangkau?

Perbandingan Harga Tiap Produk

5
Tekstur Masing-Masing Produk

Cair atau Padat? Lihat Saja di Bawah!

Tekstur Masing-Masing Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Concealer vs Cushion, Mana yang Terbaik?
© freepik.com/master1305
1
Concealer vs Cushion, Mana yang Terbaik?

Tingkat Coverage yang Ditawarkan

Rekomendasi kami

Mungkin selama ini Anda sering bertanya-tanya, produk mana yang mempunyai tingkat coverage paling tinggi, concealer atau cushion? Namun, Jelitagenk sekalian tidak perlu kebingungan mencari jawabannya karena tim Jelita akan menjabarkannya untuk Anda.

Faktanya, concealer terbagi menjadi beberapa macam produk karena ada sebagian concealer yang menawarkan tingkat coverage yang sheer to medium. Lalu, ada juga beberapa produk concealer yang mempunyai tingkat coverage yang medium to full. 

Sedangkan semua produk cushion yang sering Anda temukan di luar sana selalu menawarkan tingkat coverage yang medium to full. Karena bagaimanapun, cushion mempunyai fungsi yang agak berbeda dari concealer. Lantas, apa fungsi cushion? Untuk menemukan jawabannya, Jelitagenk harus menyimak artikel ini sampai habis.

Emang Bedanya Gimana?
© freepik.com
2
Emang Bedanya Gimana?

Perbedaan Kemasan Setiap Produk

Rekomendasi kami

Untuk mengetahui perbedaan concealer dan cushion, Jelitagenk bisa membandingkan kemasan masing-masing produknya. Pasalnya, concealer mempunyai tipe kemasan yang beragam, yaitu jar, stick, dan tube. Hal tersebut dikarenakan concealer terbagi menjadi 3 jenis, mulai dari liquid, cream, dan juga stick concealer.

Selain itu, Jelitagenk akan menemukan aplikator jenis doe foot di dalam kemasan liquid concealer. Sedangkan varian cream dan stick concealer tidak dilengkapi dengan aplikator untuk mempermudah Anda ketika mengaplikasikan produknya. 

Lain halnya dengan cushion, produk satu ini mempunyai kemasan yang hampir sama dengan compact powder atau two way cake. Biasanya, Anda akan menemukan puff bedak dan cermin kecil di dalam kemasan cushion. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Jelitagenk dalam mengoleskan produknya kapan dan di mana saja. 

Harus Digunakan di Area Wajah yang Mana?
© freepik.com/lookstudio
3
Harus Digunakan di Area Wajah yang Mana?

Area Pemakaian yang Berbeda

Rekomendasi kami

Sejatinya, concealer hanya bisa Jelitagenk aplikasikan di beberapa bagian wajah saja guna mempertegas fitur wajah dan menyamarkan imperfection di wajah Anda. Concealer bisa Jelitagenk aplikasikan di tulang pipi, dagu, alis, batang hidung, noda bekas jerawat, flek hitam, kemerahan, binti-bintik hitam, dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan concealer, faktanya, cushion bisa Anda gunakan untuk seluruh wajah. Karena bagaimanapun, cushion berfungsi sebagai alas bedak atau base make up yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat atau imperfection lainnya yang ada di wajah. Menariknya lagi, Jelitagenk bisa menciptakan tampilan make up yang natural dan juga flawless ala artis Korea Selatan dengan cushion. 

Mana yang Sekiranya Lebih Terjangkau?
© freepik.com/pikisuperstar
4
Mana yang Sekiranya Lebih Terjangkau?

Perbandingan Harga Tiap Produk

Rekomendasi kami

Jelitagenk bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mengetahui perbedaan concealer dan cushion, yaitu membandingkan harga masing-masing produknya. Pasalnya, cushion dan concealer mempunyai perbandingan harga yang cukup signifikan.

Faktanya, concealer dijual dengan harga yang lebih murah sekitar Rp. 30 ribu sampai Rp. 100 ribu. Sementara itu, cushion dijual dengan harga yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan concealer. Di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, harga cushion berada di kisaran Rp. 100 ribu ke atas.

Cair atau Padat? Lihat Saja di Bawah!
© freepik.com
5
Cair atau Padat? Lihat Saja di Bawah!

Tekstur Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Meskipun cushion dan concealer mempunyai tekstur yang hampir sama, nyatanya kedua produk tersebut memiliki tekstur yang agak berbeda. Untuk mengetahui hal tersebut, Jelitagenk harus memegang sekaligus merasakan tekstur kedua produk. Percaya deh, Anda pasti langsung bisa menemukan perbedaannya.

Ternyata, concealer mempunyai tekstur yang lebih kental atau creamy. Mungkin ada beberapa produk concealer dengan tekstur yang cair, tapi sebagian besar produk concealer pasti memiliki tekstur yang cenderung kental atau creamy. Sedangkan cushion memiliki tekstur yang lebih cair daripada concealer.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Cushion dan Concealer

Untuk Jelitagenk yang masih penasaran mengenai perbedaan cushion dan concealer bisa menyimak section yang satu ini karena berisi informasi tambahan yang tidak kalah menarik. Baca sekarang juga!

Apa perbedaan concealer dan foundation?

Faktanya, foundation diciptakan untuk menyamarkan warna kulit yang tidak rata dan memberikan hasil make up yang lebih full coverage. Sedangkan concealer berguna untuk menutupi noda atau imperfection yang ada di wajah Anda, contoh produknya yaitu Tanako Skin Baby Stick Concealer.

Apakah wajib pakai concealer?

Pastinya wajib, dong. Menurut tim Jelita, concealer adalah salah satu produk kosmetik yang harus ada di dalam tas make up semua wanita.

Bagaimana cara pakai cushion yang benar?

Berikut step by step yang bisa para pemula ikuti agar cushion yang Anda pakai jadi lebih tahan lama:

  1. Cuci muka terlebih dahulu dengan facial wash, lalu keringkan menggunakan handuk atau tisu. 
  2. Tahap berikutnya adalah mengaplikasikan skincare seperti toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.
  3. Oleskan primer ke seluruh wajah atau area t-zone sebagai base make up untuk menahan produksi minyak berlebih di wajah.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cushion ke seluruh wajah secara merata dengan cara tap-tap secara perlahan.
  5. Pulaskan concealer di beberapa bagian wajah, lalu baurkan produknya dengan beauty blender atau sponge bedak yang basah.
  6. Bubuhkan bedak tabur, two way cake atau compact powder ke seluruh muka menggunakan powder brush.
  7. Kemudian, semprotkan setting spray ke seluruh wajah secara merata agar make up Anda lebih tahan lama.

Kesimpulan: Perbedaan Cushion dan Concealer

Arti dari pembahasan menarik ini menyatakan bahwa cushion dan concealer mempunyai beberapa perbedaan yang sering banyak orang sepelekan, mungkin Anda juga termasuk. Nah, dengan membaca artikel ini, tim Jelita harap semua perempuan di luar sana lebih peka akan perbedaan macam-macam produk kosmetik.

Hal tersebut bertujuan agar Jelitagenk tidak salah paham dan berujung keliru membeli produk kosmetik yang Anda butuhkan. Jangan hanya mengetahui perbedaan pakaian saja karena Jelitagenk juga harus mengetahui perbedaan macam-macam produk kosmetik. Jadi, apakah Anda sudah paham perbedaan antara kedua produk di atas?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo