Hide Menu

Masih Belum Tahu Apa 5 Perbedaan Primer dan Moisturizer? Simak Artikel Ini agar Tahu!

Apa yang Dimaksud dengan Perbedaan Primer dan Moisturizer? Temukan Jawabannya Hanya di Artikel Ini dan Baca Sekarang Juga!

Artikel Perbedaan Primer dan Moisturizer ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Perbedaan Primer dan Moisturizer 2024
© freepik.com

Apakah Primer Sama dengan Pelembab?

Apakah Primer Sama dengan Pelembab?
freepik.com

Tahukah Anda jika pelembab wajah atau moisturizer dan primer termasuk produk perawatan kulit? Akan tetapi, kedua produk tersebut mempunyai beberapa perbedaan, entah dari segi fungsi, kandungan, tekstur, dan masih banyak lagi. 

Face primer adalah salah satu produk kosmetik yang dipercaya dapat menghaluskan permukaan kulit sang pemakai dan mempersiapkan kulit wajah sebelum memakai produk make up. Bukan cuma itu saja, primer juga bisa Jelitagenk pakai sebagai alas bedak agar make up dapat bertahan lebih lama tanpa perlu khawatir luntur atau crack. 

Berlanjut ke moisturizer, faktanya, produk ini termasuk bagian dari produk skincare yang mampu menghidrasi bagian wajah yang kering ataupun berminyak. Moisturizer juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produksi collagen agar tampak lebih muda. Jadi, bisa disimpulkan jika primer dan moisturizer adalah produk yang berbeda.

Berhubung Jelitagenk sudah mengetahui fakta bahwa primer dan moisturizer adalah produk yang berbeda, rasa-rasanya tidak lengkap kalau Anda belum mengetahui perbedaan kedua produk tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Cus, scroll artikel ini untuk menemukan perbedaan primer dan moisturizer!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Primer dan Moisturizer - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan membongkar beberapa perbedaan primer dan moisturizer yang harus Jelitagenk ketahui. Pastikan untuk menyimak section ini dengan saksama biar tidak menyesal. Ayo, baca sekarang!

1
Kandungan Masing-Masing Produk

Ketahui Kandungan dari Moisturizer dan Primer

Kandungan Masing-Masing Produk

2
Fungsi atau Kegunaan Tiap Produk

Punya Beberapa Kegunaan yang Menakjubkan

Fungsi atau Kegunaan Tiap Produk

3
Cara Penggunaan Setiap Produk

Pakai Primer atau Moisturizer Dulu?

Cara Penggunaan Setiap Produk

4
Jenis Produk yang Berbeda

Salah Satu Perbedaan yang Paling Umum

Jenis Produk yang Berbeda

5
Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Coba Pakai Kedua Produk untuk Mengetahuinya!

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ketahui Kandungan dari Moisturizer dan Primer
© freepik.com
1
Ketahui Kandungan dari Moisturizer dan Primer

Kandungan Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

First things first, Jelitagenk bisa membandingkan kandungan bahan aktif moisturizer dan primer untuk mengetahui perbedaan kedua produk tersebut. Daripada penasaran dan clueless, mending Anda simak penuturan di bawah ini dengan saksama!

Pada dasarnya, moisturizer adalah salah satu produk skincare yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide. Bukan hanya itu saja, moisturizer juga diperkaya dengan kandungan emolien, humektan, oklusif, dan protein rejuvenator yang dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit (Janis Kansafitri, 2019:11).

Sementara primer dilengkapi dengan kandungan bahan aktif dimethicone yang mampu memberikan efek kulit yang halus dan mulus pada wajah Anda. Maka, jangan heran jika produk satu ini lebih cocok Jelitagenk jadikan sebagai base make up untuk menghasilkan tampilan wajah yang lebih smooth.

Punya Beberapa Kegunaan yang Menakjubkan
© freepik.com
2
Punya Beberapa Kegunaan yang Menakjubkan

Fungsi atau Kegunaan Tiap Produk

Rekomendasi kami

Perbedaan primer dan pelembab selanjutnya terletak pada fungsi masing-masing produk. Berikut beberapa manfaat moisturizer dan primer yang bisa Jelitagenk pelajari:

MoisturizerPrimer
  • Mencegah terjadinya kulit kering
  • Mengurangi gejala peradangan atau kemerahan
  • Menjaga kulit agar tetap halus
  • Melindungi kulit wajah dari zat berbahaya
  • Menghidrasi dan melembapkan kulit wajah
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Mempercepat pergantian sel di kulit wajah
  • Menyamarkan pori-pori besar
  • Menyembunyikan garis halus
  • Menghasilkan tampilan make up yang awet
  • Membuat make up jadi lebih nempel
  • Menjaga kelembapan kulit wajah
  • Menutup bekas jerawat, flek hitam, dan kemerahan
  • Sebagai pelindung antara kulit dan make up
Pakai Primer atau Moisturizer Dulu?
© freepik.com/jcomp
3
Pakai Primer atau Moisturizer Dulu?

Cara Penggunaan Setiap Produk

Rekomendasi kami

Moisturizer dapat Anda gunakan setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit wajah agar tidak mudah kering. Jelitagenk bisa menggunakan moisturizer saat pagi ataupun malam hari sebelum pergi tidur. Pada pemakaian di waktu malam hari, moisturizer berfungsi untuk mengunci semua produk night skincare routine Anda.

Sebaliknya, Jelitagenk bisa memakai primer sebelum mengaplikasikan foundation, cushion, BB cream atau produk complexion lain. Gunakan primer sebanyak biji kacang polong ke seluruh wajah, pori-pori kulit yang besar atau area wajah yang sering berminyak. Menariknya lagi, produk satu ini diaplikasikan setelah rangkaian produk skincare, salah satunya pelembab atau moisturizer.

Salah Satu Perbedaan yang Paling Umum
© freepik.com
4
Salah Satu Perbedaan yang Paling Umum

Jenis Produk yang Berbeda

Rekomendasi kami

Perbedaan primer dan moisturizer atau pelembab wajah berikutnya dapat dilihat dari jenis atau tipe masing-masing produk. Moisturizer atau pelembab wajah merupakan salah satu produk skincare yang harus dimiliki oleh semua wanita Indonesia. Pasalnya, moisturizer mempunyai banyak sekali kegunaan yang menakjubkan. 

Primer juga wajib atau harus dimiliki oleh semua perempuan Indonesia. Akan tetapi, perlu diingat kembali bahwa primer bukanlah produk skincare, melainkan produk kosmetik atau make up. Primer bisa Anda aplikasikan sebagai base make up sebelum mengoleskan produk complexion ke wajah. 

Coba Pakai Kedua Produk untuk Mengetahuinya!
© freepik.com
5
Coba Pakai Kedua Produk untuk Mengetahuinya!

Perbedaan Tekstur Setiap Produk

Rekomendasi kami

Last but not least, gunakan cara ini untuk membedakan primer dan moisturizer dengan memeriksa tekstur tiap produknya. Faktanya, kedua produk hadir dalam berbagai macam tekstur.

Moisturizer menawarkan tekstur cream, gel, lotion, gel cream, dan terakhir ada oil. Mungkin Jelitagenk baru pertama kali mendengar moisturizer dengan tekstur oil. Yang bikin menarik, produk dengan tekstur oil memiliki tekstur yang pekat seperti minyak dan cocok untuk kulit berminyak. 

Sedangkan primer mempunyai 3 jenis tekstur yang berbeda, yakni krim, gel, dan liquid atau cair. Selain itu, face primer terbagi menjadi beberapa macam tipe produk, seperti water based primer dan silicone based primer. Kedua tipe produk tersebut mempunyai bahan dasar atau kandungan yang berbeda pastinya. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Primer dan Moisturizer

Sebelum ke section berikutnya, Jelitagenk bisa menyimak section yang tidak kalah menarik dari pembahasan di atas. Baca lebih lanjut dan temukan informasi tambahan mengenai perbedaan primer dan moisturizer sekarang! 

Apa bedanya primer dan sunscreen?

Menurut tim Jelita, perbedaan sunscreen dan primer terletak pada kegunaan masing-masing produk. Sunscreen atau tabir surya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sedangkan primer dapat menghasilkan tampilan make up yang tahan lama dan menyamarkan pori-pori kulit yang besar.

Apakah face mist bisa menjadi pengganti primer?

Bisa saja. Pasalnya, face mist akan membuat make up Anda tidak mudah luntur, kering, crack, dan tahan lama. Kalau primer Anda habis dan malas beli baru, mending pakai face mist saja.

Apakah primer sama dengan setting spray?

Tentu saja berbeda. Biasanya, primer diaplikasikan pada tahap awal make up atau sebelum setting spray. Sementara setting spray mulai dipakai ke muka pada tahap akhir make up. 

Apa perbedaan moisturizer dan emulsion cream?

Moisturizer adalah produk pelembab wajah yang berfungsi untuk menghidrasi sekaligus menjaga kelembapan kulit wajah. Selanjutnya, emulsion cream merupakan produk pelembab wajah dengan tekstur yang lebih ringan dan cenderung kental seperti serum wajah. Salah satu moisturizer yang worth it untuk Anda coba adalah Haslin Seger Snow Lightening Cream Pink.

Apakah primer bisa diganti dengan BB cream?

Jelitagenk tidak akan menyangka jika BB cream bisa Anda alih fungsikan sebagai primer. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi kalau primer tiba-tiba habis, ‘kan bisa pakai BB cream. 

Kesimpulan: Perbedaan Primer dan Moisturizer

Akhirnya, tim Jelita berhasil menarik kesimpulan dari artikel ini. Faktanya, moisturizer dan primer adalah produk kecantikan wajah yang sama pentingnya untuk semua perempuan, termasuk Anda. Artinya, Jelitagenk akan membutuhkan kedua produk tersebut karena masing-masing mempunyai spesifikasi dan kegunaan yang berbeda-beda. 

Melalui artikel ini juga, Anda tahu jawaban dari primer dulu atau pelembab. Sebagai informasi tambahan, moisturizer dalam bahasa Indonesia adalah pelembab wajah. Jadi, Jelitagenk sekalian tidak boleh bingung lagi ketika mendengar kata tersebut. Sekiranya segitu saja kesimpulan yang dapat tim Jelita sampaikan, sampai bertemu di lain kesempatan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo