Hide Menu

Berikut 7 Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural dan Anti Dempul, Wajib Coba!

Ingin Dapatkan Hasil Make Up yang Flawless tapi Tidak Tahu Caranya? Temukan Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural Hanya di Jelita!

Artikel Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural 2024
© freepik.com

Apa yang Dimaksud dengan BB Cream?

Apa yang Dimaksud dengan BB Cream?
freepik.com

Berkat kemajuan teknologi saat ini, Jelitagenk sudah bisa menemukan berbagai macam varian produk kosmetik yang tersedia di pasaran. Fungsi produknya pun sangat beragam, tapi tergantung kebutuhan setiap penggunanya, ya. Salah satu varian produk kosmetik yang kini tengah digandrungi oleh masyarakat adalah BB cream. Lantas, apa yang dimaksud dengan BB cream?

Faktanya, BB cream adalah salah satu produk krim kecantikan yang berfungsi sebagai alas bedak dengan menawarkan hasil make up yang natural, sederhana, flawless, dan cantik. Gak cuma itu, BB cream juga mempunyai beberapa manfaat atau kegunaan yang lain. Simak penuturan lebih lengkapnya!

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Menyamarkan warna kulit yang tidak merata
  • Mampu memperlambat tanda-tanda penuaan dini
  • Cocok dan aman untuk semua jenis kulit

Selanjutnya, tim Jelita akan membagikan beberapa tips memakai BB cream agar terlihat natural dan tidak dempul. Bukankah rugi jika Anda hanya mengetahui sedikit informasi mengenai BB cream tapi tidak tahu cara menggunakannya? Maka dari itu, Anda harus menyimak kelanjutan artikel ini sampai habis. Yuk, baca sekarang juga!

Cara Memilih BB Cream dengan Benar

Cara Memilih BB Cream dengan Benar
freepik.com

Sebelum melanjutkan ke pembahasan inti artikel ini, tim Jelita ingin Jelitagenk sekalian untuk menyimak beberapa informasi yang berisi tips dan trik memilih BB cream yang sesuai juga tepat. Tanpa berlama-lama lagi, baca dan simak penuturan di bawah ini baik-baik!

Beli BB Cream yang Sesuai Jenis Kulit Anda

  • Untuk kulit berminyak, pilihlah BB cream yang diperkaya dengan kandungan oil control karena mampu menekan produksi sebum atau minyak pada kulit wajah. Jelitagenk harus menghindari BB cream yang mengandung oil karena akan membuat kulit jadi lebih berminyak. 
  • Bagi pemilik kulit sensitif dan mudah iritasi, hindarilah BB cream yang dilengkapi dengan kandungan zat aditif seperti alkohol dan fragrance. Sebaiknya Jelitagenk memilih BB cream yang mengandung aloe vera, shea butter, tea tree, dan lain-lain. 
  • Apabila Jelitagenk mempunyai tipe kulit yang kering, Anda bisa menggunakan BB cream yang mengandung bahan pelembab guna menghidrasi kulit kering Anda. Contohnya ceramide, hyaluronic acid, collagen, squalane, glycerin, vitamin C derivatif, butylene glycol, dipropylene glycol, asam amino, dan fullerene.

Ketahui Macam-Macam BB Cream!

  • Apabila Jelitagenk menyukai tampilan make up (mekap) natural, maka Anda bisa menggunakan BB cream bertekstur ringan atau light coverage karena dapat dengan mudah menyatu dengan kulit Anda. Sayangnya, BB cream ini kurang mampu menyamarkan imperfection di wajah. 
  • Jikalau Jelitagenk mempunyai permasalahan warna kulit yang tidak merata, maka tim Jelita merekomendasikan BB cream bertekstur kental atau high coverage. Selain itu, BB cream satu ini bisa memberikan tampilan make up (mekup) yang full coverage dan flawless.

Gunakan BB Cream Sesuai dengan Warna Kulit

Selain memilih sesuai jenis kulit, Jelitagenk juga harus menentukan BB cream yang sesuai atau match dengan warna kulit. Hal tersebut bertujuan agar riasan Jelitagenk tidak keputihan ataupun ashy. Anda bisa memilih shade yang hampir mendekati warna kulit asli agar riasan tampak lebih natural. 

Pakai BB Cream yang Mengandung UV Protection

Tim Jelita merekomendasikan Jelitagenk sekalian untuk memakai BB cream yang mengandung UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, Jelitagenk hendaknya memilih BB cream yang sudah dilengkapi dengan SPF dan juga PA agar kulit tetap terlindungi dari radikal bebas sekaligus sinar UV. 

Pilih Hasil Akhir yang Anda Inginkan

  • BB cream dengan hasil akhir matte akan membuat kulit Anda terlihat lebih halus, lembut, sekaligus bebas kilap. Maka, jangan heran jika BB cream yang satu ini lebih cocok untuk tipe kulit yang cenderung berminyak. 
  • BB cream dengan hasil akhir glossy mampu memberikan kesan basah pada wajah sehingga kulit Anda akan tampak lebih berkilau, lembab, sehat, dan juga kenyal. Selain itu, BB cream yang satu ini dapat memberikan kesan awet muda pada wajah Jelitagenk. 
I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan membagikan beberapa tips memakai bb cream agar terlihat natural yang bisa digunakan untuk semua perempuan, termasuk para pemula yang masih belajar dandan. Pastikan untuk tidak melewatkan satu informasi pun. So, stay tune!

1
Cuci Muka Terlebih Dahulu

Jangan Malas untuk Double Cleansing

Cuci Muka Terlebih Dahulu

2
Lanjutkan dengan Produk Skincare

Lakukan Skin Prep Sebelum Pakai Make Up!

Lanjutkan dengan Produk Skincare

3
Oleskan Primer Secukupnya

Eits, Jangan Lupa untuk Pakai Primer!

Oleskan Primer Secukupnya

4
Pulaskan BB Cream ke Wajah

Ikuti Step by Step yang Satu Ini dengan Benar!

Pulaskan BB Cream ke Wajah

5
Tambahkan Concealer

Anda Bisa Menambahkan Pensil Alis Juga, Lho!

Tambahkan Concealer

6
Aplikasikan Bedak ke Seluruh Muka

Sudah Tahu Ingin Pakai Bedak yang Mana?

Aplikasikan Bedak ke Seluruh Muka

7
Semprotkan Setting Spray

Sebagai Finishing Touch, Gunakanlah Setting Spray

Semprotkan Setting Spray

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Malas untuk Double Cleansing
© freepik.com
1
Jangan Malas untuk Double Cleansing

Cuci Muka Terlebih Dahulu

Rekomendasi kami

Sebelum mengaplikasikan BB cream atau produk kosmetik yang lain, Jelitagenk harus memastikan kulit wajah dalam keadaan yang bersih dan bebas dari kotoran. Maka dari itu, Anda harus menggunakan produk yang mampu membersihkan sekaligus mengangkat semua debu, kotoran, dan minyak yang menempel di wajah Anda.

Jelitagenk bisa mengaplikasikan cleansing balm, micellar water ataupun cleansing milk terlebih dahulu untuk mengangkat semua kotoran dan minyak berlebih. Selepas itu, Jelitagenk harus mencuci muka menggunakan facial wash agar kotoran dan minyak berlebih yang ada di pori-pori kulit dapat terangkat semuanya.

Lakukan Skin Prep Sebelum Pakai Make Up!
© freepik.com/pikisuperstar
2
Lakukan Skin Prep Sebelum Pakai Make Up!

Lanjutkan dengan Produk Skincare

Rekomendasi kami

Cara memakai BB cream agar tahan lama selanjutnya adalah menggunakan produk basic skincare di pagi hari, mulai dari toner, serum, moisturizer atau day cream, dan ditutup dengan sunscreen. Hal tersebut bertujuan untuk mengunci semua produk make up atau BB cream yang Anda gunakan agar tahan lama dan tidak mudah luntur. 

Jika Anda menggunakan bb cream atau produk kosmetik di kulit wajah yang kering, dijamin make up Jelitagenk akan langsung luntur atau melting dalam beberapa jam ke depan. Oleh karena itulah tim Jelita mengharuskan Jelitagenk sekalian untuk melakukan skin prep terlebih dahulu.

Eits, Jangan Lupa untuk Pakai Primer!
© freepik.com
3
Eits, Jangan Lupa untuk Pakai Primer!

Oleskan Primer Secukupnya

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, primer mempunyai peran yang sangat penting untuk menciptakan tampilan make up yang sempurna dan juga simple (simpel). Primer juga mempunyai beberapa kegunaan yang lain, mulai dari menghaluskan tampilan pori-pori besar, meratakan warna kulit, dan mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. 

Jelitagenk bisa menuangkan primer ke punggung tangan secukupnya, lalu oleskan ke beberapa bagian wajah, mulai dari area bawah mata, dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. Sebagai opsi tambahan, Anda juga bisa mengoleskan primer ke bagian wajah yang memiliki pori-pori besar atau area t-zone yang mudah berminyak. 

Ikuti Step by Step yang Satu Ini dengan Benar!
© freepik.com
4
Ikuti Step by Step yang Satu Ini dengan Benar!

Pulaskan BB Cream ke Wajah

Rekomendasi kami

Tutorial memakai BB cream agar terlihat natural berikutnya yaitu mengaplikasikan BB cream secara merata ke seluruh wajah. Namun, Jelitagenk tidak boleh asal-asalan ketika memakai BB cream karena ada beberapa ketentuan yang harus Anda ikuti, sebagai berikut:

  • Aplikasikan BB Cream Menggunakan Jari Tangan

Cara pakai BB cream yang benar untuk mendapatkan hasil make up yang natural adalah mengoleskan BB cream menggunakan jari tangan. Hal tersebut karena hawa panas yang dikeluarkan oleh jari tangan mampu menghangatkan BB cream sehingga produknya akan lebih meresap ke dalam kulit. 

Sebelum mengoleskan BB cream ke wajah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, keringkan tangan Anda dengan tisu. Kemudian, aplikasikan BB cream ke beberapa titik wajah seperti dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. Jangan lupa untuk mengoleskan BB cream ke noda bekas jerawat atau flek hitam!

  • Ratakan dengan Gerakan Memutar

Langkah selanjutnya adalah meratakan BB cream dengan gerakan memutar menggunakan jari tangan mulai dari bagian dahi, kedua pipi, hidung, lalu turun ke dagu. Faktanya, hal ini bertujuan agar BB cream yang Anda aplikasikan dapat terserap secara sempurna ke dalam kulit. Selain itu, langkah yang satu ini juga dapat meratakan BB cream hingga ke bagian wajah yang sulit Anda jangkau.

Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk bisa menggunakan BB cream untuk menciptakan tampilan make up ala Korean look. Pasalnya, BB cream mampu memberikan hasil akhir tampilan make up yang dewy tapi tetap flawless dan natural seperti artis Korea pada umumnya (Ardhania Dinah Gitti Fadhilah, 2022:42).

Anda Bisa Menambahkan Pensil Alis Juga, Lho!
© freepik.com
5
Anda Bisa Menambahkan Pensil Alis Juga, Lho!

Tambahkan Concealer

Rekomendasi kami

Apabila Jelitagenk kurang merasa puas dengan coverage yang BB cream tawarkan, Anda bisa layering atau mengoleskan BB cream ke beberapa spot, contohnya noda bekas jerawat. Lalu, ratakan BB cream menggunakan jari tangan atau aplikator seperti brush, beauty blender atau alat yang lainnya. 

Jikalau cara tersebut kurang ampuh dalam menyamarkan atau menutupi imperfection di wajah, Jelitagenk bisa mengaplikasikan concealer ke beberapa bagian wajah. Contohnya, mata panda, bintik-bintik hitam, noda bekas jerawat, hiperpigmentasi, kemerahan, dan lain sebagainya. Kemudian, blend concealer menggunakan beauty blender atau foundation brush dengan cara tap-tap secara perlahan.

Sudah Tahu Ingin Pakai Bedak yang Mana?
© freepik.com
6
Sudah Tahu Ingin Pakai Bedak yang Mana?

Aplikasikan Bedak ke Seluruh Muka

Rekomendasi kami

Supaya semua produk kosmetik atau BB cream yang sudah Anda pakai dapat terkunci semua, Jelitagenk wajib mengaplikasikan bedak secara merata ke seluruh wajah. Jelitagenk bisa menggunakan bedak tabur ataupun padat, namun Anda harus memperhatikan cara pakainya.

Untuk bedak tabur atau loose powder, Jelitagenk bisa membaurkan produknya menggunakan powder brush secara perlahan. Pastikan untuk memilih loose powder yang translucent agar tidak merusak BB cream atau produk make up yang sudah Anda pakai sebelumnya. 

Lain halnya dengan bedak padat karena Anda bisa mengoleskan produknya dengan powder brush ataupun sponge bedak. Apabila Jelitagenk termasuk penyuka tampilan make up natural, Anda bisa mengaplikasikan bedak padat dengan powder brush. Sementara itu, untuk tampilan make up yang lebih full coverage, Jelitagenk bisa menggunakan sponge bedak.

Sebagai Finishing Touch, Gunakanlah Setting Spray
© freepik.com/kamranaydinov
7
Sebagai Finishing Touch, Gunakanlah Setting Spray

Semprotkan Setting Spray

Rekomendasi kami

Last but not least, semprotkan setting spray secara merata ke seluruh wajah agar semua produk make up atau BB cream yang Anda gunakan tidak mudah luntur dan tahan lama. Akan tetapi, Jelitagenk tidak boleh mengaplikasikan setting spray secara sembarangan.

Pastikan untuk mengocok setting spray terlebih dahulu sebelum menyemprotkannya ke wajah agar semua kandungan yang ada pada produknya dapat tercampur dengan sempurna. Kemudian, semprotkan setting spray dengan jarak ideal dari wajah sekitar 15-20 cm. Lalu, biarkan selama beberapa menit sampai setting spray mengering. Selamat, tampilan makeup yang natural sudah selesai!

Tanya Jawab Seputar Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural

Apakah Jelitagenk masih penasaran dan belum puas dengan informasi di atas? Tenang saja, karena tim Jelita telah menyediakan informasi tambahan seputar tips memakai BB cream agar terlihat natural yang bisa Anda temukan hanya di section ini. Baca sekarang juga, yuk!

Apakah BB cream bisa mencerahkan?

Faktanya, BB cream tidak akan bisa mencerahkan atau memutihkan wajah secara permanen karena produk ini tidak dirancang untuk tujuan tersebut. BB cream justru berfungsi untuk mengoreksi warna kulit yang tidak rata dan menyamarkan imperfection di wajah Jelitagenk. 

Apakah BB cream aman digunakan setiap hari?

Jelitagenk tidak perlu khawatir karena BB cream aman untuk Anda pakai setiap hari. Pasalnya, BB cream mengandung formula dan bahan aktif yang ringan dan baik untuk kesehatan kulit Anda. 

Kalau sudah pakai BB cream apa harus pakai foundation?

Menurut tim Jelita, Anda tidak perlu mengaplikasikan foundation setelah BB cream. Namun kalau Jelitagenk merasa belum puas dengan coverage BB cream, Anda bisa layering produknya untuk mencapai tingkat coverage yang Jelitagenk inginkan. 

Setelah pakai BB cream pakai apa?

Apabila Jelitagenk sudah selesai mengaplikasikan BB cream, Anda bisa melanjutkannya dengan memulaskan bedak, entah itu loose powder, two way cake ataupun compact powder. Akan tetapi, perlu Jelitagenk ingat kembali bahwa menggunakan harus BB cream yang sesuai dengan skintone Anda. Sebagai contoh, untuk kulit sawo matang sebaiknya menggunakan shade yang agak coklat.

Kesimpulan: Tips Memakai BB Cream agar Terlihat Natural

Melalui artikel ini, tim Jelita berharap agar Jelitagenk sekalian bisa mengimplementasikan langkah-langkah cara menggunakan BB cream di atas untuk tampilan make up sehari-hari. Selain mudah dipakai, BB cream juga mempunyai banyak sekali manfaat atau kegunaan yang rugi kalau tidak Anda coba dengan segera. 

Apabila Jelitagenk berminat untuk menggunakan BB cream dan membutuhkan rekomendasi produk, Anda tidak perlu risau karena tim Jelita sudah menyiapkan beberapa pilihan BB cream terbaik. Sudah waktunya untuk ganti foundation atau cushion Anda dengan BB cream untuk mendapatkan tampilan make up yang lebih natural. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo