Hide Menu

Temukan 7 Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit, Make Up Jadi Flawless dan Glowing!

Foundation yang Anda Pakai Luntur di Tengah-Tengah Acara? Berikut Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit yang Wajib Anda Coba!

Artikel Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit 2024
© freepik.com

Cara Memilih Foundation yang Benar

Cara Memilih Foundation yang Benar
freepik.com

Siapa sih yang tidak mau punya make up flawless sepanjang hari? Pasalnya, cakey foundation selalu menjadi bayang-bayang setiap perempuan ketika mengaplikasikan make up. Hal tersebut dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Apalagi kalau bertemu orang banyak dan tiba-tiba make up Anda berubah jadi cakey atau luntur, menakutkan sekali!

Menariknya, penyebab terjadinya cakey foundation itu sangatlah banyak. Namun, Jelitagenk sekalian tidak perlu khawatir lagi karena tim Jelita sudah menemukan cara untuk mengatasi permasalahan cakey foundation.

Ikuti tips dan trik di bawah ini untuk mendapatkan hasil make up yang mulus dan anti cakey!

  • Sesuaikan Foundation dengan Skintone

Untuk mendapatkan hasil make up yang flawless dan natural, Jelitagenk harus memilih warna foundation sesuai skintone Anda. Apabila Jelitagenk pakai foundation yang terlalu terang, wajah akan tampak dempul atau ashy. Jadi, pemilihan foundation sesuai skintone itu sangatlah penting dan harus Anda perhatikan betul-betul.

Bukan hanya itu saja, Jelitagenk juga harus mengetahui apakah foundation yang dipakai atau dibeli itu oksidasi atau tidak. Untuk mengatasi foundation yang oksidasi, Anda bisa memilih warna foundation 1 tingkat lebih cerah dari warna kulit asli agar tidak kusam.

  • Gunakan Foundation yang Tidak Mudah Luntur

Tips memilih foundation yang benar selanjutnya adalah menggunakan foundation yang tahan lama dan tidak mudah luntur apabila terkena keringat atau minyak berlebih dari wajah Anda. Maka dari itu, tim Jelita sarankan untuk memilih foundation yang waterproof guna menekan produksi sebum sehingga make up Anda akan tetap awet sepanjang hari. 

  • Pilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

  1. Apabila Jelitagenk mempunyai tipe kulit berminyak, gunakan foundation yang mengandung formula bebas minyak atau oil free, contohnya mineral foundation. Jelitagenk juga bisa memilih foundation dengan hasil akhir matte atau semi-matte. 
  2. Jika Anda memiliki tipe kulit kombinasi, pakailah foundation bertekstur ringan dan tidak mengandung banyak minyak atau oil free. Sama halnya dengan kulit berminyak, Anda bisa pakai foundation dengan hasil akhir semi-matte atau matte.
  3. Untuk tipe kulit kering, pilihlah foundation yang creamy dan diperkaya dengan kandungan pelembab karena dapat menghidrasi kulit kering. Jelitagenk bisa menggunakan foundation dengan hasil akhir yang dewy. 
  4. Bagi Jelitagenk yang mempunyai tipe kulit sensitif, Anda harus menghindari foundation yang terlalu pigmented dan mengandung alkohol atau fragrance. Jelitagenk juga tidak boleh memakai foundation yang mengandung mineral oil dan powder foundation. 

Nah, selanjutnya tim Jelita akan membongkar beberapa cara agar foundation menyatu dengan kulit. Jadi, Jelitagenk tidak perlu khawatir dengan cakey foundation atau make up luntur. Penasaran? Yuk, simak kelanjutan artikel ini sampai habis!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit - Terbaru 2024

Apakah ada Jelitagenk yang bisa menjawab pertanyaan “Kenapa foundation tidak menyatu dengan kulit?” Jawabannya ternyata karena kurang skin prep dan ada kesalahan dalam cara pakai foundation. Untuk mengatasi hal tersebut, tim Jelita akan membagikan cara agar foundation menyatu dengan kulit. Baca sekarang juga, yuk!

1
Kompres Wajah dengan Air Es atau Es Batu

Cobalah Tips dan Trik yang Satu Ini!

Kompres Wajah dengan Air Es atau Es Batu

2
Lanjutkan dengan Melakukan Skin Preparation

Lakukan Skin Prep ala MUA Terkenal

Lanjutkan dengan Melakukan Skin Preparation

3
Pakai dan Ratakan Primer ke Seluruh Muka

Salah Satu Cara Terbaik untuk Mengunci Foundation

Pakai dan Ratakan Primer ke Seluruh Muka

4
Aplikasikan Foundation dengan Tepat

Dapatkan Hasil Riasan yang Sempurna!

Aplikasikan Foundation dengan Tepat

5
Pulaskan Concealer ke Beberapa Bagian Wajah

Samarkan Imperfection dengan Concealer

Pulaskan Concealer ke Beberapa Bagian Wajah

6
Set Foundation Menggunakan Bedak

Kunci Foundation Anda agar Tidak Pecah dan Luntur

Set Foundation Menggunakan Bedak

7
Kunci Make Up Anda dengan Setting Spray

Jangan Lupa untuk Menyemprotkan Setting Spray!

Kunci Make Up Anda dengan Setting Spray

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cobalah Tips dan Trik yang Satu Ini!
© freepik.com/valuavitaly
1
Cobalah Tips dan Trik yang Satu Ini!

Kompres Wajah dengan Air Es atau Es Batu

Siapa sangka jika mengompres wajah menggunakan air es atau es batu menjadi salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi cakey foundation. Menariknya lagi, cara ini dipercaya mampu menyamarkan pori-pori besar, mengurangi kadar sebum atau minyak berlebih, dan membuat kulit wajah tampak lebih halus.

Itulah mengapa cara ini dapat menghasilkan tampilan make up yang flawless. Sebelum mengompres wajah Anda dengan air es atau es batu, pastikan kulit Jelitagenk sudah dalam keadaan yang bersih dari debu, kotoran atau sisa make up. Apabila sudah bersih, Jelitagenk bisa mulai mengompres wajah menggunakan air es atau es batu.

Caranya mudah sekali, Jelitagenk hanya perlu mengoleskan es batu ke seluruh wajah selama 2-3 menit. Jika dirasa terlalu dingin, bisa juga dengan memasukkan es batu ke dalam gulungan handuk dan taruh di wajah Anda selama 2-3 menit. 

Lakukan Skin Prep ala MUA Terkenal
© freepik.com/frimufilms
2
Lakukan Skin Prep ala MUA Terkenal

Lanjutkan dengan Melakukan Skin Preparation

Rekomendasi kami

Sebelum mengaplikasikan foundation atau produk make up yang lain, alangkah baiknya untuk melakukan skin preparation terlebih dahulu. Metode ini dipercaya mampu menghasilkan kulit wajah yang lebih lembab dan plumpy sehingga foundation jadi lebih nempel di kulit wajah Jelitagenk. 

Untuk tahap ini, Jelitagenk bisa mengaplikasikan toner, serum, moisturizer, dan terakhir ada sunscreen. Produk skincare yang Anda pakai tentu saja mempunyai kegunaan masing-masing. Sebagai contoh, moisturizer atau pelembab wajah memiliki fungsi menghidrasi kulit yang super kering dan mengurangi penguapan pada kulit sehingga foundation jadi lebih nempel (Nadya Berliana, 2018:36).

Salah Satu Cara Terbaik untuk Mengunci Foundation
© freepik.com/pikisuperstar
3
Salah Satu Cara Terbaik untuk Mengunci Foundation

Pakai dan Ratakan Primer ke Seluruh Muka

Rekomendasi kami

Setelah mengaplikasikan skincare, Jelitagenk bisa mengoleskan primer ke seluruh wajah atau beberapa bagian wajah saja. Pasalnya, primer adalah salah satu produk yang tidak boleh terlewat jika Anda ingin menggunakan foundation atau alas bedak yang lain.

Selain itu, primer merupakan kunci foundation yang tahan lama dan anti luntur. Primer mempunyai banyak sekali manfaat, seperti menahan minyak atau sebum berlebih di wajah, menyamarkan pori-pori kulit yang besar, dan membantu foundation agar lebih nempel.

Anda bisa menuangkan primer sebesar biji kacang polong ke punggung tangan, lalu oleskan ke seluruh wajah, area t-zone atau bagian wajah yang sering berminyak. Kemudian, tunggu selama beberapa menit sampai primer terserap ke dalam kulit. 

Dapatkan Hasil Riasan yang Sempurna!
© freepik.com/master1305
4
Dapatkan Hasil Riasan yang Sempurna!

Aplikasikan Foundation dengan Tepat

Rekomendasi kami

Siapa yang sudah tidak sabar untuk mengaplikasikan foundation? Wah, pas banget karena inilah saatnya untuk mengoleskan foundation ke wajah Anda. Ayo temukan beberapa cara menggunakan foundation agar tidak cakey di bawah ini: 

Cara Pakai Foundation dengan Beauty Blender

  1. Semprot wajah Anda menggunakan setting spray secara merata dan tunggu sampai setting spray mengering.
  2. Kemudian, aplikasikan setting spray pada beauty blender yang akan Jelitagenk gunakan.
  3. Jelitagenk bisa langsung menuangkan foundation atau foundie ke wajah atau palette make up dulu.
  4. Jika Anda menuangkan foundation ke palette make up, Jelitagenk bisa mengoleskan foundation ke wajah dengan spatula khusus. 
  5. Step berikutnya adalah meratakan foundation menggunakan beauty blender dengan menepuk-nepuknya secara perlahan. 

Cara Pakai Foundation dengan Stippling Brush

  1. Tuang foundation (pondesen) ke palette make up dan oleskan ke wajah menggunakan spatula khusus make up. 
  2. Pakai stippling brush dengan bulu yang halus agar aman ketika Anda gunakan ke wajah.
  3. Semprot setting spray ke seluruh wajah secara merata, lalu biarkan sampai mengering.
  4. Ratakan foundation menggunakan stippling brush dengan gerakan memutar berbentuk lingkaran. Langkah yang satu ini dikenal dengan sebutan teknik stippling. 
  5. Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk juga bisa meratakan foundation pakai stippling brush dengan cara tap-tap perlahan.

Cara Pakai Foundation dengan Face Oil

  1. Taruh foundation di atas palette make up secukupnya.
  2. Tuangkan beberapa tetes face oil di atas foundation sebelum diaplikasikan ke wajah.
  3. Kemudian, aduk campuran foundation dan face oil menggunakan spatula khusus.
  4. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dengan spatula khusus.
  5. Ratakan foundation pakai stippling brush atau beauty blender. 
  6. Cara satu ini dapat menciptakan tampilan make up dewy yang cocok untuk kulit kering.
Samarkan Imperfection dengan Concealer
© freepik.com
5
Samarkan Imperfection dengan Concealer

Pulaskan Concealer ke Beberapa Bagian Wajah

Rekomendasi kami

Step berikutnya adalah mengaplikasikan concealer ke beberapa bagian wajah yang perlu Anda cover. Mulai dari bekas jerawat, noda kehitaman, flek hitam, kemerahan, dan masih banyak lagi. Bukan cuma itu saja, concealer juga bisa Anda aplikasikan ke tulang hidung, dahi, tulang pipi, dan lain-lain untuk menegaskan area atau fitur wajah tersebut. 

Apabila Jelitagenk sudah selesai mengoleskan concealer ke wajah, Anda bisa membaurkan produknya menggunakan beauty blender yang sudah Anda pakai sebelumnya. Baurkan concealer dengan menepuk-nepuk secara perlahan, dan hindari untuk menggeser beauty blender ketika membaurkan concealer. Baru deh semprotkan setting spray ke seluruh muka sebelum pakai bedak. 

Kunci Foundation Anda agar Tidak Pecah dan Luntur
© freepik.com/drobotdean
6
Kunci Foundation Anda agar Tidak Pecah dan Luntur

Set Foundation Menggunakan Bedak

Rekomendasi kami

Langkah berikutnya adalah mengaplikasikan bedak ke seluruh wajah Jelitagenk. Akan tetapi, perlu diingat kembali Anda tidak boleh asal-asalan ketika menggunakan bedak.

Simak step by step di bawah ini agar bedak yang Jelitagenk pakai tidak mudah luntur!

Cara Pakai Compact Powder dan Two Way Cake

  1. Ambil sedikit produknya menggunakan puff atau sponge bedak basah yang sudah disemprot dengan setting spray. 
  2. Selanjutnya, oleskan ke wajah Anda dengan cara tap-tap.
  3. Untuk lipatan hidung, Anda bisa melipat puff atau sponge bedak menjadi dua. Kemudian, tap-tap bedak padat secara perlahan.
  4. Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk juga bisa mengaplikasikan bedak padat dengan powder brush. Ambil bedak padat dengan powder brush, lalu bubuhkan ke seluruh wajah. 

Cara Pakai Bedak Tabur atau Loose Powder

  1. Pakai powder brush dengan ukuran besar untuk memudahkan Anda ketika menggunakan bedak tabur atau loose powder.
  2. Ambil bedak tabur secukupnya dengan powder brush dan sapukan ke area wajah yang berminyak seperti hidung, pipi, dahi, bawah mata, dan area t-zone. Lalu, diamkan selama 2-10 menit agar bedak tabur yang Anda pakai ngeset.
  3. Baru deh Jelitagenk bisa meratakan bedak tabur ke seluruh wajah dengan powder brush.
  4. Aplikasikan bedak tabur lagi pakai powder brush, lalu tepuk-tepuk gagang powder brush agar loose powder yang menempel tidak terlalu banyak. Kemudian, oleskan bedak tabur ke seluruh wajah. 
Jangan Lupa untuk Menyemprotkan Setting Spray!
© freepik.com/user23391150
7
Jangan Lupa untuk Menyemprotkan Setting Spray!

Kunci Make Up Anda dengan Setting Spray

Rekomendasi kami

Last but not least, cara agar make up menyatu dengan kulit adalah menyemprotkan setting spray secara merata ke seluruh wajah Anda. Berikut langkah-langkah yang harus Jelitagenk lakukan sebelum menggunakan setting spray:

  1. Alangkah baiknya untuk mengocok botol setting spray terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produknya. Hal tersebut bermaksud untuk menggabungkan semua kandungan yang ada di setting spray agar tidak menggumpal.
  2. Selepas itu, semprotkan setting spray ke seluruh wajah secara merata.
  3. Kemudian, biarkan setting spray selama beberapa menit sampai terserap ke dalam kulit Anda. 

Tanya Jawab Seputar Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit

Untuk Jelitagenk yang masih bingung seputar cara agar foundation menyatu dengan kulit, simak section satu ini. Barangkali setelah membacanya, Anda sudah tidak bingung lagi. Ayo simak sekarang!

Kenapa kalau make up tidak menyatu dengan kulit?

Hal tersebut akan menghasilkan tampilan make up yang bolong-bolong dan cemong. Bukankah hal tersebut adalah momok untuk semua perempuan? Oleh sebab itu, Anda tidak boleh memakai make up secara sembarangan.  

Kenapa make up jadi cakey?

Biasanya, make up cakey bisa terjadi karena kesalahan diri Anda sendiri. Pasalnya, Anda menggunakan terlalu banyak produk ketika melakukan teknik layering sehingga make up Jelitagenk jadi cakey dan gampang crack. 

Apa yang membuat make up longsor?

Make up longsor terjadi karena beberapa hal. Pertama, kulit wajah terlalu kering atau berminyak sehingga produk make up yang dipakai jadi gampang luntur. Kedua, menggunakan produk make up dalam jumlah yang banyak dan tidak membaurkan produknya dengan benar. 

Kenapa make up terlihat dempul?

Hal tersebut dikarenakan Anda kurang melembapkan kulit wajah sebelum mengaplikasikan foundation atau alas bedak, sehingga make up Jelitagenk terlihat cakey atau dempul. Berikut beberapa tips untuk mengatasi make up yang dempul:

  1. Menyederhanakan produk skincare yang Anda pakai karena “lebih sedikit, lebih baik”. 
  2. Rutin eksfoliasi kulit wajah menggunakan scrub yang gentle. 
  3. Oleskan concealer ke beberapa bagian wajah menggunakan brush, lalu tap-tap secara perlahan. 
  4. Gunakan teknik sandwich setting dengan menyemprotkan setting spray di awal tahapan make up.
  5. Pakai sponge atau beauty blender basah ketika mengaplikasikan foundation atau alas bedak yang lain. Anda bisa menyemprotkan setting spray ke sponge atau beauty blender terlebih dahulu.

Kesimpulan: Cara agar Foundation Menyatu dengan Kulit

Melalui artikel menarik ini, tim Jelita berharap agar Jelitagenk sekalian bisa mengimplementasikan tips dan trik di atas untuk tampilan make up sehari-hari. Pasalnya, tim Jelita sering melihat perempuan yang kebingungan untuk mengatasi berbagai masalah pada foundation, termasuk cakey, dempul, luntur, tidak tahan lama, dan lain-lain. 

Selain itu, informasi di atas tidak hanya berlaku untuk foundation saja. Artinya, Anda bisa mengganti foundation dengan BB cream atau cushion. Dijamin deh, hasil make up Anda akan sama bagusnya seperti pakai foundation. Jadi, Jelitagenk mau pakai complexion apa agar hasilnya menyatu dengan kulit? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo