Hide Menu

Pakai Complexion tapi Gak Tahu Beda Foundation dan Cushion? Berikut 5 Perbedaannya!

Bingung Ingin Membeli Cushion atau Foundation Dulu? Berikut 5 Beda Foundation dan Cushion yang Hanya Ada di Jelita!

Artikel Beda Foundation dan Cushion ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Beda Foundation dan Cushion 2024
© freepik.com

Mana yang Lebih Bagus, Cushion vs Foundation?

Mana yang Lebih Bagus, Cushion vs Foundation?
freepik.com

Nyatanya, salah satu cara untuk menunjang penampilan seseorang adalah menggunakan make up karena mampu memberikan tampilan wajah yang flawless dan cantik. Untuk mendapat tampilan yang memukau dan bagus, Anda memerlukan produk kosmetik yang memumpuni juga, seperti cushion dan foundation. 

Mungkin Jelitagenk sudah tidak asing lagi dengan cushion dan foundation karena semua perempuan Indonesia pasti menggunakan produk tersebut untuk tampilan make up sehari-hari. Namun, tahukah Anda jika cushion dan foundation mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Selain itu, cushion dan foundation juga memiliki manfaat yang berbeda-beda. Sebagai contoh, cushion cocok untuk make up yang fresh dan natural, sedangkan foundation cocok untuk riasan yang lebih bold. Nah, dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa tahu produk mana yang lebih Jelitagenk butuhkan. 

Akan tetapi, Jelitagenk tidak boleh berpatok pada informasi di atas saja. Pasalnya, ada banyak sekali perbedaan cushion dan foundation yang lain. Penasaran? Yuk, baca artikel ini dengan saksama dan temukan beda foundation dan cushion!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda Foundation dan Cushion - Terbaru 2024

Apakah cushion sama dengan foundation? Jawabannya tentu saja berbeda, dong! Yuk, temukan penjelasan lebih lengkapnya mengenai beda foundation dan cushion hanya di section ini!

1
Formula dan Tekstur Produk Berbeda

Simak Penjelasan di Bawah Ini dengan Saksama!

Formula dan Tekstur Produk Berbeda

2
Tingkat Coverage Tiap Produk

Produk Mana yang Lebih Tinggi Coveragenya?

Tingkat Coverage Tiap Produk

3
Kemasan Masing-Masing Produk

Ketahui Beda Cushion dan Foundation yang Satu Ini!

Kemasan Masing-Masing Produk

4
Perbedaan Daya Tahan Setiap Produk

Pilih Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Perbedaan Daya Tahan Setiap Produk

5
Perbandingan Harga Masing-Masing Produk

Mana yang Lebih Sesuai dengan Budget Anda?

Perbandingan Harga Masing-Masing Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Simak Penjelasan di Bawah Ini dengan Saksama!
© freepik.com
1
Simak Penjelasan di Bawah Ini dengan Saksama!

Formula dan Tekstur Produk Berbeda

Rekomendasi kami

Siapa sangka jika perbedaan utama antara cushion (chusion) dan foundation (foundie) terletak pada formula produknya. Pasalnya, cushion diperkaya dengan berbagai macam kandungan bahan skincare yang mampu menutrisi kulit Anda. Menariknya lagi, cushion mempunyai tekstur yang lebih creamy sehingga mudah untuk diaplikasikan. 

Lain halnya dengan foundation, produk satu ini hanya berfokus pada perannya sebagai base make up. Jadi, foundation hanya mengandung formula alas bedak saja tanpa kandungan lain. Foundation juga memiliki tekstur yang cair atau liquid. Faktanya, bahan dasar foundation adalah air, sehingga teksturnya lebih ringan dari minyak dan mudah terserap ke dalam kulit (MAA Amir, 2020:15)

Produk Mana yang Lebih Tinggi Coveragenya?
© freepik.com/master1305
2
Produk Mana yang Lebih Tinggi Coveragenya?

Tingkat Coverage Tiap Produk

Rekomendasi kami

Meskipun cushion dan foundation mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai alas bedak, nyatanya, foundation mempunyai tingkat coverage yang lebih tinggi daripada cushion. Maka, jangan heran jika foundation lebih sering digunakan untuk heavy make up karena mampu memberikan hasil riasan yang lebih tebal dan juga bold. 

Berbanding terbalik dengan foundation, cushion (cusion) dirancang untuk hasil make up yang lebih ringan dan natural. Oleh karena itu, cushion mempunyai tingkat coverage yang lebih rendah ketimbang foundation. Lebih baiknya lagi, cushion bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Jelitagenk yang menyukai Korean make up look sebagai tampilan make up sehari-hari. 

Ketahui Beda Cushion dan Foundation yang Satu Ini!
© freepik.com
3
Ketahui Beda Cushion dan Foundation yang Satu Ini!

Kemasan Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Dilihat dari segi kemasan, kedua produk ini mempunyai tipe kemasan yang cukup berbeda. Umumnya, foundation mempunyai kemasan berbentuk tube ataupun pump yang kurang praktis dan tidak travel friendly. Selain itu, foundation tidak dilengkapi dengan aplikator atau cermin kecil untuk mempermudah Anda ketika mengaplikasikan produknya. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk cushion karena produk satu ini memiliki kemasan yang cukup compact seperti two way cake atau compact powder. Biasanya, di dalam kemasan cushion sudah dilengkapi dengan puff dan cermin kecil untuk mempermudah Anda ketika mengoleskan produknya. Itulah mengapa cushion dinilai cukup praktis dan travel friendly ketimbang foundation.

Pilih Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
© freepik.com
4
Pilih Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Perbedaan Daya Tahan Setiap Produk

Rekomendasi kami

Untuk mengetahui perbedaan cushion dan foundation yang satu ini, Anda harus membandingkan daya tahan masing-masing produknya. Memang benar adanya jika cushion dan foundation mempunyai daya tahan yang hampir sama.

Namun, ada satu produk yang lebih unggul dan jauh lebih awet. Siapa lagi kalau bukan foundation? Faktanya, foundation mempunyai daya tahan yang paling awet dibanding cushion, BB cream, CC cream, dan lain-lain. Jadi, Jelitagenk tidak perlu capek-capek touch up ketika menggunakan produk ini. 

Sedangkan cushion memiliki daya tahan yang lebih rendah daripada foundation. Itulah mengapa Anda harus sering re-apply cushion biar seluruh wajah tetap tercover oleh cushion. Kalau lewat sedikit saja, cushion yang Jelitagenk pakai langsung luntur dan melt.

Mana yang Lebih Sesuai dengan Budget Anda?
© freepik.com
5
Mana yang Lebih Sesuai dengan Budget Anda?

Perbandingan Harga Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Last but not least, Jelitagenk bisa menggunakan cara yang satu ini untuk membedakan cushion dan foundation, yaitu membandingkan harga produknya. Biasanya, foundation dijual dengan harga yang lebih mahal daripada cushion. Foundation dijual dengan harga di atas Rp 150 ribu. Namun, itu semua tergantung kualitas dan merk foundation yang Jelitagenk beli.

Sementara itu, cushion dijual dengan harga yang lebih affordable dibanding foundation. Faktanya, Jelitagenk hanya perlu menyiapkan budget Rp 100 ribu saja dan Anda sudah bisa mendapatkan cushion dengan kualitas terbaik dan premium. Bahkan dengan uang sekitar Rp 70 ribu pun Jelitagenk sudah bisa beli cushion, lho

Tanya Jawab Seputar Beda Foundation dan Cushion

Apakah Jelitagenk masih belum merasa puas dengan informasi di atas? Jika demikian, maka Anda bisa menyimak section satu ini yang berisi informasi tambahan seputar beda foundation dan cushion. Go, go, go!

Apakah cushion bisa menjadi pengganti foundation?

Tentu saja bisa. Bahkan, cushion digadang-gadang menjadi salah satu produk complexion terbaik menggantikan posisi foundation karena cushion mempunyai formula yang ringan sehingga nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari. 

Bagaimana cara pakai cushion yang benar?

Berikut step yang harus Anda lakukan sebelum mengaplikasikan cushion:

  1. Cuci muka terlebih dahulu, lalu aplikasikan semua rangkaian skincare, mulai dari toner,serum, moisturizer, dan sunscreen. Kemudian, beri jeda waktu sampai semua produk skincare terserap ke dalam kulit. 
  2. Oleskan primer secara merata ke seluruh wajah atau area t-zone agar cushion yang Anda pakai jadi lebih nempel dan wajah Jelitagenk terlihat lebih halus. 
  3. Ambil isi cushion menggunakan puff bedak lalu sebarkan ke beberapa bagian wajah, yaitu pipi, dahi, dan dagu. Selanjutnya, tap-tap secara perlahan ke arah luar agar semua bagian wajah dapat tercover oleh cushion. 
  4. Pulaskan concealer di beberapa bagian wajah, entah itu bekas jerawat, flek hitam, dan mata panda. Selain itu, Anda bisa gunakan concealer untuk menghighlight beberapa bagian wajah. 
  5. Bubuhkan loose powder atau bedak tabur menggunakan brush ke seluruh wajah secara perlahan untuk menahan dan mengontrol produksi minyak. Sebagai opsi tambahan, Anda bisa mengganti bedak tabur dengan bedak padat, lalu aplikasikan dengan puff bedak yang basah.
  6. Lanjutkan dengan memakai riasan mata, blush on, highlighter, mascara, lip products, dan lain sebagainya. 
  7. Semprot setting spray secara merata ke seluruh wajah agar semua produk make up yang Anda gunakan jadi lebih nempel.
  8. Tunggu selama beberapa menit sampai setting spray mengering. 
  9. Selesai!

Cushion yang paling bagus merk apa?

Menurut tim Jelita, sejauh ini produk terbaik masih ditempati oleh Chanel Les Beiges Cushion Healthy Glow Gel Foundation. Pasalnya, produk ini mempunyai formula dan tekstur terbaik dan premium di antara yang lain. Percaya deh, Jelitagenk bakalan amazed ketika menggunakan produk satu ini. 

Kesimpulan: Beda Foundation dan Cushion

Arti pembahasan menarik ini menyebutkan bahwa cushion dan foundation mempunyai spesifikasi produk yang berbeda-beda. Melalui artikel ini, tim Jelita ingin membagikan perbedaan spesifikasi tersebut untuk Jelitagenk sekalian agar tidak salah beli produk dan ujung-ujungnya terbuang sia-sia. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Jelitagenk bisa menyimak artikel ini biar Anda tahu produk mana yang lebih sesuai dengan tipe kulit, budget, dan kebutuhan Anda. Percaya deh, tidak ada lagi kata menyesal dan rugi ketika membeli produk kosmetik, terutama cushion atau foundation. Sekiranya segitu saja kalimat penutup yang bisa tim Jelita sampaikan, sampai bertemu di artikel yang lain!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo