Hide Menu

Yuk, Temukan 4 Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit, Wajib Dicoba!

Masih Zaman Foundation dan Bedak Jadi Abu-Abu? Berikut 4 Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit yang Tepat!

Artikel Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit 2024
© freepik.com

Apa yang Terjadi Jika Salah Pilih Warna Complexion?

Apa yang Terjadi Jika Salah Pilih Warna Complexion?
freepik.com

Memang benar adanya jika memilih foundation dan bedak bukanlah perkara mudah. Pasalnya, jika salah memakai warna foundation atau bedak, langsung deh tuh, wajah akan berubah jadi abu-abu atau ashy. Tak banyak orang tahu kalau make up yang abu-abu itu bisa terjadi karena beberapa alasan.

Faktanya, salah pilih warna complexion adalah salah satu penyebab make up abu-abu. Oleh karena itu, Jelitagenk tidak boleh asal-asalan ketika memilih warna complexion kalau tidak mau hasil make up Anda jadi ashy. Bukan hanya itu saja, salah pilih warna complexion juga disinyalir akan menghasilkan tampilan make up yang tampak kusam dan gelap. 

Akan tetapi, Jelitagenk tidak perlu khawatir karena tim Jelita menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan hasil make up yang abu-abu. Jelitagenk bisa menggunakan artikel ini sebagaian acuan ketika membeli produk kosmetik, seperti foundation dan bedak. Makanya, Anda harus menyimak artikel ini sampai habis. Cus, temukan cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan memperkenalkan cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit. Pasalnya, masih ada sebagian wanita yang mengalami kesulitan untuk menentukan bedak atau foundation yang tepat (Lisa Tabah Pratiwi, 2021:1). Tanpa perlu berbasa-basi lagi, baca penuturan selengkapnya!

1
Ketahui Undertone Anda

Berikut Cara Menentukan Foundation Sesuai Warna Kulit!

Ketahui Undertone Anda

2
Pilih Produknya Sesuai dengan Warna Kulit

Hayo, Jangan Sembarangan Beli Produknya!

Pilih Produknya Sesuai dengan Warna Kulit

3
Tes Produknya di Pergelangan Tangan

Oleskan Produknya Sedikit Saja, Tidak Perlu Banyak-Banyak

Tes Produknya di Pergelangan Tangan

4
Cek Warna Produk di Tempat Terang

Tips Terakhir yang Worth It untuk Anda Coba

Cek Warna Produk di Tempat Terang

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Berikut Cara Menentukan Foundation Sesuai Warna Kulit!
© freepik.com
1
Berikut Cara Menentukan Foundation Sesuai Warna Kulit!

Ketahui Undertone Anda

Rekomendasi kami

Hal pertama yang harus Jelitagenk lakukan sebelum membeli bedak atau foundation adalah mengetahui undertone yang Anda miliki. Dijamin Jelitagenk akan lebih mudah untuk menemukan warna foundation atau bedak yang tepat untuk kulit Anda.

Untuk mengetahui undertone, Jelitagenk bisa memeriksa urat nadi yang berada di pergelangan tangan. Anda bisa mengarahkan senter atau flashlight ke area pergelangan tangan untuk mengetahui warna urat nadi. Simak penuturan di bawah ini!

  • Apabila Jelitagenk mempunyai nadi berwarna biru keunguan, maka Anda termasuk golongan cool undertone. Jelitagenk bisa memilih foundation atau bedak shades rose, brown, sable, porcelain atau shade yang lain dengan imbuhan kata cool di depannya. 
  • Jikalau Anda mempunyai nadi berwarna hijau, Jelitagenk termasuk warm undertone dan foundation atau bedak yang cocok adalah shades tan, beige, golden atau caramel. Menariknya lagi, warm undertone selalu identik dengan kulit sawo matang.
  • Biasanya, neutral undertone identik dengan nadi berwarna hijau kebiruan. Kalau Jelitagenk termasuk dalam neutral undertone, maka tim Jelita sarankan agar Anda menggunakan foundation atau bedak shades buff, nude, sand, ivory atau praline. 
Hayo, Jangan Sembarangan Beli Produknya!
© freepik.com
2
Hayo, Jangan Sembarangan Beli Produknya!

Pilih Produknya Sesuai dengan Warna Kulit

Rekomendasi kami

Cara memilih foundation sesuai warna kulit sebenarnya cukup tricky karena ada beberapa beauty influencer yang menganjurkan untuk pakai foundation yang warnanya 1 tingkat lebih cerah. Hal tersebut bertujuan agar make up Anda tidak mengalami oksidasi yang terlalu parah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Jelitagenk akan menemukan foundation yang tidak akan oksidasi. 

Lain halnya dengan bedak, pakailah bedak yang warnanya sama persis dengan warna kulit asli. Jika Jelitagenk tetap bersikeras untuk pakai bedak yang warnanya lebih terang dari kulit asli, dijamin make up Anda akan terlihat abu-abu. Kalau terlanjur beli foundation dengan shade yang lebih terang, Anda bisa gunakan bedak translucent agar make up tidak dempul atau abu-abu.

Sebagai contoh, apabila Jelitagenk berminat untuk membeli SYCA Natural Weightless Tinted Moisturizer, maka tim Jelita akan menyediakan pilihan shade yang cocok. Untuk kulit sawo matang, lebih baik pakai shade D1 – Deep. Sedangkan kulit kuning langsat better pakai shade M1 – Medium. Untuk kulit putih, gunakan shade L1 – Light.

Oleskan Produknya Sedikit Saja, Tidak Perlu Banyak-Banyak
© freepik.com
3
Oleskan Produknya Sedikit Saja, Tidak Perlu Banyak-Banyak

Tes Produknya di Pergelangan Tangan

Rekomendasi kami

Tips memilih foundation sesuai warna kulit selanjutnya adalah mengaplikasikan produknya ke leher, rahang bagian bawah atau pergelangan tangan. Hal tersebut akan membantu Jelitagenk untuk menemukan shade foundation yang sesuai dengan skintone guna menciptakan transisi yang lebih halus antara leher dan wajah. 

Namun, tim Jelita tidak terlalu menyarankan Anda untuk mengoleskan foundation ke pergelangan tangan karena warna kulit tangan dan muka itu sangatlah berbeda. Lain cerita kalau warna kulit tangan dan wajah Anda sama, karena hal tersebut tidak memengaruhi apapun. 

Informasi di atas tidak hanya untuk foundation karena Jelitagenk juga bisa menggunakan cara yang satu ini untuk memilih bedak sesuai dengan warna kulit asli. Apabila tidak ingin pusing memilih shade bedak yang sesuai dengan skintone, tim Jelita sarankan untuk menggunakan bedak yang translucent. 

Tips Terakhir yang Worth It untuk Anda Coba
© freepik.com/prostooleh
4
Tips Terakhir yang Worth It untuk Anda Coba

Cek Warna Produk di Tempat Terang

Rekomendasi kami

Ternyata oh ternyata, cara satu ini adalah yang paling ampuh untuk menentukan shade foundation atau bedak agar sesuai dengan warna kulit asli. Adakah yang bisa menebaknya? Yup, jawabannya adalah mengaplikasikan foundation atau bedak di tempat yang terang dengan pencahayaan yang bagus. 

Apabila rumah Anda tidak memiliki pencahayaan yang terang atau bagus, Jelitagenk bisa menggunakan ringlight untuk menemukan shade foundation atau bedak yang cocok untuk kulit Anda. Hindari tempat yang gelap atau pencahayaan minim karena warna foundation atau bedak tidak bisa terlihat jelas. 

Tanya Jawab Seputar Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit

Apakah Jelitagenk masih penasaran dengan cara memilih foundation dan bedak sesuai warna kulit? Jika demikian, maka Anda tidak boleh melewatkan section yang satu ini. Yuk, temukan informasi lengkap yang ada di section ini!

Bagaimana cara melihat warna asli kulit kita?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui warna kulit asli:

  1. Ambil cermin dan berdirilah di bawah sinar matahari atau tempat dengan pencahayaan yang terang. Kemudian, amati garis rahang Anda, apakah ada perbedaan warna di perbatasan wajah dan garis rahang. Faktanya, warna kulit di bagian garis rahang ke arah leher adalah warna asli kulit.
  2. Ambil secarik kertas putih polos atau handuk putih, lalu letakkan di sebelah wajah Anda yang sudah bersih tanpa memakai produk make up. Kalau kulit wajah Anda tidak bercahaya, maka Jelitagenk termasuk kategori warm undertone. Jika kulit wajah Anda tampak bercahaya, Jelitagenk termasuk cool undertone. 
  3. Amati reaksi kulit wajah saat terkena paparan sinar matahari. Apabila kulit Anda mudah terbakar atau memerah ketika terkena sinar matahari, artinya Jelitagenk mempunyai warna kulit yang terang. Sebaliknya, warna kulit sawo matang biasanya akan terlihat agak kecoklatan.

Apa perbedaan kulit sawo matang dan kuning langsat?

Faktanya, kulit kuning langsat mempunyai warna kulit yang cerah dengan pigmentasi warna kuning yang cukup terlihat. Sedangkan, kulit sawo matang identik dengan kulit berwarna cokelat pucat dan dilengkapi dengan rona dasar keemasan. 

Foundation campur bedak namanya apa?

Siapa sangka jika powder foundation adalah salah satu produk yang menggabungkan foundation dan bedak, sehingga mempunyai tekstur padat seperti bedak. Jenis produk make up satu ini memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit ketimbang liquid foundation.

Kesimpulan: Cara Memilih Foundation dan Bedak Sesuai Warna Kulit

Hanya dengan menyimak artikel ini, Jelitagenk bisa mendapatkan banyak sekali tips dan trik sekaligus informasi menarik yang tidak bisa Anda dapatkan di mana pun. Bukan cuma itu saja, faktanya, Jelitagenk tidak akan lagi merasa kesusahan atau kebingungan ketika membeli foundation dan bedak. 

Selain itu, informasi di atas juga bisa Anda jadikan sebagai acuan atau panduan ketika membeli produk kosmetik atau complexion yang lain, entah itu concealer, bronzer, cushion, dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera terapkan cara-cara di atas sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo