Hide Menu

Apa Bedanya Cushion Sama Bedak? Yuk, Temukan 5 Perbedaan dari Kedua Produk Tersebut!

Mungkin Selama Ini Anda Sering Bertanya-tanya, Apa sih Bedanya Cushion Sama Bedak? Berikut 5 Perbedaan Kedua Produknya!

Artikel Bedanya Cushion Sama Bedak ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Bedanya Cushion Sama Bedak 2024
© freepik.com

Seberapa Penting sih Make Up Bagi Perempuan?

Seberapa Penting sih Make Up Bagi Perempuan?
freepik.com

Merawat diri dan menjaga penampilan merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk sebagian perempuan. Mulai dari gaya berpakaian, model rambut, hingga make up. Bicara soal make up, ternyata kegiatan merias wajah bisa boosting rasa percaya diri, mood jadi lebih senang, dan awareness akan diri seseorang. Paket lengkap! 

Tidak dapat dipungkiri jika merias wajah menjadi salah satu “ritual” wajib yang harus dilakukan oleh semua wanita sebelum keluar rumah ataupun bepergian. Maka, jangan heran jika nantinya Anda akan menemukan ada banyak sekali produk make up di meja rias mereka, termasuk cushion dan bedak. 

Nyatanya, kedua produk tersebut penting untuk menunjang penampilan sehari-hari. Namun, tahukah Anda jika cushion dan bedak adalah dua produk yang berbeda? Meskipun sering Jelitagenk gunakan untuk setiap hari, nyatanya cushion dan bedak adalah dua produk yang berbeda, lho.

Lantas, apa beda cushion dan bedak? Untuk menemukan perbedaan cushion dan bedak, Anda harus menyimak artikel ini sampai habis. So, stay tune dan jangan lewatkan satu informasi pun tentang bedanya cushion sama bedak!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Bedanya Cushion Sama Bedak - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sudah tidak sabar untuk mengetahui beda bedak dan cushion? Harap tenang dan sabar karena inilah saatnya untuk mengetahui perbedaannya. Yuk, baca section satu ini sekarang juga!

1
Mempunyai Fungsi yang Berbeda

Apa Fungsi dari Masing-Masing Produk?

Mempunyai Fungsi yang Berbeda

2
Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Salah Satu Perbedaan yang Paling Dasar

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

3
Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

Cushion vs Bedak, Mana yang Paling Bagus?

Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

4
Cara Pakai Produk

Bagaimana Cara Pakai Tiap Produk yang Benar?

Cara Pakai Produk

5
Tipe Kemasan Masing-Masing Produk

Cushion dan Bedak, Serupa Namun Tak Sama

Tipe Kemasan Masing-Masing Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Apa Fungsi dari Masing-Masing Produk?
© freepik.com
1
Apa Fungsi dari Masing-Masing Produk?

Mempunyai Fungsi yang Berbeda

Rekomendasi kami

Tahukah Anda jika bedak dan cushion mempunyai fungsi yang berbeda? Jika Jelitagenk belum mengetahui fakta yang satu ini, tim Jelita bersedia menjelaskannya untuk Anda. Faktanya, bedak terbagi menjadi dua varian, yaitu bedak padat dan bedak tabur.

Bedak padat mempunyai beberapa fungsi, yaitu menahan produksi minyak berlebih sekaligus menyamarkan noda hitam di wajah Anda. Sedangkan, bedak tabur bisa Jelitagenk gunakan untuk menahan dan juga mengontrol produksi minyak berlebih di wajah Anda. 

Sementara itu, cushion juga punya banyak sekali manfaat. Cushion dipercaya mampu menyamarkan bekas jerawat, flek hitam, kemerahan, dan imperfection lain di wajah Anda. Bukan cuma itu saja, cushion juga dapat memberikan tampilan makeup natural ala Korean make up look.

Salah Satu Perbedaan yang Paling Dasar
© freepik.com
2
Salah Satu Perbedaan yang Paling Dasar

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Rekomendasi kami

Jelitagenk bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mengetahui perbedaan cushion dan bedak, yakni membandingkan tekstur masing-masing produk. Pada dasarnya, cushion mempunyai tekstur yang lebih cair dan creamy dibanding bedak tabur ataupun padat. 

Lain halnya dengan bedak tabur dan juga padat, karena masing-masing varian bedak mempunyai tekstur yang berbeda. Pasalnya, bedak tabur memiliki tekstur yang lebih halus dan ringan ketika Anda pegang atau aplikasikan. Sedangkan, bedak padat mempunyai tekstur yang cenderung lebih padat dan juga creamy. 

Cushion vs Bedak, Mana yang Paling Bagus?
© freepik.com
3
Cushion vs Bedak, Mana yang Paling Bagus?

Tingkat Coverage Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Kali ini, tim Jelita akan menjelaskan tingkat coverage yang ditawarkan oleh bedak dan cushion. Umumnya, bedak tabur mempunyai tingkat coverage yang sheer dan halus. Berbeda dengan bedak tabur, versi padat memiliki coverage yang medium to full. 

Sedangkan cushion menawarkan tingkat coverage yang medium to full. Menariknya lagi, Jelitagenk masih bisa build up atau tambah layering untuk mendapatkan tingkat coverage yang Anda inginkan. Jika dibandingkan dengan bedak padat, cushion tentunya jauh lebih unggul dalam hal coverage. 

Bagaimana Cara Pakai Tiap Produk yang Benar?
© freepik.com/jcomp
4
Bagaimana Cara Pakai Tiap Produk yang Benar?

Cara Pakai Produk

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, bedak padat ataupun tabur diaplikasikan setelah menggunakan cushion. Untuk mengaplikasikan bedak padat, Jelitagenk bisa memakai sponge bedak yang basah. Sedangkan, bedak tabur dapat Jelitagenk aplikasikan dengan powder brush.

Sebaliknya, cushion bisa Anda gunakan sebelum mengaplikasikan bedak tabur ataupun padat. Selain itu, Jelitagenk bisa memakai puff atau sponge khusus ketika mengoleskan produknya ke seluruh wajah. Anda tidak perlu membeli puff atau sponge khusus karena di dalam kemasan cushion Jelitagenk bisa menemukan aplikatornya. 

Cushion dan Bedak, Serupa Namun Tak Sama
© freepik.com
5
Cushion dan Bedak, Serupa Namun Tak Sama

Tipe Kemasan Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Perbedaan bedak dan cushion terakhir terletak pada tipe kemasan. Biasanya, bedak tabur dikemas dalam bentuk jar dan bedak padat dikemas dalam bentuk compact seperti bedak two way cake. Untuk semua varian bedak, Anda bisa menemukan puff atau sponge di dalam kemasan produknya. 

Lain halnya dengan cushion, produk satu ini dinilai lebih praktis karena bentuknya compact dan dilengkapi dengan aplikator berupa puff yang tidak akan menyerap produk secara berlebihan (H Mirza, 2019:15). Bukan hanya puff bedak, Jelitagenk juga bisa menemukan cermin kecil di dalam kemasan cushion. Menarik sekali, bukan?

Tanya Jawab Seputar Bedanya Cushion Sama Bedak

Untuk Jelitagenk yang masih penasaran mengenai bedanya cushion sama bedak bisa menyimak section yang berisi informasi FAQ. Tanpa berlama-lama lagi, baca daftarnya di bawah!

Kalau sudah pakai cushion apakah harus pakai bedak?

Tentu saja. Hal tersebut bertujuan agar cushion yang Anda pakai jadi tahan lama dan tidak mudah luntur. Jelitagenk bisa menggunakan bedak tabur, compact powder, atau two way cake sebagai pelengkap makeup Anda. 

Apakah cushion bisa digunakan setiap hari?

Menurut tim Jelita, cushion bisa Anda gunakan setiap hari tanpa perlu khawatir. Pasalnya, cushion mempunyai tekstur yang ringan sekaligus melembapkan wajah, jadi aman-aman saja kalau Anda pakai.

Bagaimana cara memakai cushion yang benar?

Berikut step by step memakai cushion dengan benar yang cocok untuk para pemula:

  1. Cuci muka terlebih dahulu menggunakan face wash, lalu keringkan wajah Anda. 
  2. Langkah selanjutnya adalah memakai produk skincare, mulai dari toner, serum, pelembab atau day cream, dan terakhir ada sunscreen.
  3. Apabila produk skincare sudah meresap ke dalam kulit, Anda bisa mengoleskan Maybelline Baby Skin Pore Eraser Foundation sebagai primer ke seluruh wajah atau area t-zone.
  4. Oleskan cushion menggunakan puff bedak dan tap-tap secara perlahan. Mulailah dari bagian tengah wajah dan ratakan hingga ke seluruh wajah.
  5. Tahap berikutnya, aplikasikan concealer ke beberapa bagian wajah, kemudian baurkan dengan beauty blender.
  6. Bubuhkan bedak padat atau tabur ke seluruh wajah menggunakan powder brush.
  7. Set semua produk make up yang sudah Anda pakai dengan menyemprotkan setting spray dan tunggu selama beberapa menit. 

Cushion dan BB cream apa bedanya?

Untuk mengetahui perbedaan cushion dan BB cream, Anda bisa membandingkan tingkat coverage masing-masing produk. Faktanya, BB cream menawarkan tingkat coverage yang lebih berat. Sedangkan cushion menawarkan medium to full coverage dengan hasil akhir yang natural. Hal tersebut dikarenakan BB cream mempunyai tekstur yang lebih kental daripada cushion. 

Kesimpulan: Bedanya Cushion Sama Bedak

Arti dari pembahasan menarik ini adalah untuk menginformasikan mengenai perbedaan cushion dan bedak kepada Jelitagenk sekalian agar tidak keliru ketika membeli salah satu produknya. Meskipun kedua produk tersebut sama-sama penting dalam tata rias wajah, namun ada satu produk yang harus Anda dahulukan. 

Apabila Jelitagenk sudah menentukan ingin membeli produk yang mana, Anda bisa membeli produk rekomendasi terbaik yang telah disediakan oleh tim Jelita. Kalau soal harga jangan ditanya, karena semua produk rekomendasi di atas sudah pasti dijual dengan harga yang masih tergolong affordable. Jadi, ayo belanja sekarang!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo