Hide Menu

Terapkan 4 Urutan Pemakaian Exfoliating Toner yang Benar agar Hasilnya Memuaskan!

Hanya di Artikel Ini Anda Bisa Menemukan Urutan Pemakaian Exfoliating Toner yang Benar. Yuk, Baca Sekarang Juga!

Artikel Urutan Pemakaian Exfoliating Toner ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Urutan Pemakaian Exfoliating Toner 2024
© freepik.com

Apa Saja Kegunaan atau Fungsi Exfoliating Toner?

Apa Saja Kegunaan atau Fungsi Exfoliating Toner?
freepik.com

Pastinya Jelitagenk sekalian sudah tidak asing lagi dengan produk skincare yang satu ini, yakni exfoliating toner. Gak heran sih, karena exfoliating toner merupakan salah satu produk eksfoliasi wajah yang mengandung berbagai macam zat asam eksfolian. Bukan cuma itu saja, exfoliating toner juga mempunyai banyak sekali khasiat atau kegunaan untuk kulit wajah Anda. 

Namun, sayangnya ada sebagian perempuan yang masih takut untuk memakai exfoliating toner. Padahal produk satu ini mempunyai banyak sekali khasiat yang menakjubkan untuk kulit wajah. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila memakai produknya:

  • Mengecilkan tampilan pori-pori kulit yang besar
  • Mengembalikan pH kulit supaya lebih lembab
  • Mencerahkan kulit wajah yang cenderung kusam
  • Mengontrol dan menahan produksi minyak berlebih
  • Memberantas racun yang bisa merusak skin barrier
  • Mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk
  • Menghilangkan noda hitam atau bekas jerawat
  • Membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran
  • Meregenerasi sel-sel kulit mati yang ada di wajah
  • Memperbaiki tekstur kulit wajah agar lebih halus

Jelitagenk sekalian bisa menggunakan exfoliating toner sebanyak 3-4 kali dalam seminggu kalau kadar bahan aktifnya cenderung rendah. Apabila exfoliating toner yang Anda pakai memiliki kadar bahan aktif yang tinggi, Anda bisa pakai produknya sebanyak 2-3 kali seminggu.

Perlu Anda ingat jika exfoliating toner tidak boleh dipakai asal-asalan kalau mau tampilan kulit wajah glowing, sehat, halus, dan cerah. Hal tersebut dikarenakan exfoliating toner mempunyai cara pemakaiannya sendiri. Penasaran? Berikut urutan pemakaian exfoliating toner yang benar!

Tips dan Trik Memilih Exfoliating Toner untuk Pemula

Tips dan Trik Memilih Exfoliating Toner untuk Pemula
freepik.com

Tim Jelita akan membagikan tips dan trik memilih exfoliating toner yang benar dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastinya informasi di bawah ini sangatlah bermanfaat dan tentu saja akan Anda butuhkan di kemudian hari. Tanpa perlu basa-basi lagi, simak penuturan selengkapnya!

1. Pilih Exfoliating Toner dengan Konsentrasi Exfoliating Agent yang Tepat

Perhatikan jenis dan presentasi bahan aktif yang terkandung di dalam exfoliating toner sebelum membeli dan memakai produknya. Jelitagenk bisa memilih exfoliating toner yang mengandung AHA, BHA ataupun PHA sesuai kondisi dan permasalahan kulit.

Di samping itu, kadarnya juga harus sesuai, seperti kadar AHA atau PHA harus diantara 2-5% dan BHA sekitar 2%. Menariknya lagi, ketiga kandungan tersebut hadir dalam berbagai macam pilihan. Berikut beberapa jenis kandungan bahan aktif AHA, BHA, dan PHA yang bisa Anda pakai ketika memilih exfoliating toner:

  1. AHA mengandung glycolic acid, lactic acid, citric acid atau mandelic acid
  2. PHA diperkaya dengan galactose, gluconolactone atau lactobionic acids
  3. BHA terbuat dari bahan aktif salicylic acid

2. Pakai Exfoliating Toner yang Sesuai dengan Jenis Kulit

  • Exfoliating Toner untuk Tipe Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering, Anda bisa menggunakan exfoliating toner yang terbuat dari AHA, BHA, ceramide ataupun hyaluronic acid. Pasalnya, bahan aktif tersebut mampu menjaga kelembapan kulit, menghidrasi kulit kering, sekaligus memperbaiki skin barrier.

  • Exfoliating Toner untuk Tipe Kulit Berminyak

Untuk Jelitagenk dengan tipe kulit berminyak bisa pakai exfoliating toner yang diperkaya dengan BHA atau salicylic acid. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi minyak berlebih, dan menyamarkan tampilan pori-pori besar.

  • Exfoliating Toner untuk Tipe Kulit Sensitif

Bila Anda mempunyai tipe kulit sensitif, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih exfoliating toner yang mild. Artinya, Jelitagenk harus pakai exfoliating toner dengan kadar alkohol yang rendah, yakni 5-10%. Pakai exfoliating toner yang mengandung PHA, misalnya galactose, gluconolactone, dan lactobionic acids.

Hindari exfoliating toner dengan kadar exfoliating agent yang tinggi agar kulit wajah tidak terasa perih ataupun panas seperti terbakar. Opsi lainnya, Anda juga bisa menggunakan exfoliating toner yang sudah dilengkapi dengan kandungan aloe vera atau soothing agent lainnya.

3. Gunakan Exfoliating Toner yang Bebas dari Kandungan Alkohol

Bagi Jelitagenk yang masih pemula dan baru mau mencoba memakai exfoliating toner, pastikan untuk memilih exfoliating toner yang bebas dari kandungan alkohol. Bukan tanpa sebab, perpaduan alkohol dan juga exfoliating agent bisa membuat kulit Anda terasa perih dan panas seperti terbakar. 

Tak hanya itu saja, pastikan Anda tidak menumpuk rangkaian produk skincare yang exfoliating. Sebagai contoh, Jelitagenk sudah pakai exfoliating facial wash, exfoliating toner, exfoliating serum, kemudian dilanjutkan dengan exfoliating cream. Pasalnya, hal tersebut akan membuat kulit Anda jadi iritasi bahkan gejala alergi yang lain bisa muncul.

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Urutan Pemakaian Exfoliating Toner - Terbaru 2024

Pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui urutan pemakaian exfoliating toner yang benar, ya? Hanya di section ini, Jelitagenk akan menemukan step by step cara pakai exfoliating toner. Yuk, baca lebih lanjut dan jangan lewatkan satu informasi pun!

1
Bersihkan Kulit Wajah dari Debu dan Kotoran

Jangan Malas untuk Double Cleansing!

Bersihkan Kulit Wajah dari Debu dan Kotoran

2
Aplikasikan Exfoliating Toner dengan Lembut

Ikuti Peraturan Cara Pakai Exfoliating Toner yang Benar!

Aplikasikan Exfoliating Toner dengan Lembut

3
Gunakan Hydrating Toner ke Seluruh Muka

Kembalikan Kelembapan Kulit dengan Hydrating Toner

Gunakan Hydrating Toner ke Seluruh Muka

4
Balurkan Hydrating Serum dan Moisturizer

Combine dengan Produk Hydrating Skincare yang Lain

Balurkan Hydrating Serum dan Moisturizer

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Malas untuk Double Cleansing!
© freepik.com
1
Jangan Malas untuk Double Cleansing!

Bersihkan Kulit Wajah dari Debu dan Kotoran

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang harus Jelitagenk sekalian lakukan sebelum mengaplikasikan exfoliating toner adalah membersihkan kulit wajah dari sisa makeup, debu, dan juga kotoran. Tim Jelita anjurkan untuk melakukan double cleansing, entah itu pakai micellar water, cleansing oil ataupun cleansing balm.

Apabila wajah sudah bersih dari make up, debu, dan kotoran, langkah selanjutnya adalah cuci muka pakai facial wash yang gentle. Menurut HY Pasaribu (2019), membersihkan wajah tidak cukup dengan air bersih saja.

Itulah mengapa Anda membutuhkan sabun cuci muka guna mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah. Oh iya, setelah cuci muka, jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk, ya!

Ikuti Peraturan Cara Pakai Exfoliating Toner yang Benar!
© freepik.com/kamranaydinov
2
Ikuti Peraturan Cara Pakai Exfoliating Toner yang Benar!

Aplikasikan Exfoliating Toner dengan Lembut

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya dari urutan skincare exfoliating toner adalah mengaplikasikan exfoliating toner ke seluruh bagian wajah. Daripada Anda clueless dan sibuk membayangkan cara menggunakan exfoliating toner yang benar, mending simak penjelasan di bawah ini!

  • Cara yang pertama: tuang beberapa tetes exfoliating toner ke kedua telapak tangan, lalu ratakan ke seluruh muka dengan menepuk-nepuknya secara lembut. Hindari untuk menggeser telapak tangan ketika mengoleskan exfoliating toner
  • Cara yang kedua: taruh beberapa tetes exfoliating toner ke kapas, kemudian usapkan kapas ke seluruh wajah secara perlahan. Jelitagenk tidak perlu menggosok-gosokkan kapasnya.

Selepas itu, Anda harus mendiamkan produknya selama 1-2 menit sampai exfoliating toner mengering dan terserap ke dalam kulit. Anda bisa pakai kipas kecil untuk mempercepat proses pengeringan produknya. Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa menggunakan masker wajah tepat setelah exfoliating toner mengering.

Kembalikan Kelembapan Kulit dengan Hydrating Toner
© freepik.com/lookstudio
3
Kembalikan Kelembapan Kulit dengan Hydrating Toner

Gunakan Hydrating Toner ke Seluruh Muka

Rekomendasi kami

Tahap berikutnya dari urutan exfoliating toner adalah menggunakan hydrating toner ke seluruh bagian secara merata. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kelembapan sekaligus keseimbangan pH kulit setelah memakai exfoliating toner. Pasalnya, kulit wajah Anda akan berubah menjadi kering selepas menggunakan exfoliating toner.

Memakai hydrating toner setelah exfoliating toner akan membuat kulit wajah terlihat lebih lembab dan mencegah timbulnya reaksi alergi yang diakibatkan oleh exfoliating toner. Apabila Jelitagenk belum punya hydrating toner, Anda bisa beli rekomendasi hydrating toner melalui attach link yang telah tim Jelita sediakan. 

Combine dengan Produk Hydrating Skincare yang Lain
© freepik.com/prostooleh
4
Combine dengan Produk Hydrating Skincare yang Lain

Balurkan Hydrating Serum dan Moisturizer

Rekomendasi kami

Last but not least, gunakan rangkaian produk skincare yang hydrating lainnya, entah itu hydrating serum, krim pelembab atau moisturizer, sleeping mask, dan juga oil serum. Bukan tanpa alasan, hal tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah selepas memakai exfoliating toner.

Memang benar jika Anda sudah mengaplikasikan hydrating toner, tapi itu belum cukup untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah Jelitagenk. Selain itu, penggunaan rangkaian produk hydrating skincare disinyalir mampu meminimalisir resiko yang akan ditimbulkan dari bahan kimia yang berasal dari exfoliating toner.

Bukan cuma itu saja, Jelitagenk juga harus pakai sunscreen karena produk ini berperan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV saat siang hari terlebih kalau habis memakai exfoliating toner. Sebab, kulit wajah jadi lebih rentan terhadap sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan exfoliating toner mengandung acid yang bisa meningkatkan rasa sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Tanya Jawab Seputar Urutan Pemakaian Exfoliating Toner

Apakah Jelitagenk masih belum cukup dengan penjelasan di atas dan ingin informasi yang lain? Tenang saja karena tim Jelita telah merangkum informasi tambahan seputar urutan pemakaian exfoliating toner yang tidak kalah menariknya. Yuk, temukan informasi tambahan tersebut!

Apakah setelah pakai exfoliating toner harus cuci muka?

Jelitagenk tidak perlu mencuci muka setelah memakai exfoliating toner karena cara pakai exfoliating toner dan exfoliating serum itu berbeda. Pasalnya, Jelitagenk memang dianjurkan untuk mencuci muka selepas menggunakan exfoliating serum. Hindari pula produk skincare dengan kadar AHA atau BHA yang terlalu tinggi dan scrub dengan butiran yang kasar karena dapat merusak lapisan luar kulit.

Apakah boleh memakai krim malam setelah eksfoliasi?

Boleh-boleh saja, kok. Akan tetapi, perlu diingat kembali jika Jelitagenk tidak boleh memakai krim malam yang mengandung retinol, niacinamide, dan juga vitamin C karena bisa merusak skin barrier.

Apa saja yang tidak boleh dipakai setelah eksfoliasi?

Tim Jelita menganjurkan Anda untuk tidak memakai produk skincare yang mengandung bahan aktif retinol, vitamin C, dan juga niacinamide. Alangkah baiknya Jelitagenk menggunakan produk skincare yang terbuat dari bahan aktif senyawa humektan seperti glycerin, ceramide atau hyaluronic acid

Kapan waktu yang tepat untuk eksfoliasi?

Menurut tim Jelita, Jelitagenk bisa melakukan eksfoliasi wajah di pagi ataupun malam hari. Eksfoliasi wajah di pagi hari disinyalir dapat mengurangi penumpukan sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit wajah. Lain halnya jika Anda melakukan eksfoliasi wajah di malam hari karena hal tersebut bisa mempercepat penyerapan nutrisi ke dalam kulit dan mengangkat kotoran yang menumpuk di wajah. 

Apakah exfoliating toner boleh dipakai setiap hari?

Jelitagenk sekalian tidak dianjurkan untuk menggunakan exfoliating toner setiap hari. Bukan tanpa alasan, itu karena toner ini dikenal mempunyai tingkat konsentrasi bahan aktif yang tinggi sehingga bisa menimbulkan reaksi alergi berbahaya jika dipakai setiap hari. 

Kesimpulan: Urutan Pemakaian Exfoliating Toner

Bagaimana, mudah sekali bukan cara pemakaian exfoliating toner? Nah, mulai sekarang Jelitagenk sekalian tidak boleh asal-asalan lagi saat mengaplikasikan exfoliating toner biar kulit wajah Anda jadi lebih sehat, glowing, lembab, dan terbebas dari permasalahan kulit lainnya.

Jelitagenk tidak perlu khawatir karena tim Jelita telah melakukan riset yang mendalam demi menyuguhkan informasi teraktual dan terpercaya untuk Anda. Pastinya informasi di atas juga memasukkan ilmu keperawatan muka agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya ke depannya. 

Melalui artikel ini juga, Jelitagenk jadi tahu perbedaan exfoliating toner dan hydrating toner karena kedua produk tersebut mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda. Jangan hanya penampilan dan pakaian yang Anda perhatikan, ingatlah kesehatan kulit dengan menerapkan cara pakai exfoliating toner yang benar!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo