Hide Menu

Ingin Bisa Mahir Dandan tapi Gak Tahu 5 Kegunaan Primer Make Up? Yuk, Temukan Jawabannya!

Jangan Biarkan Diri Anda Penasaran, Segera Temukan Bermacam-macam Kegunaan Primer Make Up yang Hanya Ada di Jelita!

Artikel Kegunaan Primer Make Up ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kegunaan Primer Make Up 2024
© freepik.com

Produk Make Up Itu Terdiri dari Apa Saja?

Produk Make Up Itu Terdiri dari Apa Saja?
freepik.com

Di masa sekarang, Jelitagenk bisa menemukan bermacam-macam produk kosmetik dan bisa Anda dapatkan dengan begitu mudah. Maka, jangan heran jika nantinya Anda akan kecanduan belanja online karena tidak tahan dengan produk kosmetik yang ditawarkan oleh beberapa brand kecantikan. 

Apalagi anak perempuan yang mulai memasuki usia remaja atau para wanita yang masih pemula dalam dunia kosmetik. Tim Jelita kadang sering melihat para remaja perempuan yang masih pemula dilanda kebingungan ketika berbelanja produk kosmetik.

Nah, pas banget karena tim Jelita akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis produk kosmetik, seperti:

Face PrimerFoundationBronzer
ConcealerPensil AlisBlush On
Lip ProductsEyeshadowHighlighter
Bedak TaburSetting SprayMascara
Compact PowderEyelinerHighlighter
CC CreamBB Cream 

Setiap produk kosmetik yang telah dijabarkan oleh tim Jelita pasti mempunyai kegunaan atau manfaat sendiri-sendiri. Sebab, tidak mungkin industri kecantikan menawarkan produk yang tidak punya fungsi. 

Kali ini, tim Jelita akan mengajak Jelitagenk sekalian untuk mengetahui kegunaan primer make up. Jangan hanya asal pakai produknya tanpa mengetahui fungsinya! Maka, pastikan untuk menyimak artikel ini sampai akhir tanpa melewatkan satu informasi pun. Stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kegunaan Primer Make Up - Terbaru 2024

Apakah Jelitagenk sudah tidak sabar untuk mengetahui jawaban dari primer untuk apa? Tanpa berlama-lama lagi, simak section di bawah untuk menemukan kegunaan primer make up!

1
Jadi Lapisan Pelindung antara Make Up dan Kulit

Kalau Ga Ada Primer, Ga Ada Pelindung!

Jadi Lapisan Pelindung antara Make Up dan Kulit

2
Menyamarkan Kemerahan pada Wajah

Punya Bekas Jerawat dan Kemerahan? No Worry Lagi!

Menyamarkan Kemerahan pada Wajah

3
Menutup Pori-Pori Kulit yang Besar

Pori-Pori Besar Memang Bikin Gak Pede

Menutup Pori-Pori Kulit yang Besar

4
Mampu Melembapkan Kulit Wajah

Lembapkan Kulit Kering dengan Produk Ini

Mampu Melembapkan Kulit Wajah

5
Make Up Jadi Lebih Tahan Lama

Solusi Terbaik untuk Hasil Make Up yang Awet

Make Up Jadi Lebih Tahan Lama

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kalau Ga Ada Primer, Ga Ada Pelindung!
© freepik.com
1
Kalau Ga Ada Primer, Ga Ada Pelindung!

Jadi Lapisan Pelindung antara Make Up dan Kulit

Rekomendasi kami

Jawaban atas apa kegunaan primer yang pertama adalah mampu melindungi kulit wajah Jelitagenk dari paparan make up secara langsung. Kok bisa? Ternyata, kulit Jelitagenk yang bersentuhan langsung dengan produk make up ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit wajah Anda.

Itulah mengapa primer disebut sebagai base make up terbaik karena dapat mengurangi resiko permasalahan kulit, contohnya jerawat. Oleh sebab itulah Jelitagenk tidak boleh menyepelekan primer jika tidak ingin kulit wajah Anda jadi rusak akibat terkena paparan produk make up secara langsung. 

Punya Bekas Jerawat dan Kemerahan? No Worry Lagi!
© freepik.com
2
Punya Bekas Jerawat dan Kemerahan? No Worry Lagi!

Menyamarkan Kemerahan pada Wajah

Rekomendasi kami

Selain melindungi kulit wajah dari paparan produk make up, ternyata primer mempunyai fungsi yang lain, yaitu menyamarkan kemerahan yang ada pada wajah. Bagaimana tidak, faktanya, primer bisa Anda alih fungsikan sebagai color corrector yang bertujuan untuk menutup kemerahan di wajah. 

Selain itu, primer bisa Jelitagenk gunakan untuk menyamarkan garis-garis halus, flek hitam, bekas jerawat, dan noda hitam yang membandel di kulit wajah Anda. Bahkan, Jelitagenk bisa mengaplikasikan primer untuk meratakan warna kulit. Yakin tidak tertarik untuk pakai primer setelah membaca informasi yang satu ini?

Pori-Pori Besar Memang Bikin Gak Pede
© freepik.com
3
Pori-Pori Besar Memang Bikin Gak Pede
Rekomendasi kami

Siapa sih yang tidak ingin punya tampilan wajah bersih dan bebas dari pori-pori besar? Nyatanya, Anda bisa mendapatkan hal tersebut apabila menggunakan primer sebelum make up. Jikalau Jelitagenk mengaplikasikan primer sebelum make up, dijamin pori-pori besar dan garis halus pada wajah Anda akan hilang seketika. 

Menariknya lagi, dengan menutup pori-pori kulit yang besar, Jelitagenk sudah bisa mengurangi produksi minyak atau sebum berlebih sehingga kulit wajah bebas dari jerawat dan bruntusan. Pernyataan di atas merupakan salah satu fungsi primer. Jangan berhenti membaca karena masih ada beberapa fungsi primer make up yang lain dan wajib Jelitagenk ketahui lebih lanjut.

Lembapkan Kulit Kering dengan Produk Ini
© freepik.com
4
Lembapkan Kulit Kering dengan Produk Ini

Mampu Melembapkan Kulit Wajah

Rekomendasi kami

Manfaat primer make up selanjutnya adalah untuk melembapkan sekaligus menghidrasi kulit kering Jelitagenk agar selalu lembab dan plumpy. Hal tersebut dikarenakan primer diperkaya dengan kandungan silicon dan glycerin yang disinyalir mampu menjaga kelembapan kulit agar tetap lembab selama seharian penuh. 

Ini sangat bermanfaat mengingat ada beberapa produk complexion dengan formula berat sehingga dapat menyebabkan kulit wajah jadi kering kerontang. Menariknya lagi, primer bisa menjaga dan melindungi make up agar tahan lama dan tidak luntur. Karena bagaimanapun, produk make up tidak akan menempel di kondisi kulit yang kering dan tidak lembab.

Solusi Terbaik untuk Hasil Make Up yang Awet
© freepik.com
5
Solusi Terbaik untuk Hasil Make Up yang Awet

Make Up Jadi Lebih Tahan Lama

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, face primer merupakan salah satu produk kosmetik yang berfungsi sebagai base (basic) make up. Primer bisa Jelitagenk gunakan untuk menstabilkan kondisi kulit sehingga terhindar dari kelebihan minyak dan melindungi kulit Anda agar foundation tidak terserap ke dalam kulit (Dewi dan Arita, 2018:84).

Bukan cuma itu saja, primer juga dapat melindungi make up Jelitagenk agar tidak oksidasi dan berubah menjadi kusam dalam beberapa jam ke depan. Bukankah sayang jika Jelitagenk sudah meluangkan banyak waktu demi hasil make up yang kusam dan jelek? Oleh karena itulah Jelitagenk tidak boleh menyepelekan primer jika tidak ingin make up Anda jadi oksidasi, luntur, dan juga crack. 

Tanya Jawab Seputar Kegunaan Primer Make Up

Untuk Jelitagenk yang masih mempunyai pertanyaan tentang kegunaan primer make up bisa membaca section satu ini lebih lanjut. Siapa tahu Jelitagenk bisa menemukan jawaban dari semua pertanyaan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera scroll artikel ini!

Primer make up dipakai kapan?

Menurut tim Jelita, Anda bisa mengaplikasikan primer setelah skin prep atau pakai skincare, entah itu pelembab atau sunscreen. Hindari area mata ketika mengaplikasikan primer. Jika sudah, Jelitagenk bisa mengaplikasikan produk complexion seperti concealer, foundation, dan lain-lain. 

Apakah primer bisa dijadikan foundation?

Tidak bisa karena primer tidak mempunyai coverage yang tinggi seperti foundation dan tingkat coverage produknya cenderung sheer. Artinya, primer hanya bisa Anda jadikan sebagai kanvas terbaik sebelum mengaplikasikan foundation, cushion atau BB cream.

Apa perbedaan primer dan base make up?

Yang dimaksud dengan base (basis) make up adalah primer. Nama tersebut muncul karena primer dirancang untuk mempersiapkan kulit wajah Anda sebelum menggunakan produk make up. Jadi, tidak ada perbedaan antara keduanya. 

Kesimpulan: Kegunaan Primer Make Up

Melalui artikel ini, tim Jelita berharap agar Anda tidak menyepelekan primer lagi untuk ke depannya. Pasalnya, pemakaian primer adalah salah satu step paling penting dalam cara memakai make up yang benar. Primer bisa Anda aplikasikan tanpa alat karena produk ini bisa Jelitagenk ratakan menggunakan jari tangan saja. 

Bukankah sayang jika pakaian yang Jelitagenk pakai sudah bagus tapi make up Anda luntur di tengah-tengah acara? Maka, jangan menyepelekan atau mengesampingkan primer ketika mengaplikasikan make up. Kalau tidak percaya, ambil gambar selfie dan bandingkan hasil make up dengan dan tanpa primer. Kelihatan ‘kan bedanya? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo